28 Januari 2009

TJ featuring Ten Stories



Kemaren gue baca dari blog temen², ada yang tulisan tentang 10 cerita tentang diri mereka. Dan beberapa dari mereka ternyata menginginkan gue juga nulis 10 cerita tentang gue. And one more thing, i do enjoy this. Menulis tentang ini ternyata begitu menyenangkan. Dan inilah 10 cerita itu. Selamat menikmati... Hehehe...


1.
Waktu SD kelas 1, gue pertama kali bikin komik sendiri. Media yang dipake adalah buku tulis biasa. Dan gue gambarnya pake pulpen langsung. Tapi jangan harap komik itu gambarnya bagus dan mirip komik pada umumnya. Gue hanya ngegambar orang dengan adegan seadanya dan bentuk badan yg jauh dari proporsional. Ceritanya sendiri adalah tentang 7 orang putri yang berantem gara2 hal kecil. Dan mereka berantem ala jagoan kungfu. Dan diakhir cerita mereka damai satu sama lain. Ya, gue emang suka film kungfu waktu kecil. Hehehe.. Sayangnya komik itu udah entah ada dimana. Akhirnya waktu gue kelas 1 SMP, gue bikin ‘remake’-nya dengan cerita yang kurang lebih sama. Dan kalo yg versi kelas 1 SMP ini masih gue simpen sampe sekarang.


2. Di kelas 1 SMP, gue pernah bikin semacam majalah2an. Sebenernya sama kaya komik yang gue suka buat, majalah ini juga make buku tulis sebagai medianya. ‘Majalah’ ini gue namain Apasaja Book. Sebenernya awalnya ga niat untuk bikin majalah2an gitu. Cuma buku yang gue khususkan untuk coret2 aja. Karena gue sering coret2 ga jelas gitu deh. Gambar orang, gambar ini, itu, apa aja. Makanya ada buku khususnya. Dan lama2 buku itu jadi buku tumpahan apa aja diluar gambar. Gue suka nulis disitu. Biasanya yang gue tulis adalah cerita2 atau dongeng2 kaya Sleeping Beauty, Little Mermaid, Cinderella, dan semacam itu. Dan gue juga pernah nulis cerita film horror yang temanya halloween disitu. Dan beberapa ada juga yang cerita karangan gue. Tapiiii…. Tentunya gue bikin beda. Cerita dongeng2 itu semua gue tulis dengan gaya bahasa betawi. Plus tambahan sono sini supaya jadi lucu. Gue suka tambahin sama kejadian2 yang lagi aktual saat itu. Jatuhnya emang jadi parodi. Ya, konyol2an aja gitu, tapi ga ngerubah jalan ceritanya. Dialognya juga kacau semua. Kaya misalnya Cinderella niat mau naek oplet ke istana, tapi dilarang ama ibu peri. Soalnya ibu peri udah ngeluarin biaya banyak buat kursus nyihir labu jadi kereta kuda. Yah, semacam itulah. Begitu juga ama cerita horror yang gue tulis itu. Gue buat sekocak mungkin sebisa gue saat itu. Dan cerita yang gue sendiri tulis juga yang ngaco2 aja. Kaya Madonna dateng ke Jakarta khusus buat beli gado2. Tapi gado2nya diracunin ama Clear Glass Cleaner, busa pembersih kaca. Ga sampe disitu gue juga lengkapin ‘majalah’ gue itu dengan iklan2an. Iklan film yg diputer dilayar tancep misalnya. Pake tulisan ‘Tunggu Tanggal Mainnya’ segala. Ada juga wawancara sama tokoh2 kartun. Tapi ya itu tadi, mereka ngomongnya pake bahasa preman dicampur bahasa betawi. Hahaha… sayangnya ‘majalah’ tersayang gue ini ilang gara2 gue pinjemin ke temen SMU gue. Dia yang ngilangin. Sedih banget waktu itu..


3. Waktu kecil, sebelum gue masuk TK, gue sukaaaaa banget yang namanya nyoret2 tembok rumah gue. Gue selalu suka ngegambar tapi ditembok. Dan selalu pake pensil. Rasanya enak gitu ngegambar ditembok pake pensil. Dan setiap tahun saat mau Lebaran, tembok rumah pasti di cat. Dan setelah beberapa minggu kemudian, gue ulang lagi kelakuan gue yang satu itu. Tapi entah kenapa setelah berulang2 kaya gitu, akhirnya gue berhenti sendiri nyoret2 tembok. Ada rasa sayang ngeliat tembok yang bersih harus gue kotorin. Dan ya, gue ga pernah lagi nyoret2 tembok.


4. Nyokap gue adalah orang yang paling mendukung jiwa seni gue. Nyokap gue selalu nyediain buku untuk gue coret2. Krayon, spidol, pensil warna, semuanya. Dan saat gue beranjak abege, nyokap sering bawain gue kartu2 ucapan bekas yang ada dikantornya. Ada kartu Natal, Lebaran, dsb. Itu terjadi sampe kartu2 menggunung dirumah, walau banyak yang akhirnya dibuang. Karena nyokap berhenti bawain kartu2 itu setelah beliau pensiun di tahun 2001. Nyokap juga yang beliin gue komputer karena gue ambil jurusan design grafis dan cape kalo harus bikin karya secara manual.


5. Gue pernah marah besar ama bokap gue gara2 gue ditelponin waktu gue nginep dirumah temen kuliah gue, Ray, di daerah Kreo, Ciledug. Gue ngerasa maluuuuu banget. Disana soalnya bukan hanya ada Ray dan keluarganya. Tapi ada beberapa temen2nya. Dan tiba2, telpon rumah Ray bunyi dan ga taunya itu dari bokap gue. Herannya itu baru sehari gue nginep. Sorenya juga bakalan pulang. Rasanya bener2 malu. Sampe dirumah gue omelin aja bokap gue. Gue bilangin ke beliau kalo udah bikin malu gue. Dan bokap gue itu orangnya parno-an. Selalu takut gue kenapa2. Gue ngerasa ga nyaman aja ama keadaan gini. Dulu aja ga taunya, gue mau dibeliin motor pas jaman SMU ama nyokap gue. Tapi ga jadi. Soalnya bokap gue ngelarang, karena takut gue dicegat ditengah jalan ama orang jahat. Motornya diambil, guenya mati. Gitu. Dan cerita ini baru gue ketahui beberapa bulan lalu. Walah.. walah..
Tahun 2004 gue nonton Finding Nemo. Dan ya.., untuk pertama kalinya dalam hidup gue, gue ampe nangis nonton film animasi. That movie is so me and my dad. Sejak saat itu, gue ga pernah marah ama sikap bokap yang protektif gitu. Ditambah banyak cerita temen2 gue yg bilang mereka ga akrab ama bokapnya. Gue ampe heran ada anak yang ga akrab ama bokapnya. Karena gue ga pernah ngalamin itu. I’m so lucky to have u, dad! I love u, dad… (mata gue berkaca2 pas nulis yg ini)


6. Waktu gue berambut gondrong, beberapa kali gue dikira cewe. Biasanya kejadiannya kalo gue lagi duduk, diem, dan ga ngapa2in. Dan kalo lagi duduk juga kalo duduknya badan gue ketutupan meja, ketutupan tas, dsb. Mungkin karena dada gue ga keliatan. Hahaha.. Pernah juga ampe ada yang ngeliatin terus2an dan akhirnya matanya tertuju kedada gue, abis itu ga ngeliatin gue lagi. Gue taunya antara lain gara2 itu. Tapi seringnya adalah gue dipanggil ‘mba’ pas mereka mau ngomong. Dan begitu tau kalo gue bukan cewe, mereka pasti minta maaf berulang2. Hahahaha.. Awalnya sih bete dikira cewe begitu. Tapi lama2 gue anggep aja itu sebagai hal yang lucu.


7. Gue pernah kejebak disatu bedeng atau kamar pekerja pabrik tahu yang adanya didepan rumah gue. Waktu itu gue masih kelas 1 SD. Jadi pabrik tahu itu tiap karyawannya dikasih kamar satu2. Ukurannya kurang lebih 2,5 x 2,5 m. Dan ada kamar yang udah ga ditempatin lagi. Waktu itu gue ceritanya iseng mau ngumpet disitu. Eh, ga taunya begitu gue masuk kesitu pintu kamar itu malah ga bisa kebuka. Gue panik. Gue gedor2 pintunya dan bukannya malah jadi lucu kaya niat gue yang sok2 ngumpet itu, semua orang malah tau gue ada disitu dan ikut2an panik. Entah kekuatan dari mana, dinding kamar yang terbuat dari papan itu gue tendang dan bolong. Akhirnya gue keluar dari situ. Sampe sekarang, kalo gue ada diruang tertutup, sempit, dan gue terkunci tapi gue nyadar kalo gue ga bisa keluar, gue suka panik2 ga jelas. Trauma? Iya kali…


8. Abang gue yang kedua manggil gue si keling waktu gue kecil. Well, gue emang kulitnya hitam waktu kecil. Walau sekarang ini gue ga bisa dibilang putih banget, tapi waktu kecil kulit gue jauuuuhh lebih gelap dibanding sekarang. Waktu kecil itu biasanya kalo pulang sekolah, gue selalu main. Ke lapangan, ke sampahan, kesana, kemari. Yah, pokonya ga betah ada dirumah. Dan biasanya, gue bakalan pulang kalo udah sore. Setelah gue SMP semuanya berubah. Gue lebih banyak diem dirumah. Malah akhirnya abang gue yang pertama, jadi risih karena gue kebanyakan dirumah.


9. Naik gunung, panjat wall-climbing, dan hal2 semacam itu sempet jadi akrab ama gue. Ya, gue adalah anggota (resmi) dari kegiatan ekstra kulikuler pecinta alam di SMU gue. Waktu SMP gue emang pengen banget naek gunung, dsb. Pas SMU ternyata ada ekskul yang satu ini. Tanpa ragu2, gue langsung mendaftarkan diri. Gue ikut pelantikan dan sebagainya, yang salah satu pelantikannya adalah di Cibubur. Ini lah yang gue sebut dengan kata resmi. Karena banyak dari kita yang ga ikutan pelantikan tapi tetep gabung ama kita. Eniwe, pelantikan di Cibubur itu adalah pelantikan pertama, untuk memperoleh badge. Tapi keaktifan gue waktu itu hanya sampe pelantikan itu aja. Ga sampe pelantikan slayer, yang jaraknya beberapa bulan kemudian. Karena pada saat pelantikan slayer, gue udah males. Bukannya gue kapok gara2 pelantikan yang pertama itu. Soalnya setelah itu gue masih terus aktif. Selanjutnya gue me-non aktifkan diri gue disitu, kalaulah ga bisa disebut sebagai mengundurkan diri. Bukan karena kegiatannya, atau gue pilih itu sebagai pilihan sesaat karena jiwa muda atau belum tau mau milih apa. Tapi gue ga nyaman ama orang2nya. So, nama gue emang tercatat, tapi kalo ada kegiatan2, gue ga pernah nongol. Eniwe, jangan bandingin gue ama mereka yang sering, ya. Mungkin pengalaman gue naik gunung dan semacam ini ga ada seujung kuku buat mereka.


10. Tiap kenaikan kelas, gue selalu diancam ga naik kelas. Entah kenapa, saat SMU gue maleeeesss banget. Gue ga suka belajar. Gue ga tau guru2 itu ngomongin apaan tiap mereka ada didepan kelas. Dan satu hal lagi, gue rajiiiiin banget bolos. Gue lebih suka tidur dirumah ketimbang berangkat sekolah. Ini bisa terjadi karena saat itu, seringnya, semua orang dirumah gue udah pergi semua sebelum gue berangkat sekolah. Jadi pada ga tau kalo gue sebenernya ga kemana2. Kalopun gue masuk, gue pasti telat. Jam masuknya sebenernya jam 7, tapi gue sering dateng jam 7 lewat. Dan gue sering diusir ga boleh masuk. Kalo udah gitu, biasanya gue jalan aja. Kemana kek.
Dan ya, gue selalu diancam tinggal kelas. Dari kelas 1 ke kelas 2, dari kelas 2 ke kelas 3. Dan tiap akhir tahun pelajaran, atau saatnya naik kelas, gue selalu deg2an. “Naik ga yah, naik ga yah.” Guru2 disana udah eneg ama gue. Hampir semua dari mereka bete ama gue. Tapi alhamdulillah, gue selalu naik kelas. Ga pernah tinggal kelas sekalipun. Dan pas kelas 3, gue ubah semua perilaku ajaib gue itu. Rajin, ga telat, memperhatikan pelajaran, dan berlaku manis. Hmm.. jitu! Gue lulus dengan sukses! Walau nilai gue ga melonjak naik sih. Tapi ga buruk samasekali lah. Hehehe..

Well, that's all guys... Selamat! Anda semakin tau siapa saya... hahahahaha... *kepedean*


Tidak ada komentar: