25 Agustus 2008

Malam Puncak Tujuh Belasan

Sabtu malem kemaren gue menghadiri perhelatan yang diselenggarakan di lapangan daerah rumah gue. Hihihihi… perhelatan.. kesannya…

Well, perhelatan itu ga lain dan ga bukan adalah acara panggung 17an. Hehehe.. Didaerah rumah gue acara panggung2 17an emang selalu diselenggarain seminggu setelah tanggal 17 Agustus. Dan kalo didareah rumah gue itu adalah gabungan dari empat RT. RT 008, 006, 007, en 011. Rumah gue sendiri ada di RT 008.

Seperti dari tahun ke tahun acara 17an itu emang ga pernah ada bedanya. Isinya tari2an dari anak2 kecil sampe yang abege. Dan seperti yg gue bilang tadi, kali ini juga tetep kaya gitu. Awalnya dibuka dengan lima orang anak perempuan pake baju SD yang memimpin para penonton nyanyiin lagu Indonesia Raya. Setelah itu mengheningkan cipta.

Baru deh ada beberapa sambut2an. Gue ga inget yang kemaren kasih sambutan secara urutannya. Tapi pokonya tiap abis sambutan, nari2, sambutan lagi, nari2 lagi.

Banyak hal2 lucu yang terjadi dari nari2nya anak2 itu. Banyak dari mereka yang kayanya terlalu kecil buat nari2 dipanggung kaya gitu. Pastinya yang namanya nari2nya dibilang bagus sih jauh bener. Hahahaha…

Ada anak yang narinya ga sesuai musik. Jadi musik kemana, dia kemana. Ada juga yang dikit2 liat ke temennya yang juga lagi nari. Dan masalah kekompakan adalah yang paling parah. Gue ga liat ada yang kompak tuh dari awal. Sekalinya ada itu juga yang abege. Eh, tapi ada deh yang masih anak2 narinya kompak. Satu group doang tapinya. Dan mereka itu make lagu Kucing Garong. Hahahaha… tapi seru! Kompak, euy. Jadi mereka kalo ga salah ada delapan orang. Tujuh orang cowo, sementara yang satunya cewe sendiri. Kareografinya (taelaa..) juga bagus. Ga kelewat standar. Dan yang pasti lucu! Kan lagunya juga Kucing Garong! Sampe ada salah satu gerakannya yang kaya Trio Macan gitu. Tiga cowo bikin formasi kaya yang biasa Trio Macan lakuin. Satu berdiri diatas lututnya sendiri, trus yang satunya naikin kakinya ke paha yang melutut tadi, satunya gimana gitu. Rada lupa gue. Hehehe.. Sementara pas tiga cowo itu lagi gitu, yang cewe ngebor! Huahahahaha.. seru banget!

Dan yang paling bikin gue ngakak adalah pas anak dari saudara ipar gue nari. Namanya Tia. Itu anak umurnya baru 3 tahunan gitu deh. Masih kecil banget. Nah ada gerakan yang harusnya dia ganti2an maju mundur ama temennya, hadap2an. Maju mundur itu maksudnya badan bagian atasnya aja. Kakinya tetep diem. Dan saat itu harusnya dia gerak2in bahunya kaya orang yang lagi lewat trus dilemparin ulet bulu gitu. Ngerti kan? Itu lho yang bahunya digetar2in gitu. Aduuh … mudah2an ngerti dah. Nah si Tia malah maju mundur doang. Tapi ga getar2in. Eh, keliatannya malah jadi kaya orang maen ayunan. Maju..mundur lagi.., maju lagi… mundur lagi… persis kaya orang duduk dikursi goyang. Hihihi..

Ada juga yang nyanyi. Ga tau tepatnya anak yang nyanyi ini umurnya berapa sih. Kayanya 4 tahunan deh. Tapi pastinya yang dia nyanyiin bukan lagu anak2. Abis ada lirik yang bunyinya, “ada getar2 rasa didada.. aku jatuh cintaaaaa…” Halaahhh… ngerti aja kaga tuh anak! Tahun lalu dia juga nyanyi. Lagunya SMS. “Baaang.. sms siapa ini baaanng… baaanng.. anterin saya ke Ancol yuk, bang.. hihihihihihihihihihihihihihihi…” (Eh.., itu mah si Manis Jembatan Ancol ya? Hihi..). Ah, entah apa yang dipikirin emaknya ni anak. Masa anaknya diajarin nyanyi lagu2 orang dewasa mulu. Dan ya, emaknya yang ngajarin. Soalnya pas nyanyi tahun lalu si emak ikutan naek kepanggung. Tahun ini emang engga. Tapi berdiri disamping panggung, sambil ga berhenti2 ikutan nyanyi dan sesekali nyemangatin anaknya. Btw, suara anaknya bagus! Kayanya emang berbakat gitu deh. Nadanya ga kabur2an. Pas. Hmm.., kaya juri aje gue..

Tapi yang sebenernya gue ga pernah paham adalah soal teknisnya. Kenapa ga pernah beres ya. Masih ada aja yang tau2 musiknya mati lah, trus kasetnya salah lah, suaranya cuma nongol di speaker yang kanan atau kirinya lah. Jadi ga dua2nya gitu. Ya gitu dah.

Kalo gue sendiri, gue pernah lho jadi pengisi acara 17an! Dan itu gue nyanyi. Hahaha.. tapi itu bukan didaerah gue. Tapi didaerah temen gue. Di rumah susun. Tepatnya rumah susun guru daerah Cipinang Muara II. Hey,, jangan nyangka rumah susun ini kaya yg umumnya kita tau ttg rumah susun ya. Disini rumah susunnya bersiiiiihh… Orang2 disana kan banyak temen gue. Dan mereka banyak yang anak muda. Karena tau gue bisa nyanyi, diajak lah gue.

Waktu itu sih kita ngisi acara dengan format akustik gitu. Dua gitar, satu drum. Beneran alat musik lho yaaa.. bukan pake galon akua yang dibalik. Bukan organ tunggal, atau ini itu yang biasanya umumnya dipake buat acara 17an gitu juga. Anak2 rumah susun banyak yang seniman beneran. Punya band beneran. Gue aja punya CDnya. CD demo sih, yang buat dikasihin ke label rekaman. Hehehe.. Eniwe, disini itungannya gue itu ‘featuring’. Hahahahahahahaha…

Dan orang2 disana antusias gitu lho. Gue emang baru pertama kalinya nyanyi di acara 17an. Agak kaget aja. Ini karena ga enak ama gue atau emang gue nyanyi bagus waktu itu, mereka kayanya kasih sambutannya seruuuuu banget pas gue sebelum dan selesai nyanyi. Ampe pada berdiri tepuk tangannya. Hahaha…

Pas besoknya gue dipuji2 kalo ketemu. Ampe semingguan itu lah gue dipuji2. Umumnya bilang, “Suara kamu bagus yaa.. kaya Glenn deeh..” Guenya yang girang abis itu.. yihaaaaaaa…..!!!!

Eniwe, sebenernya gue pengen banget jadi bagian dari acara 17an didaerah gue sendiri lho. Tapi yang dibelakang aja. Gue pengen banget yang bikin operet. Tahun ini emang ga ada operetnya. Tapi dua tahun berturut2 kemaren selalu ada operetnya. Dan operet2 itu emang lucu. Tapi durasinya kepanjangan. Bisa 2 jam. Dan kayanya karena kelamaan, malah ngebosenin. Nah, gue pengen tuh bisa yg kasarnya ‘nyutradarain’. Gue pengen bikin yang bagus. Yang joke-nya nyambung ama kalangan penontonnya. Agak sedikit menyindir2 gitu. Dan pastinya ga perlu kepanjangan. Tapi apa daya, gue kalo kerja pulangnya malem. Kerjaan suka banyak. Ga sempet. Dan tetangga2 gue mana ada yang nyadar kalo gue ya.., nyeni lah gitu.. hehe.. gini2 gue seniman lhoooo…

Yah, begitulah. Buat gue acara2 seperti ini, dan juga lomba2nya, masih sangat perlu diadakan. Atau bahkan harusnya dilestarikan. Biar tetep ada. Ini adalah sebuah simbol kita menghargai negara kita sendiri. Simbol kita mau repot untuk bangsa ini. Simbol kalo hari kemerdekaan masih kita anggap penting. Coba kalo engga? Mau jadi apa negara kita nanti kalo udah ga ada orang yang ga mau tau ama hari kemerdekaan negaranya? Boro2 mau repot, mau tau aja engga?? Lagipula, ini merupakan tradisi dan ciri bangsa ini. Toh, senorak2nya, sekampung2nya, tetep aja perayaan kemerdekaan seperti ini selalu lucu dan ngangenin.


Have a nice independence day!

And have a true and nice independence life, guys!










ini kucing garong... hehehe..









yg abege

















ini EmSinya (MC maksdnya) suaranya cempreeeeeennng bgt!
kuping gue sakit dengernya. sakit beneran.
soalnya, udah suaranya cempreng, tinggi, dia malah teriak2 kalo
ngomong. padahal udah pake mike!
besok paginya orang2 pada ngomongin.
katanya dia bikin kuping orang2 pada pengeng.
gile... diomongin orang banyak gara2 bikin pengeng.



yang nonton banyakan anak2.

















ini yg megang keyboard dari band yg manggung kemaren.
mereka udah bikin album. nama bandnya lupa gue.. hehe.
btw, mirip yovie ya?

















ini bokap gue. yang bacain doa.

















eeehh.., dita juga dateng.. hehehehe..

















penonton yg cuma bisa cekikikan dan ga lupa bernarsis2 barengan
ponakannya. huehuehuehue...

Tidak ada komentar: