03 Juli 2008

Busway Meledug

Ini adalah satu lagi kejadian di busway yg gue alami. Sebenernya ini udah beberapa hari lalu kejadiannya. Cuma baru bisa sekarang gue tulis.

Hmm, begini ceritanya (*suara lolongan* hehehe.., engga deh), jadi waktu itu gue balik dari kantor. Seperti biasa gue naek dari halte busway Harmoni, dan transit di Central Senen. Di Central Senen, keadaannya ga terlalu rame. Ga terlalu berjubel kaya biasanya. Dan ga lama akhirnya bis gede warna abu2 itu dateng juga. Dan akhirnya gue dan beberapa orang lainnya naik dengan ga dorong2an kaya pada umumnya kalo lagi rame. Naik dengan nyantai.


Semua penumpang yang naik bareng gue itu dapet tempat duduk. Yang berdiri hanya satu orang. Keadaan begitu nyaman. Beberapa orang didepan gue terlihat lagi ngobrol2 kecil sambil ketawa2. Mbak2 disamping gue sempet nanya2 gue dengan pertanyaan klasik buat orang yang baru naik dari halte busway Central Senen, “Ini ke Kampung Melayu kan, mas?” Yah maklum lah, kadang2 busway yang arahnya dari Ancol itu ada yang sampe hanya di Kampung Melayu aja, ada juga yang langsung ke halte PGC, Cililitan. Malahan kalo ga salah ada yang terus sampe ke Kampung Rambutan. Rada ga jelas emang.

Dan bis gede inipun mulai jalan. Tapi ga lama berhenti lagi. Dan saat berhenti itulah tiba2 kedengeran bunyi, ‘BUUMM’.. dari arah belakang bis. Meleduk! Udah kaya kompor. So, orang2 yang pada duduk dikursi dibelakang langsung berhamburan, kocar kacir, kaya gerombolan semut disiram pake aer. Asap keluar dari bagian yang meleduk tadi.

Kepanikan orang2 itu bikin gue ikut2an panik. Yang kebayang ama gue saat itu juga adalah adegan2 yang kaya difilm2 gitu. Sebuah bis meledak, terbakar, dsb. Hiiiiyyy… nyeremin. So, gue ikut2an nyelametin diri. Tapi ternyata pintu tengah yang biasa dipake buat keluar masuk penumpang ga bisa dibuka. Jadi kita semua nyerbu pintu depan dan pintu supir. Semua orang berebutan keluar.

Ada yang teriak2, “buka pintunya dong, bukaaa!!!” kedengeran juga ada yang teriak2, “jangan panik, jangan panik!” Gile tuh orang, masa lagi kaya gitu ga panik? Hebat beneeer..!

Setau gue, supir yang emang ga tau bisnya meleduk reaksinya ga secepet orang2 yang duduk situ. Makanya pas orang2 pada mau keluar lewat pintunya, dia kedorong2 gitu. Kaya orang diusir dari dalem mobil. Kesian juga ya. Tapi namanya juga lagi keadaan serem kaya gitu.

Dan akhirnya kita semua keluar. Bis itu ga sampe keluar api dsb sih. Ternyata hanya meledak kecil yang hanya ngeluarin asap (makanya gue bilang meleduk). Tapi mungkin aja bisa keluar api dan beneran kebakar kalo emang ga buru2 disemprot pake semprotan yang buat kebakaran itu lho. Sumpah, gue lupa namanya tuh semprotan, padahal sempet diajarin dikantor. Hehehe..

Abis itu semuanya masuk lagi ke halte, untuk naik bis selanjutnya. Rugi kali yah kalo udah bayar malah naek yang laen. Hehehehe.. Gue akhirnya gitu juga sih.


Nah, entah karena tadi didalem bis itu gue langsung spontan lincah atau gimana, badan gue yang emang udah sangat lamaaaa ga pernah olahraga, jadi pada kram. Sakiiiittt banget. Bagian samping badan gue dan bagian belakang paha gue.

Tadinya gue mau langsung naik ke bis selanjutnya, tapi karena badan gue lagi kaya gitu, gue duduk aja di haltenya. Nungguin gue ga kram lagi.

Akhirnya kram2 itu mendingan. Karena merasa udah siap, gue akhirnya naik ke bis yang dateng selanjutnya. Saat nunggu2in bis itu ada seorang mas2 ngajak gue ngomong. Padahal gue lagi ga pengen banget ngomong. Apalagi kram dibadan gue suka kerasa lagi tiap kali gue ngomong. Dia juga salah satu yang tadi ada di bis melduk itu ga taunya.

Setelah naik, mas2 ini tetep ada dideket2 gue. Gue ga dapet tempat duduk. Padahal gue ngarepin banget. Kramnya itu terasa lagi. Dan berita buruknya adalah mas2 ini kembali nanya2 lagi. Makin terasalah sakit gara2 kram itu.

Gue akhirnya bilang ama orang itu, “Badan saya kram nih. Sakit banget.” Dia yang cuma, “ooo”.

Eh, udah gitu masih aja dia ngajakin gue ngomong!

“Kamu kerjanya dimana?” katanya dengan muka ga berdosa.

Gue nyebutin kantor gue dengan expresi kesakitan.

“Itu dimana?” dia nanya lagi. Gue makin bete.

“Oh, itu di Harmoni,” senyum seadanya pun mau ga mau keluar.

Dan percakapan itu berlanjut terus dengan pertanyaan2 basi yang bener2 disaat yang ga tepat. Dan akhirnya dia nanya sesuatu yang sumpah, bikin gue mau mukul palanya make alat buat mecahin kaca kalo darurat yang tergantung dideket jendela busway.

“Kamu sakit ya? Kok dari tadi kaya kesakitan gitu?”

*TUEEENGG…TUEEEEENNNG*

“Iya. Badan saya kram,” Mau mati kali ni orang!! Lha tadi gue bilang gue kram kok ga denger!!

“Sakit ya?” tanyanya lagi.

“Iya. Sakit,” jawab gue.

“Nanti saya mau turun aja di halte selanjutnya,” lanjut gue.

“Jangan. Mendingan kamu turun aja di halte Matraman. Saya juga mau turun disitu kok,” katanya. Well, gue pikir ga papa deh. Halte Matraman kan satu halte dari halte yang gue tadinya niat turun.


Sampe halte Matraman akhirnya gue dan mas2 itu turun. Gue langsung nyari tempat duduk, dan duduk disitu. Sumpah, badan gue bener2 kaku. Bayangin aja, kram yang biasanya ditelapak kaki, tapi terasa dibadan! Sakiit banget! Gue hanya bisa ngelurusin tangan kanan gue. Karena kramnya itu emang dibagian kanan badan gue.

Pas lagi duduk2 itu, tiba2 semua badan gue kaya kesemutan. Terutama tangan kanan. Dan ga taunya itu bikin muka gue pucet.

Muka pucet itu akhirnya bikin mas2 ini nanya, “Kamu sebenernya kenapa sih? Sakit apa?”

INI ORANG KENAPA SIIIHHH?????? KOK BEGOOOOOO AMAAAATTTT!!!!!!!!!

Huhuhuhuhuhuhu… gue mau nangis sejadi2nya rasanya gara2 orang ini.

“KRAAAAMMM” jawab gue setengah teriak, setengah ngebentak, dan gue emang jadi setengah gila.

Setelah itu dia nanya2 lagi, “kamu mau makan? Kita cari makan dulu yu?”

Makin aneh? Makin oon kalo menurut gue! Lha gue aja ga bisa jalan gitu. Cuma bisa duduk! Gue tolak deh ajakan makannya.

Eh, ujungnya dia nanya gini, “Eh, nama kamu siapa sih? Saya boleh minta nomor hp kamu ga?”

Huhuhuhuhuhu…. Opo thooo ikiii… kok ternyata dia ngajak kenalan…huhuhuhu.. udah gitu kaya gue lagi sehat aja lagi ngomongnya dari tadi, udah gitu berulang2 nanya2 gue kenapa padahal gue udah jawab!!!

Gue jawab aja nama gue dengan nama ngasal. Gue aja lupa gue ngaku nama gue siapa ama tu orang. Sementara nomor telpon gue bilang gue ga punya. Dia tentunya ga percaya kalo gue ga punya hp. Seperti kebiasaannya yang ngeselin, diulang2 lah omongannya itu

‘Masa ga punya hp, masa ga punya hp, masa ga punya hp…. Dan seterusnya…….‘

Abis itu, dia lalu pergi sambil bilang, “Saya duluan ya.. masa sih kamu ga punya hp?”

Arrrrrggghhhhh….

Dan entah kenapa setalah dia pergi, kram itu pelan2 bener ilang. Hihihihi… mungkin gue udah tenang dan ga bete lagi kali. Dan akhirnya gue balik, nyampe rumah dan gue tidur. Zzzz…

Dalam tidur gue mimpi ketemu orang yang nanya2nya diulang2 dan ga taunya ngarepin yang laen dari gue. Eh, itu sih beneran ya? Hehehe..

1 komentar:

si aDyA mengatakan...

huwaaaaaa....
busway mleduk?!?!
ngeri bener...

trus kamu skarnag udah sehat kan Je?
moga2 ga sakit2 ky gitu lgi yah...

kalo aku ktemu tuh orang, wew,,,
udah aku tampol kali yak...
*preman amat aku*