28 Januari 2009

The Street Musician of GKA

Bermula pada tanggal 7 Oktober 2008. Hari itu adalah hari pertama gue dateng di latihan choir bareng temen2. Lagu pertama yg kita nyanyiin adalah Do Re Mi. Lagu yang sangat familiar buat gue. Dulu waktu gue kelas 5 SD gue nyanyiin lagu ini di hari pertama gue les bahasa Inggris. Hehehe.., hari pertama untuk kedua kalinya dengan lagu yang sama.

Hari kedua yaitu hari Jum’at 10 Oktober 2008, latihan koreografi. Hmm.., gue agak males sebenernya untuk yang satu ini. Udah lama banget ga ngelakuin kya gini2. Terakhir kan pas SD. Mengingat gerakan lah, sesuai lagu lah.. aahh.. udah kelamaan utk gitu2. Tapi ya, emang harus gitu. Gue pikir lama2 akan terbiasa.

Well, setelah beberapa minggu latihan tiba2 Anthes, sang sutradara, bilang ama gue, kalo gue dapet peran. Nemenin dia jadi pengamen. Awalnya gue cuma ikut2 lari2 doang ama dia. Ketawa2 en ngebujuk si Gadis Korek Api supaya ga sedih lagi.

Dan latihan terus berjalan, makin banyak perkembangan disana sini. Termasuk peran gue. Yang tadinya dapet dialog cuma untuk ngelengkapin dialognya Anthes doang, akhirnya ada dialog sendiri. Dan akhirnya, dikasih lagu. Lagu yang gue harus nyanyiin berdua ama Anthes. Dan masih terus berkembang akhirnya lagunya jadi dua. Satu buat Anthes, satu lagi buat gue. Gue duluan yg nyanyi, baru Anthes.

Lagu ini cukup simple, jenaka, tapi sebenernya bermakna banget. Anyway, ebenernya lagu ini panjang. Tapi gue hanya nyanyiin bagian tertentu dari lagu ini yang, mungkin, Anthes maksudkan dikarenakan pas ama adegan.

Lagu ini Anthes kasih ke gue waktu itu pas mau latihan pake musik didaerah Mampang. Dia kasih lagu itu didalem taksi. Dalam perjalanan ke sana, kita nyanyi2 dalem taksi. Tapi justru nyanyinya bukan lagu itu. Malah lagu2 lain yg ga ada hubungannya ama latihan. Hehehe.. Lumayan sinting ternyata waktu itu. Gue rasa supir taksinya keenakan dinyanyiin ama kita. Hehehehe.. pede banget!

So, dikasih lagu pas di taksi, sampe sana gue harus nyanyiin pake musik. Wah, untungnya langsung bisa. Hehehe..

Anyway, sampelah pada saat gladi resik. Udah bawa kostum untuk dipake. Kita bener2 seperti saat tampil. Properti, set panggung, semua adegan, semua lagu, semua kostum, dan sebagainya.

Satu hal yang pasti, gue coba terus untuk ga gugup. Gue coba terus untuk ga mikir kalo ini adalah hal yg besar. Gue harus terus menganggap ini adalah hal simpel, kecil, nyantai, dan nyenengin. Dengan pemikiran seperti inilah gue mencoba menghindari gugup atau demam panggung. Karena nanti, gue bakalan tampil ga bareng2 sama temen2. Gue akan nyanyi sendirian, gue akan ngisi kekosongan adegan dipanggung dan gimana caranya supaya panggung itu ga mati gara2 gue.

Dan dimulailah pementasan itu. Semua bermain bagus. Ada yg ketakutan, ada yg galak banget, ada yg bawel, ada yg nangis beneran, ada yg memelas, ada yg lucu.

Sampelah ke bagian gue. Gadis Korek Api itu duduk diujung panggung. Gue harus deketin, membujuknya supaya ga sedih lagi. menyanyikannya satu lagu manis penyemangat agar dia ga terus2an sedih dan bilang ke dia, that she’s not alone.

Anthes sebenernya ga bilang ama gue seperti apa peran ini harus dimainin. Yang Anthes bilang, gue dan dia jadi pengamen jalanan yg menghibur sang gadis penjual korek api yang mulai putus asa karena korek yg dia jual ga ada yang mau beli. Anthes hanya ngasih clue2-nya aja. Bagian2 pentingnya. Tapi ga spesifik.

So, jadilah gue memerankan seorang pengamen jalanan yg menghibur seorang gadis 15 tahun yang sedih. Saat itu gue pikir gue perlu ngeliat seseorang untuk gue jadiin profil. Dan ya, ketemulah siapa profil itu. Ga lain dan ga bukan dia adalah ponakan gue. Rafif. Selama berakting, yg gue inget adalah bagaimana Rafif bikin ponakan gue yg satu lagi, Dita ketawa2 dan seneng. Dia lari kesana kemari. Muter2. Ketawa2. Dan girang banget saat ngeliat kado2. Tentunya gue juga ga mau hanya dari satu orang doang yg gue jadiin profil utk gue inget saat itu. Gue inget adegan di Moulin Rouge pas lagu Your Song dinyanyiin. Hahahaha.. paling engga gue udah usahain. Emang ga mirip pastinya yaaaa… tapi gue emang perlu itu. Masalah bagus atau engga hasilnya mudah2an bagus. So, campuran antara anak kecil, yaitu keponakan gue Rafif, salah satu adegan di Moulin Rouge, jadilah pengamen itu.

Dan selesailah penampilan gue itu. Gue langsung masuk ke ruang ganti dan secepat mungkin ganti kostum karena harus muncul lagi untuk nyanyi bareng temen2 untuk dua lagu terakhir. Lalu menyapa penonton saat kita diperkenalkan ama MC satu persatu.

Show pertama selesai, kita keluar untuk nyapa penonton. Foto2, ketawa, lega rasanya. Paling engga udah ‘lepas’ satu hal berat dari kita. Ketemu Tity, Aldi, Yeyen, Arien. Waaahh.. terharu liat mereka. Karena selama di panggung gue ga liat ada mereka nonton. Keliatan sih ada Yeyen. Itu juga pas udah lagi dadah2.. Hahahahaha..

Pementasan kedua akhirnya dimulai. Kali ini semuanya jauh lebih baik. Set panggung lebih mendukung ketimbang pementasan pertama disiang itu.

Dan saatnya gue tampil lagi. Kali ini gue lebih lepas dari yg pertama. Gue ga mau mikirin apa2. Gue bener2 mau seneng diatas panggung itu. Gue ga mau panggung itu mati gara2 gue. Dan begitulah. Banyak dialog2 yg lucu keluar dari gue. Seperti gue bilang kalo nanti ada hadiah kuda. Hmm.., gue ga tau kalo kata2 gue yg itu bener2 lucu buat temen2. Yang kepikiran saat itu adalah kuda me-represent settingan tempo itu. Namanya juga jaman dulu. Masa gue bilang nenek akan dikasih rice cooker? Atau laptop? Ga banget kan? Hahahaha.. ya intinya emang adegan itu tuh adalah adegan dimana kita sang pengamen bikin si gadis penjual korek api itu hepi, dan ga berhenti berharap. Seperti lagu Tomorrow yg Anthes nyanyiin seteleh kita kasih kado buat sang Gadis Korek Api.

Setelah itu seperti tadi, gue harus buru2 keruang ganti, untuk ganti kostum. Dan harus segera muncul lagi dipanggung. Nyanyiin dua lagu terakhir.

I couldn’t help my tears saat kita nyanyiin What Matters Most. Gue ga nyanyi saat itu. Gue ga bisa nyanyi. Rasanya terharu aja mengingat semua ini akhirnya selesai. Latihan2 yg melelahkan, kadang emosi atau hati gue yang lagi ga beres gue bawa kesitu. Dan semua hal yang terjadi selama itu.

Well, satu lagi, Drama Musikal Gadis Korek Api ini adalah pementasan pertama gue. The very first time for me! Hehehehe...Gue belom pernah ikut pentas apapun.

So, gue mau ngucapin terima kasih banyak buat temen2 C-Choir atas diterimanya gue. Atas kepercayaannya. Dan ga mojokin gue karena gue anak baru atau bahkan karena gue lumayan ngeselin karena suka batuk2 en suaranya ga kedengeran.

Terima kasih buat Ron2 utk diajak kenal sama temen2 C-Choir ini. It’s u, how it begins.

Buat Anthes atas kepercayaannya dan diberikannya gue kebebasan untuk dialognya, untuk cara nyanyiinnya, untuk gimana caranya supaya ga mati gaya dipanggung dan jadi garing yang akhirnya bikin Alpha kecapean dan ngos2an. Hahahahaha..

Mas Bagus alias Baba Apung, yg suaranya kenceng tanpa teriak2. Yang tentunya bikin gue jadi merasa harus bisa kaya gitu.

To Joni, terima kasih buat hal2 lucu yg ada selama ini. Termasuk selama pas kita nunggu giliran manggung. Hahahaha.. melegakan, Jon, ketawa2 sinting macam itu.

Untuk Norman, thank uuuuuuuu bangeeeettttt!!!! Gileee.. ga tau deh kalo ga ada lo hari itu. Hahahahahahaha…

Buat Odil, thanks for the smoke, beib! Terima kasih buat ngasih tips how to sing better yaaah.. kepake banget!

My Superwoman, Jojo!! Thank u banget udah percaya gue bisa! Kemaren liat Rachel Weist (bener ga spellingnya?), inget elo! Kau mirip dia!

Alpha.. thank u yaahh.. u made me believe that u are that little-sad-poor match girl. Ngebantu banget nih! Sori kalo agak pusing2 abis itu yaaaa..

Icaaaalll.., thank u yah udah ngajarin nada yg tepat! Gileee.. lo ga pernah ngaco nadanya.

Miss. Rose alias Debby. Thank u buat inspirasinya jadi pede. *blink*

Buat Aju, Lala, Ocha, thank u banget buat masuk2annya yaaahhh.. buat Ocha yg agak lebih bawel dari 2 orang yg gue sebut barusan. Hihihihihi..

And Graz! Hehehehe.. sumpeee.. lo bikin lagu Jangan Sedih jadi terdenger soooo sweet en enaaaaakk banget!!!

To Ninuk, Krisnadi, Julian, en Merry, juga Tatz, thank u banget juga yaaaaahhh..

Sekali untuk semua temen C-Choir, terima kasih banyak buat semuanya. Thank u, thank u, thank u..

Buat Bang Anca, makasih banyak untuk mau barengan hunting kostum. Biar cape tapi seneng ya, bang. Apalagi abis itu makan mie celor, empe'2, wuidiiihhh.. sedeeeppp…!

Buat Ithaaaa.. terima kasih juga yaaa udah nemenin hunting kostum sebanyak dua kali.. hehehehe.. love ya’ girl!

Terima kasih banyak juga buat Unay, sms-nya berarti banget, Nay! Thank u..

Buat Tity, Yeyen, Aldi, Arien. Thank u yaa udah hadir.. (ini atas nama C-Choir dan pribadi tentunyaaaa…)

Buat temen2 yang juga selama ini ngedukung, terima kasiiiih bangeeettt…

Thank U So Much!
-TJ



the photographs courtesy of Odil, Yeyen, & Tity



Tidak ada komentar: