12 Agustus 2008

'Blog' TJ Waktu Kecil

Hari Jum’at lalu gue baru tau kalo ada seorang anak SD yang punya account di MP. Dan akhirnya gue liat2 deh isinya. Selain gue liat2 karena pengen tau seperti apa muka anak yang udah bisa begini ini, gue juga baca2 blognya.

Tulisannya simple dan lucu2. Semua tentang kejadian kesehariannya yang sebenernya isinya cuma kejadian2 yang kalo mungkin buat orang lain ga penting. Tapi gue tau rasanya menulis2kan itu semua. Ya, menulis2 sperti yang dia tulis. Karena waktu kecil gue juga suka nulis kaya gitu. Kaya anak ini. Atau tepatnya, gue waktu kecil juga punya ‘blog’. Hmm, tentunya ‘blog’ gue waktu kecil ga secanggih blog-nya dia. ‘Blog’ gue itu ga berbentuk softcopy, tapi hardcopy alias emang beneran ditulis, pake tangan, pake pulpen, dan dibuku. Ya, itu sebuah diary. Tapi gue rada risih dengan sebutan diary, terlalu imut2. Hahaha..

Eniwe, buku yang gue pake buat nulis2 itu adalah buku journal atau buku buat schedule yang perusahaan tempat nyokap gue kerja dulu punya. Jadi perusahaan tempat nyokap kerja itu punya buku jurnal kya gitu yang dibagi2in. Yah, gitulah, gue bingung jelasinnya. Yang pasti kantor tempat gue kerja ga punya buku kya gini. Yang ada cuma bagi2 kalender doang.

So, sepulang dari kantor yang gue pikirkan adalah tulisan2 gue waktu kecil dulu. Dan gue coba inget2 dimana buku itu gue simpen. Dan ya, buku itu masih tersimpan rapih dilemari gue. Dengan mudahnya gue temuin buku yang gue tulis2 dengan kejadian sehari2 gue di tahun 1993 itu.

Tahun 1993 adalah tahun peralihan gue dari SD ke SMP. Jadi disitu ada catetan gue pas gue kelas 6 SD dan pas gue kelas 1 SMP.

Hmm, anak yang ternyata bernama Karina itu bener2 ngebuka kembali memori gue. Cara dia menulis bener2 ngingetin gue sama jaman gue nulis ‘blog’ gue itu. Dan inilah tulisan2 gue dibuku tersebut, yang gaya bahasanya sebenernya bikin gue gatel buat ngedit2. Karena kalo dibaca2, rada2 malu2in. Tapi ga papa deh, biar asli ya… orisinil. paling cuma tanda baca aja yg gue benerin. Biar gampang bacanya. Hehehe..











11 Januari 1993 :

Saya pulang sekolah dan sesudah itu pergi ke Jatinegara (Jatner) berangkatnya sih tak apa2 tapi ketika pulang kepala saya pusing temanku bertanya saya hanya menjawab asal2an.

Waktu SD gue dan temen2 gue sering nyebut Jatinegara itu dengan singkatan Jatner. Btw, gue kok ga pake tanda baca ya waktu nulis ini? Mungkin saat itu gue pikir ini bukan pelajaran sekolah kali. Hehe..













12 Januari 1993 :

Nanang berkelahi dengan anak perempuan, Asih. Tapi Nanang kalah ditendang Asih sampai jatuh terlentang dan kepalanya terbentur tembok. Tapi Nanang tidak membalas, dia hanya tertawa. Asih juga.

Nanang dan Asih itu temen sekelas gue disekolah.











30 Januari 1993 :

Saya pergi berdarmawisata ke planetarium dan pantai ancol dari sekolahan.


Waktu itu bener2 baru sekalinya berenang di Gelanggang Renang Ancol. Mengesankan!!













02 Februari 1993 :

Nilai testing dibacakan. Kalau nilainya bagus dibacakan oleh Martin (anak Pak Guru Prayitno). Saya termasuk yang dibacakan oleh Martin. Dan yang jelek dibacakan oleh Pak Guru.













03 Februari 1993:

Nonton Beauty and the Beast dirumah Arief bersama dengan Tulus, Herman, Rojali, dll.

Yang akhirnya masih temenan ama gue sampe sekarang cuma yang namanya Arief. Yang lain, entah dimana. Rojali, si anak Betawi itu masih suka ketemu. Tapi gue ga pernah akrab.











25 Maret 1993:

Hari ini hari Lebaran. Orang2 pada maaf2an. Ada yang pake baju baru, sepatu baru, dlls. Kalo kita jalan2 dapet money, deh! Lumayan, khan! Pokoknya Minalaizin Walfaizin 1 Syawal 1413 H.

DLLS adalah singkatan yang gue dan temen2 bikin sendiri. Maksudnya Dan Lain-Lain Sebagainya. Ngarang!!!











27 Maret 1993:

Gue nginep di Bogor rumah sodara. Ada Yuli, Nani, Yudi, Iwan, Dedi, Santi, Novi, Irma dll.

Ini maksudnya nama2 sepupu gue.








28 Maret 1993:

Eh, sipengacau datang tapi lucu juga sih, main tetris berebut & cakar2an dan ketaman topi. Pulang gerah sama Nani.

Yang gue sebut pengacau itu adalah sepupu gue yang bandel2. Biasanya mereka suka mukul2, dan iseng. Nani nama sepupu gue. Waktu itu umurnya baru 3 tahun. Dan Taman Topiiiii??? Huahahahaha… Seperti apa taman itu ya sekarang. Seumur2 itulah pertama kalinya gue kesana dan ga pernah2 lagi.












29 Maret 1993:

Nani pulang kerumah, sedih deh sepi lagi. Gue beli kaset Michael Jackson di Yogya. Uh lagu2 oke punye. (Album Bad).

Seinget gue waktu itu gue sendirian dirumah nih. Nyokap bokap masih pergi2 buat Lebaran ama famili yang lain.








06 April 1993:

Edi & Novi serta Sri G berantem pukul2an. Wah, gue kesian ama si Novi. Kalo si Ganzen sih kaga. Eh, si Edi kalah dipukulin sama Novi. Ampe jatoh. Pukulan Novi kan keras juga!

Sri Ganzen. Nama aslinya Sri Mujiningsih. Dia dijulukin ama anak2 dengan sebutan Ganzen, maksudnya ganjen. Genit. Soalnya dia pas waktu SD gitu udah pacar2an. Udah gitu gampang demen ama cowo. Dan kalo demen ama cowo, dia sebarluaskan dengan bilang dialah yang disukain ama cowo itu. And yeaah.., I used to be one of her victims









08 April 1993:

Herman sama si Boing berantem. Gue kira bohong2an, eh ga taunya betulan. Boing nangis duluan. Katanya sih disuruh Santo. Uh, seru deh! (Apalagi si Sara yang seneng ngeliat orang berantem)

Apa sih yang ga dibikin jadi berantem jaman SD dulu ya? Hahaha.. Gue juga sering berantem jaman SD. Tapi mungkin bukan pas kelas 6 SD kayanya..

Eniwe, Santo itu anak pindahan dari SD mana gitu. Orangnya tinggi, item. Preman deh pokonya. Dan Boing ini sampe sekarang juga masih sering ketemu ama gue, kya Arief.






24 April 1993:

Lidia berantem ama si Ganzen. Ganzen mendorong Lia (Lidia) ke ubin. Lia kena punggungnya. Ganzen ditonjok tangannya bengkak.

Lidia akhirnya sampe SMU selalu satu sekolah ama gue. Dan jaman SMU gue sempet digosipin pacaran ama dia. Dan gosipnya adalah gue pacaran ama dia dan gue makan berdua diwarteg. Hahahaaha… bukannya lantas dianggap ngampung, gue malah disebut2 romantis gara2 makan diwarteg gitu. Hahaha..

Padahal, gue ga pacaran ama dia. Dan ga ada acara makan diwarteg berduaan segala. Entah darimana cerita kya gitu. Hehe..









26 April 1993:

Hari pertama Pra Ebta.

Ayam kesayangan saya mati karena terinjak oleh saya sendiri. Saya hampir nangis. Teman saya juga. Karena itu kesayangannya juga. Ususnya keluar dari perutnya. Dan perutnya robek.

Waduh! Ini kejadian yang gue ga pernah lupa! Waktu itu gue punya ayam kampung, dan ayam itu punya anak. Nah, salah satunya yang mati ini. Herannya ayam kecil ini warna bulunya putih semua. Padahal ayam kampung. Tapi mati gara2 gue. Dan gue nginjek ayam kecil itu pake bakyak yg dari kayu itu. Ga sengajaaaa…










29 April 1993:

Nilai Pra Ebta dibacakan.

PMP : 7, 2

Bhs : 7, 5

IPA : 7, 2

IPS : 80

Mat : 60

(hanya ini yang gue dapet dan Irma jatuh ama meja2nya!)

Matematika ama gue emang ga pernah klik. Hmm.. tapi IPS bagus kaann?? Hehehe..

Eniwe, dihari itu temen gue yang namanya Irma, maen goyang2an kursi. Sok2an ala kursi goyang gitu. Tapi pegangan ama meja. Dan pas dia jatoh, mejanya ikut jatoh nimpa dia.. hahahahaha..

Irma ini adalah cewe yang agak konyol dikelas. Dia sempet jadi temen sebangku gue di kelas 2. Dan tiap hari kita cekikikan ampe suatu hari di setrap guru, berduaan berdiri didepan kelas.















17-19 Mei 1993:

Ebtanas.

Disini ada tulisan 'ultah Mariana 12 th' juga. Gue emang suka mengingat2 ulang tahun hampir semua temen2 gue. Tapi itu duluuu.., sekarang suka lupa. Maaf yaaahh.. kalo ada yang kelupaan...








22 Mei 1993:

Hari ini hari terburuk gue. Waktu nyetel MJ, si Satri & Punky rese! Trus waktu les Albert kaga dateng. Gue jadi lemes deh. Mau kewarung dikejar anjing.

Nyetel MJ, maksudnya videonya. Satri dan Punky (namanya Mariana, cuma dia mirip sama pemeran serial Punky Brewster di RCTI dulu) ikutan nonton, tapi terus menerus ngomongin soal operasi plastiknya Jacko. Penting yaa???

Albert temen gue les bahasa Inggris yang gue udah masuk sejak kelas 5 SD. Hari itu dia niat bawain body bawah mobilan Tamiya. Tapi ga taunya ga masuk.

Anjing yang ngejar2 itu adalah anjing tetangga gue. Dan ga lama setalah itu mati diracunin orang.












17 Juni 1993:

Gue piknik perpisahan ke Mega Mendung. Lalu ke Cibodas. Pas perjalanan pulang anak2 lucu2 banget deh. Si Amat jatuh dari bangku, Heriandi dansa, dll deh. Kan gue bawa walkman, tapi hanya dengerin sedikit, abis ngeliatin anak2. perjalan ke Cibodas enak juga lho. Jalanannya berliku-liku.

Waktu itu kaset yang gue bawa adalah kaset Michael Jackson. Salah satunya kaset yang dia waktu masih kecil itu, yang sempet gue ceritain dipostingan ttg Jacko kemaren.








20 Juni 1993:

Hari ini sahabat gue Leli, pergi ke Samarinda. Pindahan. Ternyata bukan gue doang yang sedih. Semua sahabatnya juga.

Leli itu termasuk salah satu yang paling deket sama gue waktu SD. Jaman gue SD, cowo & cewe bisa deket tanpa dikata2in pacaran. Kita udah sok2 BH 90210 waktu itu. Yang cowo, yang cewe rame2 nyampur. Hahaha.. Eniwe, Leli ini bisa dibilang yang paling cantik dikelas. Pindah ke Samarinda karena orang tuanya ditugasin disana. Tapi pas SMU dia balik lagi ke Jakarta. Tapi anehnya, kita ga pernah ketemuan waktu itu. Sampe sekarang. Padahal rumahnya deket dari rumah gue.











23 Juni 1993:

Gue hari ini ujian Bhs. Inggris. Lagi enak2nya ngerjain soal, eh gue jadi ga enak badan. Pas selesai gue minta pulang aje.

Dari dulu, Bahasa Inggris emang selalu jadi pelajaran favorit gue. Hehehe.. Ini aja waktu jaman gue SD, Bahasa Inggris belom diajarin disekolah, tapi gue malah nyari les sendiri. Dan lesnya itu dimulai pas gue kelas 5 SD.











01 Juli 1993:

STTB dibagikan. Dan gue dikasih kartu kecil hijau. Ternyata gue diterima di SMP Negri 165. Asiknya. Tapi banyak yang ga diterima lho. 18 orang. Yang diterima 14 orang.










10 Juli 1993:

Pergi ke hotel Sukabumi. Uh, enaknya. TVnya parabola. Kasurnya Alga SB, kamar mandi pake shower.

11 Juli 1993:

Berenang sama Yudi dan Yuli enak dan lucu deh. Trus pulang lagi ke Jakarta.

Ini adalah fasilitas setahun sekali dari kantor nyokap. Jalan2 ke suatu tempat, dan nginep disana. Gitu dah. Yudi dan Yuli adalah sepupu gue. Mereka pasti diajak kalo lagi gini.








17 Juli 1993:

Disuruh dateng ke SMP165. Dikasih sepatu. Gue ngeliat orang2 yang belum pada gue liat.











22 Oktober 1993:

Hari ini gue ultah yang ke 13. Anak2 pada nyiram gue pake sagu. Tapi mereka pada dihukum oleh Pak Susi. Sukurin. Gue sakit maag. Anak2 pura nyuekin gue, tapi sebenernya gue tuh udah tau kalo mereka cuma pura2. Ada insting, deh!!


Pertama kalinya ulang tahun dikerjain orang ya, yang ini. Eniwe, Pak Susi itu beneran Pak Susi namanya. Padahal cowo. Tau dah, gue juga binun! Dan soal sakit maag, gue sebenernya ga tau sih kalo itu sakit maag. Cuma sok tau aja. Hehehe..











08 November 1993:

Gue dapet surat dari Leli. Itu lho yang pindah ke Samarinda. Surat itu dikirim ama die tgl 31-10-93, tapi baru nyampenya sekarang. Suratnya Leli isinya bukan untuk gue doang, tapi buat Tika en Sara.











20 Desember 1993:

Berenang bareng anak2. Ih, rese deh! Gurunya galak banget. Trus gue lupa bawa duit banyak lagi! Sebel banget hari ini. Tapi ada bahagia juga, deh. Soalnya babe bawa tv hadiah, trus ditaro dikamar gue. Deh asik, gue nonton sendirian wae.

Belakangan gue tau, tv itu bukan hadiah. Tapi sengaja beli buat gue. Dan adanya tv dikamar gue malah bikin gue terganggu oleh kakak2 gue yang cowo, karena mereka seenaknya. Tv itu akhirnya rusak sama bapaknya Rafif setelah dia bawa dengan alesan mau pinjem. Soalnya waktu itu dia baru merit dan ga punya tv.

***

Yah, begitulah kira2 catetan2 sehari2 gue waktu gue kecil. Ya, udah ga kecil2 amat sih. Udah mau abege. Dan ga ada cerita yg terlalu heboh. Biasa aja. Tapi cukup seru buat gue sendiri..

Hmm, jadi inget lagunya Michael Jackson..

Have you seen my Childhood?
I'm searching for that wonder in my youth
Like fantastical stories to share
The dreams I would dare, watch me fly...

Childhood.
















catetan2 gue















kalo yang ini curhatan lebih panjang lagi, hehe..
















ini kalender yg gue tandain disetiap ultah temen2
















bagian depan. ada nama perusahaan tempat emak gue kerja

















ada gambar jacko. bikinan gue tuh.. hehe..
















cover


3 komentar:

unee mengatakan...

BAHAHAHHAHAH !!!!!!!!!!!!. BUSED !!!. aku suka postinganmu yang ini,Jee !!. Kerasa banget nuansa "kanak-kanak" nya. *jieh*.

Tapi ya,pertanyaan saya adalah,
" Tapi mereka pada dihukum oleh Pak Susi "..

PAK SUSI ?!. WTF ?!!.
hahahaha..

Pertanyaan kedua,
"Ayam kesayangan saya mati karena terinjak oleh saya sendiri."

Apakah kau benar2 sekejam itu,Je ?!!. tahahahahahha !!!.Mana mendetail gitu njelasinnya.Segala usus keluar dibawa2. hahahaha.

Ketiga ( IYEE,BANYAK EMANG ! ) adalah,
" (hanya ini yang gue dapet dan Irma jatuh ama meja2nya!)".. HAHAHAHHAHAHHAAH !!!. Jatuh ama meja2nya !. Sumpah ya !. aku ketawa waktu baca itu.langsung ngebayangin gitu dan mikir..ih..kesian banget ya.. mejanya.jatuh. tahahaahhaha.

Buseet!..Segala Punky Brewster ada !!. HAHAHAHHA.!!.Ampuunnn!!

Dan sebagai penutup ( karena takut ngalahin panjangnya postinganmu sendiri ).. saya curiga sama orang yg ngeracunin anjing tetanggamu itu...*menatap TJ penuh curiga*. hahahha..

LOPYU !!!

Anonim mengatakan...

hahahahaha... itulah gw... hahahaha..
btw, panjang juga ga papa.. malah seru kok! hahahaha...

Anonim mengatakan...

Ahahahah,, akang tije!!! eike juga diari jaman bocah masih ada!! pernah juga aku posting tapi di FS aku, hyahahaha.. ah.. kangen aku padamu nak..