28 Januari 2009

Waaaaa.... Malam Tahun Baru Macam Apa Iniiii???

Ga terasa tahun 2008 udah mau selesai. Tau2 udah mau tahun baruan lagi. Biasa kalo malam tahun baru orang2 ngerayainnya dengan kumpul2 ama temen2, pesta2. Ada juga yg cuma jalan2 keliling kota naik motor, liat kembang api, dan macem2 cara lainnya.

Ngomongin malem tahun baruan, gue punya cerita pengalaman gue di malem tahun baru. Tepatnya malem tahun baru 2008. Tahun yang bakalan segera lewat ini.

Malem tahun baru-an 2008 gue, gue ‘rayain’ dengan cara yg yaaa… unik lah. Jadi pas perayaan tahun baruan, gue stuck dikantor! Bete kan? Ini emang salah gue juga, kenapa gue malah keasikan mainan internet. Nah, dengan keadaan itulah gue keasikan. Seperti biasa, emang gue selalu pulang malem utk menghindari desek2an di busway. En jadilah gue balik jam 8 malem dari kantor.

Dan berhubung itu tanggal 31 Desember, jalan disekitar kantor gue itu rameee banget. Kantor gue kan daerah Harmoni. Kesonoan dikit Monas. Nah di Monas itulah perayaan tahun baru diselenggarain. Jadi banyak orang jalan kaki kesana. Dan ga ada angkutan umum. Ya, karena kantor gue deket Monas itu. Jalan2 jadi ditutup.

Gue mau naek busway kaya biasanya ga bisa. Gimana engga, busway-nya udah ga ada sejak jam 8 malem teng! Gue keluar dari kantor jam 8 malem juga. Belum lagi, gue makan dulu nasi goreng yg bisa ngabisin waktu 15 menit karena dibikin dulu. Ya udah, walhasil gue udah naek ke haltenya dengan jembatan muter2 en panjang itu harus bengong2 ngeliat loketnya ga ada orangnya, rolling door-nya juga diturunin. Sementara hujan udah mulai turun.

Gue akhirnya diem aja disitu. Hujan yg turun makin gede. Makin dan makin gede! Kacau banget kan? Untungnya ada beberapa orang yang senasib ama gue. Kita akhirnya ngobrol2 aja. Mereka mau ke Monas, ngerayain tahun baru gitu.

Gue sendiri mengenai perayaan tahun baru samasekali ga ada. Liat aja, buktinya gue malah pulang jam 8 malem, en stuck disitu. Gue akhirnya mengharapkan sebuah keajaiban, katakanlah begitu, bahwa salah satu dari temen gue yg punya kendaraan akan menjemput gue. Dan tentunya bukan semata itu yg gue harapkan, melainkan jalan2 dulu ama siapapun dia nantinya. Jadi merayakan tahun baru juga judulnya bukan?

Tapi ternyata, emang ga ada dari temen2 gue yg bisa mengindahkan harapan gue itu. Huhuhuhu…

Ya udah, pas ujan mulai mendingan walau masih lumayan deres, akhirnya gue balik aja lagi ke kantor. Dan ya, gue beneran stuck disitu. Gue udah boseeennn bgt. Gue kutak-katik lagi internet. Buka2 fs yang malem itu jadi sama sekali ga menarik buat gue. Jadinya kaya makan tapi kebanyakan. Walaupun enak banget tuh makanan, tapi lo makan banyaaakk bgt. Rasanya sama sekali ga enak lagi kan?

Biar sendirian dikantor ga papa deh. Abis mau diapain??

Dan sekitar jam 11 malem, gue putuskan utk balik. Itu juga gara2 ada sekuriti yang naik ke lantai gue dan bilang kalo udah ada mobil umum. Tapi gue harus jalan dulu ke daerah Gajah Mada.

Akhirnya gue mulai jalan. Sampe di Gajah Mada, gue naek mikrolet M12 yg dari Kota ke Senen. Itu enak2 aja. Ga macet, ga gimana2. Walaupun hujan masih terus turun. Dan sampe Senen, gue mau naek M01, eh malah naek 35! Emang sih ke Kp. Melayu juga. Tapi dia tuh muter2. Ke Cempaka Mas dulu, trus masuk lagi kekomplek2, dsb. Btw, gue tau soalnya gue dulu pernah naek itu pas mau kerumah Mba Iin, bos kontraktor pameran yg sering make jasa freelance gue kalo mo ada pameran. Dan waktu itu aja gue kapok naik itu. Ga nyampe2!!! Eh, gue malah naek itu lagi, dan yg harusnya bukan naik itu, dan bukan mau kemana2, alias pulang???? Oh, noooo…

Nah, gue tau gue salah naek. Akhirnya gue tanya ama cewe yg udah duluan duduk disitu. Eh, dia jawab bener ke Kp.Melayu. ‘Langsung’. Ya, kata2 ‘langsung’ inilah yg diteriakin ama orang2 yg bisa dibilang kenek dadakan setiap mikrolet atau angkot yg mangkal atau ngetem. Biasanya kalo udah jalan suka ngasih duit gitu lah si supirnya. Denger kata ‘langsung’ gitu kan dimalem2 hujan en kepengen nyampe rumah yang diteriakin ama para kenek dadakan itu kan bener2 menggiurkan ya?! Makanya gue LANGSUNG mau naek. Plus diyakinkan kembali sama mba2 yg udah ngejogrok disitu duluan sebelum gue.

Eh, ga taunya, langsung disini tuh ya langsung nya ala mikrolet 35. Yang harus lewat daerah2 situ kayanya. Itu sih kesimpulan gue aja. Abisnya, pas sampe perempatan antara Atrium-Kwitang-bioskop Grand-jalan kearah Pulogadung, dia belok kearah Pulogadung. Bukan lurus seperti harapan gue. Gue bisa kepikiran kaya gitu ya karena gue pikir kan udah malem, yang kali2 aja supir2 itu pada nakal dengan jalan seasalnya make jalur mikrolet lain. Makanya gue ga turun2 juga sebelum belokan tadi.

Nah, belok deh tuh mikrolet yang isinya berjubel orang itu. Mba2 yang tadi gue tanya beberapa saat sebelum belok udah turun. Gue heran tuh saat itu, kenapa dia turun. Ga taunya dia ga lebih dari orang yg sok tau yang bisa2nya ngejawab jawaban yg dia yakinin bener padahal salah banget. Dan kesalahannya itu yang merupakan pelengkap dari kebodohan gue sendiri berbuntut gue rugi. Gimana engga? Gue akhirnya turun juga dong pas mikroletnya belok. Eh, tuh supir sialan malah ga berhenti2 juga walau udah diketok2! Gue akhirnya diturunin rada jauh utk ukuran waktu gue ngetok minta turun en jalan kaki krn salah naek. Karena gue menghormati sang supir, gue bayar. Duit gue cuma ada duit2 gede. Paling kecil 10ribu. Gue kasih deh tuh. Eh, ga taunya, dia kembaliin 7000!! Jadi gue naek yg cuma jarak deket yg kira2 cuma beberapa meter dikenain ongkos kaya gue udah nyampe ke Kp. Melayu. Itupun masih lebih gope, klo nyampe sekalipun!! Karena kan sebenernya nyampe ke Kp. Melayu aja cuma 2500!! Dasar supir sialan tuh! Bukan gue pelit atau gimana?? Cuma, can u imagine!!? Gue ga rela bgt kalo ama angkot2 lho! Lebih2 gope kayanya gue ga relaa bgt. Apalagi ampe 3000 gitu!!! Seharusnya kan jarak segitu paling2 gue cuma kena 1000! Itupun gue masih tau diri utk bayar. Ah, damn!

Selanjutnya gue jalan kaki ngelewatin bioskop Grand. Ada beberapa orang yg lagi ngobrol disitu. Katanya sih disitu kan bioskop yg buat gitu2an yah.. hihihi.. apa yg terjadi dalem tuh yaa… Apalagi itu tuh udah jam 12an.

Didepan warung2 deket bioskop itu gue berhenti en nungguin M01, yg tadi sempet gue ‘khianatin’ sebentar itu. Gue liat2 bentar ke sekeliling gue. Ada warung2 dagang yang kalo ga salah namanya lemang. Bentuknya kaya bambu gitu. Dan malem itu, luar biasaaa rameeee bgt!! Ga nyangka kalo itu tuh udah tengah malem. Rasanya kaya masih jam 7 aja. Mana ujan lagi. Tas gue aja udah basah. Gue terpaksa buka jaket gue pas didalem 35 tadi. Karena penuh, diluar hujan, rasanya jadi geraaahh bgt.

M01 yang gue tunggu ga ada2 juga. Lamaa bgt. Sekalinya ada, udah penuh terus. Beberapa kali ada yg lewat, tapi ga bisa. Karena udah pada penuh. Gue mikir saat itu, kalo seandainya gue naek M01 dari tadi, pasti jadinya ga gini!

Akhirnya ada juga yg kosong. Naeklah gue. Juga beberapa orang dibelakang gue. Penuhlah akhirnya. Dan didalem M01 itu, yg akhirnya udah sempit, ngelekeb, gerah, eh.. dia asik2an ngeroko! Jendela kan ga bisa kebukaaa!! Kalo nekad mau buka jendela, basah aja semuanya. Kan masih hujaaannn!!! Gue gedeg deh ama tuh orang. Kaya ga ada entar aja! I’m a smoker. But I’m a smoker with attitude! Gila aja udah keadaan begitu dia ngerokok! Bau rokok dalam keadaan kya gitu bener2 ganggu dan pastinya ga kemana2! Ngebul!

Sampelah gue ke Kp. Melayu. Sampe sono udah pasti mikrolet 54 yg selalu gue naek udah ga ada. soalnya mikrolet itu adanya cuma sampe jam 10 malem. Mau ga mau makenya ojek.

Dan gue akhirnya naek ojek. And u know what?? Jalan yg biasanya gue lewat kalo naek 54 itu ditutup. Walhasil, gue harus muter2 cari jalan lain. Adooouuhh.. gembel! Sementara hujan belom berhenti. Eniwe, hujannya tuh dari tadi bukan yg gerimis, tapi bukan juga deras. Tapi tebel juga tetesannya. So emang beneran basah gitu.

Jalan itu ditutup karena kata si tukang ojek yg gue tumpangin itu ada panggung. Panggung itu utk ceramah seorang Habib utk warga2 situ. Ini mungkin cara orang2 daerah situ ngerayain tahun baru kali.

Dan sampelah gue kedaerah Jatinegara. Sebelumnya gue ngelewatin kalo ga salah Prumpung deh itu. Disitu banyak cewe2. Pada ngeliatin gue en yg duduk lansung pada berdiri2 gitu. Waah.., pasti mereka pikir gue lagi nyari begituan..!

Kita akhirnya malah lewat penjara Cipinang. Dan akhirnya lewat Cipinang Jaya. Jadi muter2 en jauh. Dan akhirnya sampe juga gue dirumah. Dan pas mau bayar, tukang ojeknya minta didobelin ongkosnya… katanya kan jauh en muter2… Ya, gue kesian juga ama dia. Gue ga nawar2 lagi dah. Gue kasih aja akhirnya.

But wait.., itu belum kelar.. Sampe dirumah, ga taunya katanya nyokap gue, dari jam 8 tuh mati listrik. En kenapa bisa gue tau, soalnya rumah gue GELAP GULITAAAAA!!! Beteee bgt!!! Kebayang ga lu, udah ngejalanin yg tadi2 itu, yg gue sebut diatas dengan segala kebetean yg ada, ampe rumah listriknya ga nyala? Mau mandi susah karena harus pake lilin. Mau tidur2an sambil nonton tipi paling engga biar betenya ilangan dikit, ga mungkin. Dan yang lebih bete lagi, yg gelap itu HANYA rumah gueeeee… !!! Soalnya listriknya udah nyala, kata nyokap gue, mungkin setengah jam yg lalu, tapi rumah gue SIKRING-nya rusak. (Btw, gue ga tau nama asli sikring, makanya nulisnya gitu.. hihihihi..). Gelap sendirian diantara terang yang laennya!! Huhuhu… lengkaplah sudah …

Yah.., begitulah kisah malam tahun baruan gue yg ajaib itu. Klo orang2 pada seneng2, gue utk nyampe rumah aja kesannya perjuangan banget. Tapi ga papa, toh make prinsip orang Jawa yg selalu gue kagumin, ‘untung ga ini tapi yg itu’. Untung gue msih bisa balik, dan untung gue sorenya baru ngambil duit di ATM. Jadi ada ongkos. Karna biasanya gue tuh kalo megang duit pas bgt, dalam sehari. Kalo bolak balik 10ribu, yg gue bawa bener2 10ribu. Tapi kini, ga lagi deh. Gue selalu nyiapin duit lebih.

Tapi satu hal yg gue akhirnya mikir.. kenapa gue ga naek taksi aja, ya? Tuing tuing tuing tuing….

Hmm, walaupun perayaan tahun baru versi gue itu ga sama ama orang2 pada umumnya, alias berantakan, gue terima2 aja. Saat itu gue berharap mudah2an ini artinya di tahun ini dan seterusnya, ga ada kekacauan dalam hidup gue. Kekacauan yg berarti. Harapan gue terlaksakah? Ya, emang ga ada kekacauan kok.. hehehe.. yang pasti tahun ini jauh lebih berwarna dibanding tahun lalu. Dan gue bersyukur atas ini dan segala. Alhamdulillah…

Hmm.., gimana ya dengan malam tahun baruan nanti? Apa yang akan terjadi, ya.. akankah gue berjuang untuk sampe rumah kaya tahun baruan 2008 tadi? Tapi gue harap sih yang baik2 aja lah. Hehehe…


Tidak ada komentar: