28 Januari 2009

Mesin Absen Nan Canggih


Entah apa yang ada dalam pikiran orang yang iseng ini. Tapi ujung2nya malah keliatan sangat lucu, sekaligus bodoh, sekaligus kreatif. Hmm..

Eniwe, gue lagi ngomongin tentang mesin absen yang ada dikantor gue tercinta ini. Jadi begini, dikator gue itu kan kalo absen pake mesin absen yang cara mengoperasikannya adalah dengan memasukan jari kita untuk di scan sidik jarinya. Orang2 sih nyebutnya absen finger-print. Tau deh nama benernya apaan. Nah, caranya itu adalah kita tekan dulu nomor ID kita, lalu kalo untuk jam masuk kita tekan key atau pencetan ‘F1’ lalu masukin deh jari kita. Nanti mesin itu bakalan bilang “you’re authorized” kalo emang cocok. Kalo untuk pulang, sama aja. Tapi tekannya bukan F1, tapi F2.

Nah, itu lah yg setiap hari gue lakukan, begitu juga ratusan pegawai kantor gue lainnya.

Tapi beberapa hari ini ternyata mesin absen yang dulu gue liat sebagai mesin canggih itu lagi ga normal. Dan ketidaknormalannya itu bikin kita kesulitan untuk absen. Gimana engga, ternyata mesin absen ini pencetannya ilang!!

Makanya diatas gue bilang, entah apa yang ada dalam pikiran orang yang ngilangin atau tepatnya mencongkel pencetan2 itu dari tempatnya. Eniwe, kalo gue nyebut pencetan pada ngerti kan? Itu lhoo.., yang kalo di hp itu disebutnya keypad. Kalo dimesin absen itu gue bingung deh tuh namanya apaan.

Kalo yg gue liat, kronologisnya adalah begini, pada awalnya keypad atau pencetannya itu ilang satu, pas sore ilang banyak. Besoknya ga ada satupun yang ada, alias bolong. Bener2 pencongkelan terhadap mesin absen!

Dan akhirnya yang terjadi adalah mesin itu bukan dipasangin keypad baru. Tapi dipasangin colokan persis kaya di PDA touchscreen. Cuma bedanya kalo di mesin absen ini adalah colokannya terbuat dari kawat yang biasa dipake buat gantungan baju (warnanya biru pula!), dan ujungnya ditutupi atau diberi bantalan almunium foil. Dan supaya ga ilang, diiketlah ‘Pen Calibration’ itu pake tali rapia. Aman kan? Hihihihi..

Dan hasilnya? Voila!!! Benar2 berfungsi dengan baik!! Kita tetep bisa absen baik mau masuk atau mau pulang seperti biasanya. Keren kaaann??? (yeah right!)

Sungguh suatu kreatifitas yang ga ada duanya!! Ini membuktikan kalo saat kita tertekan kita akan menggunakan hal yang lain yang ga pernah kita sangka2! Tapi ga tau juga kalo soal mesin absen kantor gue ini. Ini kreatip apa bukan, yah? Tapi mungkin orang2 yang bagian ngurusin ini pada ga tau. Soalnya mesin absen dikantor gue ga cuma satu. Tapi tersebar dibeberapa lantai. Dan yang gue sebut2 dari tadi ini yang ada di tempat parkir basement. Dan sepertinya sih orang2 yang kebagian ngurusin ini ga pernah absen pake mesin yg basement ini. Yang paling gembel tapi paling keren dari yang ada dilantai2 lainnya. Hihihihi…






Gambar diperagakan oleh model karbitan, temen sekantor gue sendiri, Haris alias Wawa. hehehe.. Sengaja dipilih yang mukanya keliatan. Biar terkenal. Piss!!

Tidak ada komentar: