15 Februari 2008

Sentimental Value

Beberapa minggu lalu gue ke gym tempat dulu gue fitness. Kali itu gue dateng bukan untuk latihan. Tapi untuk ngambil sepatu gue yang tertinggal setahun disitu. Yup! SETAHUN! Hahaha.. lama banget ya?

Gue emang udah ga nge-gym selama satu tahun. Gue bahkan inget tanggal berapa gue terakhir kali kesitu untuk latihan. Tepatnya tanggal 14 Januari 2007. Dan sejak itu gue ga pernah dateng2 lagi. Waktu itu sih niatnya gue bakalan kesana lagi. Latihan lagi. Hanya aja gue waktu itu ngerasa males untuk nerusin dan akhirnya keterusan ga latihan lagi.

Rasanya gue cape aja kalo dateng kesana tiap balik dari kantor. Gue pikir gue mau break dulu lah untuk beberapa saat. Dan seperti yang gue bilang diatas, jadi keterusan.

Nah, dengan mikir kalo gue mau break latihan untuk beberapa saat itulah makanya gue ninggalin sepatu gue disitu. Toh gue bakal balik lagi ini. Jadinya biarin aja sepatu itu ga gue ambil. Ya, seperti yang anggota gym itu lainnya, gue ninggalin sepatu dirak yang disediain disitu. Jadi kalo mau latihan tinggal pake. Lagijuga itu perlu banget buat gue yang dateng untuk latihan tiap kali balik dari kantor. Ga mungkin kalo sepatu kantoran gue pake buat latihan. Dan ga mungkin juga kalo sepatu sneaker kaya gitu gue pake kekantor.

Eniwe, hari itu pas balik dari kantor gue langsung kesitu. Dan sesampenya gue disitu ternyata yang gue liat adalah tempat itu gelap gulita. Pintu2nya ketutup semua. Dan yang biasanya kedengeran suara2 musik dan orang2 yang berteriak2 atau ber-‘yel-yel’ ga jelas ala orang senam aerobic, ga kedengeran lagi layaknya dulu tiap kali gue tiba didepan pintunya. Ya, disitu bukan hanya untuk latihan pake alat dsb aja, tapi juga ada kelas aerobic. Biasanya yang ikutan ini ibu2 dan cewe2 yang badannya pada melar. Hehe..

Gue coba kepintu yang satunya lagi yang letaknya diatas tangga. Ternyata disitu juga pintunya ketutup. Dan akhirnya gue langsung nyerah dengan jalan kebeberapa penjual makanan yang ada dideket2 situ. Gue tanya aja sama salah satu dari mereka,

“Bang, ini kok gelap gini? Udah tutup ya?”

Dan si abang ini lantas jawab, “Oh, ini udah tutup dari beberapa minggu lalu, Mas. Kan waktu itu kebakaran.”

Gue lantas bengong aja setelah si abang itu ngejawab. Kebakaran.. God. Kok gini? Gue emang sempet denger kalo gedung dua lantai tempat gym itu berada, yang juga jadi satu ama supermarket itu, kebakaran dilantai atasnya beberapa minggu sebelumnya. Cuma gue ga pernah nyangka kalo gym-nya juga kena. Gue pikir yang kebakar itu cuma bagian depannya aja. Karena letak gym-nya itu kan adanya dibelakang2nya gitu. Dan lagijuga dari keseluruhan gedung ini tampak ga kenapa2. Ga ada keliatan bekas kebakaran. Ditambah lagi, berita kebakaran itu hanya sambil lalu aja pas gue denger. Beritanya ga menghebohkan.

Emang sih seharusnya gue ngambil sepatu itu dari jauh2 hari. Cuma kok kayanya gue males ngambilnya. Jadi ditunda2 mulu.

Ya, apapun itu intinya gue emang harus kehilangan lagi sepatu gue. Ya, kehilangan lagi. Ini kali kedua gue kehilangan sepatu. Sepatu gue yang sebelumnya hilang itu kejadiannya sekitar tahun 2006. Sepatu berwarna biru bermerk C yang dulu lebih sering gue pake sekolah dibandingkan sepatu yang hilang di gym itu, hilang karena dibuang ama nyokap gue. YA! DIBUANG!! Jadi judulnya bukan hilang ya? Haha.. Tapi dibuang.

Nyokap gue ga tau kalo that shoes mean a lot to me. Banyak banget memorinya. Mungkin terdengar silly, but it’s true. Sepatu biru yang ada bintangnya itu gue pake kemana aja gue pergi. Bukan hanya sekolah, tapi kemana-mana. Dan sepatu itu bener2 jadi ‘dalem’ banget buat gue karena sepatu itu ngingetin gue ama sesuatu hal yang dalem yang terjadi dihidup gue selama gue masih di SMU. Tepatnya tahun 1996. Pas gue masih kelas 1. Everything wasn’t that good, back in the days.

Entah ini yang gue rasakan atau emang inilah yang terjadi, jaman SMU sepatu seolah yang kadang jadi barang penting. Mungkin paling penting malah. Beberapa hari lalu saat nganterin Kadek, salah satu temen SMU gue, bilang sepatu itu kalo jaman SMU seolah menjadi alat eksistensi. Memang bodoh kedengerannya, tapi emang bener. Dan ini ga terjadi di SMU gue aja. Temen gue yang satu SMP ama gue tapi misah pas SMU, juga punya keadaan seperti itu di SMU-nya dulu. Gue ga tau dengan keadaan anak SMU jaman sekarang, yang bedanya 9 tahun dari jaman gue. Mungkin handphone kayanya. Maaf kalo terdengar seperti berprasangka buruk sama temen2 SMU gue. Gue tau kok, pasti banyak dari kalian yang cukup berotak dan terbuka pikirannya dengan ga menjadikan seseorang sebagai teman hanya karena orang itu terkesan tertentu. Dan kesan tertentu itu hadir mau ga mau oleh sesuatu yang adanya dikaki kita. Sepatu. Karena sepatulah yang membedakan si A dan si B, dan yang lainnya. Sepatu itu harus yang begini, begini, begini dan pastinya diantara syarat2 itu, yang paling ada adalah sepatu itu harus yang mahal. Walau gue sebenernya ga terlalu terpengaruh dengan pemikiran kaya gini waktu SMU dulu.

Dan lebih dari itu, sepatu ini memang punya sentimental value buat gue. Bukan hanya setelah gue make sepatu itu lantas gue ngerasa ada perbedaan, tapi sepatu itu juga yang nemenin gue dimasa2 berat dimana gue happy sekaligus sedih. Ya.., there was something happen lah. Hehe.

Gue sebenernya berniat untuk nyimpen sepatu itu dikamar gue. Bukan di campur dengan sepatu lain, yang bikin nyokap gue ngeliat kalo sepatu itu terkesan ga penting sama sekali makanya beliau buang. Emang secara fisik, sepatu bertali yang sol-nya gue rasa cukup tebel itu, udah buruk keadaannya. Sisi luarnya udah bolong. Sol-nya yang tebel itu udah menipis. Terutama dibagian luar belakangnya. Ya, kaki gue kalo jalan emang ngabisin bagian itu dari sepatu. Makanya sepatu gue pada miring kalo udah lama.

Dan dihari gue menemukan kenyataan bahwa sepatu itu udah ga ada, gue marah2 dengan berteriak2 layaknya anak kecil. Udah lama sekali rasanya gue ga teriak2 kaya gitu ke orang tua gue. Gue tanya ke nyokap gue sambil teriak2. Dan bokap guelah orang yang pertama gue salahin sebenernya. Gimana engga, bokap gue itu paling demen buang2 barang! Kalo ngeliat barang yang berdebu dan ga dipake2, hobi ngebuang2in barangnya kumat lagi. Tas gue aja pernah dibuang! Hanya karena tas itu gue gantung dan ga gue pake2! Gue kan hanya lagi seneng make tas yang satunya lagi, karena kebetulan gue punya dua.

Dan yang Alhamdulillah ga terjadi adalah kejadian mau dikasihinnya jam meja yang sekaligus music box yang klasiiiiik banget yang ada dirumah ke tukang abu gosok! Emang sih yang ini mendingan. Ga ngebuang, tapi ngasih. Entah apa niat bokap, ama tukang abu gosok bisa baik banget gitu. Kalo emang mau nuker ama abu gosok kok kayanya keenakan si abangnya ya? Paling2 dapet abu gosoknya itu berapa sih?? Bokap bener-bener ga kepikiran kalo itu kan seharusnya jadi jam bersejarah buat beliau sendiri. Jam itu nyokap-bokap gue beli jaman mereka masih muda. Entah tepatnya tahun berapa, jam itu dibeli pas anak mereka masih hanya dua, yaitu kakak2 gue yang cowo2. Kaka gue yang cewe aja, yang anak ketiga, belum lahir saat itu. Jadinya ya, itu udah lama banget. Tapi dengan nyantainya dia maen kasihin aja ama tukang abu gosok. Untungnya, gue ada disitu saat itu. Wah.., gue ambil aja buru2 sambil gue bilang, “Gimana sih, ini jam bagus2 kok mau dikasihin tukang abu gosok??”

Bokap gue sok berargumen, “Ini kan udah lama. Udah banyak kan jam kita yang baru.”

Gue makin bete, “Lha, justru udah lama makanya jangan dikemana-manain! Ga ngerti kenangan amat jadi orang!”

“Ya sudah.. kok jadi marah?”, cengengesannya bokap mulai keluar.

Sambil gue cibirin gue bawa masuk aja jam itu. Dan mulai saat itu, jam klasik yang sekaligus music box itu gue taro dikamar gue.

Malemnya jam itu gue puter musiknya. Cara muter musiknya itu dengan muter bagian belakangnya sampe mentok, dan akhirnya dia mainin musiknya. Dan musiknya bakalan berhenti kalo puterannya itu abis. Dan kalo mau mainin lagi tinggal puter lagi. Bunyinya enak. Berdenting-denting. Oh iya, disitu sih tertulis lagunya itu Nocturne judulnya. Pernah ada temen gue yang malah takut dengerin musik kaya gini. Dia bilang itu musik setan. Musik setan dari Bojong!! Hmm, gara2 kebanyakan dipake difilm2 horor jadi gini nasibnya. Musik yang bagus, indah, malah jadi musik yang dianggap serem.

Buat gue, inilah kenapa gue ga ngebiarin jam klasik ini pindah tangan. The music really remains me of my childhood. Dan gue yakin, waktu kecil gue pasti sering diputerin musik dari jam ini. Karena kaya punya apa gitu yang bikin musik ini kalo dimainin langsung bikin gue jadi yaa.., antara flashback atau gimana lah. Dan pastinya musik ini adalah musik keluarga gue. The theme of my family. Gue bahkan jadiin musik dari jam ini sebagai ringtone di handphone gue dan itu untuk nomor2 mereka.

Ya, bukannya kurang ajar sih kalo gue marah2 ama bokap-nyokap kalo ampe ngomel2in mereka. Apalagi sebenernya barang2 tadi emang mereka yang beliin. Termasuk sepatu gue yang akhirnya dibuang itu. Tapi pantes2 aja kalo gue gitu, kan? (mencaripembenaran.com)

Dan ya, itulah kehilangan sepatu gue yang pertama kalinya sebelum kehilangan sepatu yang di gym itu. Sepatu yang hilang di gym ini juga punya memori khusus kaya sepatu yang dibuang nyokap itu. Sepatu berwarna coklat yang merknya berlogo huruf A ini gue beli sendiri. Tapi itu pas gue masih SMU juga. Saat itu gue nyobain ngumpulin duit. Ditambah, gue juga mau kurus. So, uang jajan yang dikasih nyokap tiap hari hanya untuk beli makanan aja kalo lagi disekolah. Bukan untuk naik angkot juga. Tapi kalo gue les mau ga mau tetep naik angkot sih, hehe.. kan jauh. Dan berkat jalan kaki tiap berangkat dan pulang itu, bukan hanya sepatu aja yang akhirnya bisa kebeli, tapi berat badan gue turun 8 kg. Hahaha.. aku berhasiiill…!!

Dan ternyata, sepatu ini emang kalo dipikir2 emang berhubungan dengan turun berat badan. Pas mau belinya aja gue ampe bisa turun 8 kg, nah pas gue pake latihan itu, berat gue turun 11 kg. Wehehehe.. Bener2 penurunan berat badan yang terbanyak buat gue.

antara 74 ke 63

Ya, entah karena emang gue latihan aja atau karena gue juga baru aja mengalami hal buruk dalam hidup gue saat itu makanya bisa gitu. Karena sebulan sebelum gue masuk gym, gue baru aja ‘bubar jalan - mundur teratur’ (Hahaha.. istilahnya!). Itu tepatnya pas September 2006. Dan gue masih dalam pemikiran atau pola pikir kalo-putus-berarti-sedih-dan-stress. Jadi maksudnya kalo tiap putus, gue mikir hal itulah yang emang harus dilakukan. Bersedih2 lah, stress lah. Makan aja gue males. Rasanya gue ga laper2. Gue inget waktu baru putus itu pas sehari sebelum bulan puasa. Jadi selama puasa, gue ngerasain yang namanya sedih. Sebulan penuh. Dan seringnya nih, gue buka puasa dengan makan yg cuma sedikit. Malahan pernah hanya dengan makan lontong satu aja. Dan ga makan apa2 lagi sampe sahur. Pas juga sih kalo dipikirin. Pas puasa, gue ga ngerasa kelaperan. Karena emang gue ga ada kepengen makan. Bahkan sampe buka.

Tapi payah banget ya ampe gitu2 amat? Dan ini juga makanya sampe gini ga lain dan ga bukan karena orang yang jadi temen gue dari jaman SMU dan sangat deket ama gue jadi penghianat. Ya.., putusnya gue kan ada sangkut pautnya ama dia. Ternyata, seseorang yang disebut sebagai teman terdekat gue inilah yang makan gue.. Padahal dia itu deket banget ama gue. Ya, dia ga ngaku sih waktu itu. Tapi gue curiga. Dan gue mikirin ituuuuuu terus. Gue juga nanya2in terus. Walau ga ngaku, tapi entah kenapa gue merasa kecurigaan gue itu bener. Ditambah gue pernah ngeliat nama ‘ex’ gue itu ada di hp ‘sohib’ gue itu, tapi diset as reminder di feature kalendernya, pas tanggal ultahnya.

Jadi gue dapet hal yang menyakitkan itu (halah, menyakitkan!), dari dua orang sekaligus! Dan dibulan Juni atau Juli 2007, dia ngaku sendiri. Dan kecurigaan gue emang beneeeerr semua. Dan yang salah dari kecurigaan gue itu cuma satu, yaitu ternyata ‘sohib’ gue itu udah affair sama ‘bekas’ gue itu sejak sebelum gue putus. Jadi kirain gue, mereka affair setelah gue putus, alias ‘sohib’ gue ngengantiin gue. Tapi malah sebelum gue putus.

Dan ngakunya itu juga pas gue udah jadian lagi (sama orang lain tentunya) en udah putus lagi.

Eniwe, pertama-tama si ‘ex’ gue itu yang ngaku duluan. Nah, baru si ‘sohib’ gue itu. Udah basi banget ya, ngakunya setelah berbulan2 kemudian. Tapi gue seneng banget dapet pengakuan kaya gitu. Gimana engga, gue emang pengen banget nyingkirin ‘sohib’ gue itu udah dari lama. And trust me, gejala ‘suka makan’-nya itu udah keliatan dari dulu2. Cuma gue tetep mikir kalo dia bisa gue percaya sebenernya. Dan kalo mau nyingkirin juga gimana caranya? Bingung juga kan? Masa mau tiba2 ‘ngusir’?

Dan pas dia ngaku, ya udah langsung aja.. “hahaha.. inilah moment yang gue tunggu2..!! GET THE HELL OUT OF MY LIFE!!”

Ya, kalo di satuin penyebabnya banyak jadinya. Yaa.. puasa, ga mau makan, dan akhirnya nge-gym. 11 kg. Hehehe.. Well, buat gue sih udah rekor hahahaha..

Tapi percayalah, ga ada kesedihan yang muncul!

Eniwe, gue udah ganti pikiran tolol gue itu yang kalo-putus-berarti-sedih-dan-stress, karena udah ga bisa dipake. Karena gue rasa itu tolol. SANGAT TOLOL!!! Yang ada adalah kalo-putus-ya-sudahlah. Hahahaha.. itu makanya gue ga sedih pas putus ama orang yang setelah si ‘ex’ gue itu.

Dan ya, itulah yang terjadi. Emang kalo kita terlalu sayang ama barang katanya jadinya barang itu malah ngilang. Ya, biasa aja lah. Begitu juga sayang ama orang. Gitu bukan?

Dan sebaiknya kita tetep menjaga barang2 yang sekiranya punya sentimental value buat kita. Tapi bijaksanalah utk itu. Karena kita harus bisa membedakan dimana benda yang punya sentimental value yang hanya bikin kita ‘ga kemana2’, atau benda yang punya memori indah saja. Dan mungkin hilangnya kedua sepatu itu adalah karena dua sepatu itu termasuk yang pertama. Ya, gue udah merelakannya kok.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Itu sepatu mungkin udah jadi areng...kekekekeh...(kabuuurrr....)

Anonim mengatakan...

siyalaaannn looo, kopsus!!!

Anonim mengatakan...

males emang penyakit semua orang mas... kekekekekkk