16 Juli 2008

Demo di Kantor

Dua minggu belakangan ini gue lagi sering2nya ‘diteror’. Hmm, ini sebenernya kata yang agak sedikit berlebihan untuk nyebut apa yang lagi gue alami. Tapi sayangnya, hanya kata itu yang cocok. Well, apa namanya kalo lo selalu ditanya2, dikejar, ditagih2 oleh orang2 yang sama dan topik yang sama.

Jadi gini, gue ini bertugas sebagai salah satu orang yang ngurusin training2 yang ada dikantor gue. Jadi gue itu ada di divisi Training Center-nya perusahaan gue. Disitu adalah pusat pelatihan para kru pesawat, kaya pilot, pramugari, teknisi, dsb Jadi treningnya bukan trening mau masuk perusahaan, tapi trening untuk belajar satu pesawat tertentu gitu lah. Jadi bukan karyawan baru. Khusus gue, gue ditugasin untuk ngurusin treningnya teknisi2. Or engineer2nya.

Gue udah 2 tahun lebih ada diperusahaan itu. Dan tentunya udah dua tahun itu ngurusin trening2 engineer itu. Selama ini ga ada masalah sama sekali. Tapi beberapa minggu terakhir ini ada trening yang ternyata bermasalah. Dan ujungnya yaitu gue yang diteror kaya gini. Hmm, mudah2an ini ga akan malu2in perusahaan gue ya. Jadi para trainee itu kalo lagi ditrening dapet uang makan. Nah, kebetulan kali ini pemberitahuan ke gue akan adanya trening mendadak. So, urusan budget yang akan diberikan ke mereka sebagai uang makan mereka jadi ga selancar seperti trening yang udah2. Karena kan gue harus bikin permohonan biaya dulu yang nantinya akan dibubuhi tanda tangan para direksi. Itupun bisa ngabisin waktu sekitar semingguan utk dapet tanda tangan mereka. Karena ga semua ditempat. Baru setelah tanda tangan mereka terkumpul dipermohonan biaya itu, permohonan tsb di kirim ke divisi keuangan. Sementara mendadaknya pemberitahuan ini super mendadak. Sehari sebelum trening ini dimulai baru ada pemberitahuan. Padahal walopun udah nyampe ke divisi keuangan, permohonan tsb ga bakalan langsung hari itu juga di’kabulkan’. Kita harus nunggu minimal sua minggu sampe sebulan, baru deh kita dapet uang yang akan diberikan ke para trainee itu.

Kalo yang udah2 sih, sebulan sebelumnya udah dikasih tau ke gue. Jadi saat trening dimulai, mereka udah enak dapet allowance tiap minggunya. Tapi yang kali ini beda. Ya karena mendadak itu.

Dan teror2 itu pun dateng deh ke gue. Tiap hari ditanya2iiiiin mulu. “Gimana, Mas, udah cair?” atau “Kapan nih, Mas bisa kita terima allowance-nya?” Malah ada dari mereka yang nyalahin gue, dengan nganggap kerja gue ga beres, alias pemberitahuan adanya trening udah lama nyampe digue, tapi gue malah nyuekin pemberitahuan itu dgn ga buru2 memprosesnya. Mereka bilang, “Yang fair dong! Transparan dong!” Gile gue disuruh transparan…!! Ntar pada napsu ama gue, gimana??? Hihihi..

Ada juga yang sok2 nanya peraturannya gimana, atau prosesnya gimana permohonan biaya itu. Ini bikin gue sewot. Dan pas dia tanya gitu, nyolot aja gue gitu.

“Saya kan udah jawab kemaren, Mas. Percuma situ nanya2 juga, jawaban saya bakalan sama kaya kemaren. Lama2 gue bete nih, ngurusin lu lu pada!” begitulah kira2 kata2 gue saat itu. Yah, gue kalo lagi bete suka ga liat2 orang, maen ber’lu-gue’ aja. Maklum laah.. Itu masih mendingan sih. Kalo disini ada Anger Management, temen gue aja nyaranin gue ikutan. Hihihi.. Ah, itu lebay aja ya dia.. Setuju kaan? Gue baik dan manis begini kok.. Huehehehe..

Dan pagi ini ceritanya mereka sekelas mo demo gitu. Duileeee…, demo-demoan segalaa.. Jadi mereka pada ga mau masuk kelas. Gue sih pas baru dateng tadi pagi liat mereka pada ngumpul2 di samping kantor gitu. Gue nyengir aja sebentar dan rada pura2 budeg pas mereka manggil. Eh, ga taunya mereka lagi demo. Demo apa ngambek tuh? Hihihi..

Gue taunya dari instrukturnya yang hari itu ngajar. Dan ga taunya dilaporin ke para penggede itu. Ujungnya adalah bukannya permintaan mereka yang didengerin, kelas malah dibubarin untuk hari ini. Bos gue pada bete ama kelakuan mereka. Salah satu dari bos gue itu telpon2an ama gue pas siang2. Dia bilang, “Itu kan allowance bukan gaji. Kenapa pada ribet banget! Emangnya gajinya lantas ditutup kalo lagi pada trening begini?”

Well, keputusannya besok nih kelas itu akan dibubarin total aja, alias mereka ga bakalan megang pesawat yang lagi mereka pelajari, atau diterusin. Yah, gue gat au dah. Tunggu aja kelanjutannya..

Actually, gue kesian juga sih ama beberapa dari mereka. Soalnya kan emang ada beberapa yang dari luar daerah. Mungkin mereka itulah yang bener2 lagi ga punya duit selama di Jakarta ini. Entah karena udah kepake atau apa. Walau banyak yang nilai itu bohong alias ga mungkin ga punya duit ampe gitu2 amat. Yah, yang namanya duit emang mengerikan sih. Udah punya, tapi masih kurang ajaaa… Syereem..

Udah ah, gue masih dikantor jam segini. Mudah2an ga ada hal2 yang ga ngenakin menimpa mereka gara2 demo2an itu. Balik dulu yaaaa…

Tidak ada komentar: