18 Februari 2008

Nonton Sinetron

Tiap hari kalo dirumah, nyokap gue selalu setia didepan tv. Mau kerjaan apa yang lagi beliau kerjain, beliau selalu ngerjainnya didepan tv. Bikin kue, makan malem bareng bokap, dsb. Tv udah bener2 jadi benda favorit nyokap gue. Dan yang jadi tontonannya adalah ga lain dan ga bukan, sinetron.

Ga bisa disalahin juga kalo nyokap gue tiap hari dengan setianya nontonin sinetron. Lha abisnya acaranya sinetron semua. Kalopun ada acara yang lain di channel lain, tetep aja beliau ga peduli. Soalnya sinetron2 itu kan bersambung. Jadi ga boleh ketinggalan satu episode-pun. Parahnya lagi, nyokap gue kalo nonton sinetron bisa sekaligus dua malah sampe tiga sinetron. Jadi maksudnya kalo di channel A ada sinetron yang cerita ttg cewe gila, di channel B ada sinetron yang cerita ttg cewe cupu, dan di channel C ada sinetron yang ceritanya apa gitu, ama nyokap gue ditonton berbarengan. Dan gue yakin, selain para pemilik stasiun tv, perusahaan advertising, dan perusahaan yang produknya diiklanin, nyokap gue lah yang paling demen ama adanya iklan ditv. Cuma bedanya bukan buat diliat, tapi merupakan kesempatan untuk ganti ke channel lain yang sinetronnya beliau ikutin juga. Nah, dengan begitu dua sampe tiga sinetron itu kan bisa barengan ditonton. Yaa, kelewat2 dikit ga papalah. “Haha.., untung ada iklan”, gitu kali kata nyokap gue.

Dan kesiannya adalah bokap gue. Bokap gue itu ga doyan ama sinetron. Tapi beliau paling hobi ama acara yang hewan2 gitu. Kalo jamannya TVRI, namanya Flora dan Fauna. Tapi beliau harus nonton sinetron juga jadinya gara2 nyokap gue. Soalnya tv emang ada satu. Ada dua sih.., hehehe.. Cuma yang satu kan punya gue sendiri. Hehehe.., jadinya gue taro dikamar gue.

Eniwe, bukannya pelit kalo gue ga mau share tv gue. Tapi gue kan maunya nonton dikamar. Kan enak tuh (mencaripembenaranlagi.com).

Nah, dari sinetron2 yang kadang gue juga suka liat itu gue suka nemuin hal2 yang kayanya ga ada atau ga terjadi di Negara kita ini. Misalnya sinetron remaja, atau juga sinetron yang pemain2nya terlalu ABG deh. Disitu suka ada cerita ttg anak yang cupu. Ini istilah yg JUJUR gue dapet dari sinetron. Yang disinyalir merupakan bahasa anak sekolahan jaman sekarang. Gue kan udah ga sekolaaahh.. jadi ga tau. Nah, buat lo lo yang seangkatan ama gue alias yang ga ngerti artinya cupu, baiklah saya jelaskan. Cupu itu artinya culun. Ga keren. Katro. Ga gaul. Ga banget deh (hehehe.. ABG lagi gue ya?).

Anak2 yang cupu ini digambarkan dengan keadaan fisik make kacamata yg frame-nya tebel, warnanya frame-nya hitam, berkawat gigi, rambut belah tengah. Untuk yang cewe2nya, biasanya rambutnya dikepang dua, atau dikuncir dua. Dengan make baju yg kancingnya sampe keatas banget. Atau sampe kekerahnya.

Nah, coba kita bandingin ama kehidupan sehari2. EMANG ADA YANG KESEKOLAH DANDANANNYA KAYA GITUUUU????? Sangat mengada-ada!!

Anak2 cupu kalo di Indonesia itu biasanya kalo yang cowo2 itu bisa aja yang rambutnya belah samping. Malahan mungkin lebih banyak yang belah samping yang dibilang cupu. Rambut2 belah samping standar lah. Trus mereka biasanya make celana kalo yang SMU, makin kebawah, makin ciut. Atau model2 baggy gitu. Walaupun sekarang model gini justru lagi trend dan dianggap keren. Trus ada juga yang make celananya tuh ngatung. Jadi ga sampe nutupin sebagian sepatu. Dan ya, ga ketinggalan, sepatu. Biasanya yang dianggap cupu kalo disini itu yang sepatunya ga bermerk. Merk-nya odong2. Abal2. Ga jelas. Hahaha… Atau merk yang bukan merk mahal juga.

Kalo make kacamata, umumnya emang iya. Tapi kalo kacamatanya ber-frame tebel dan hitam gitu sih malah dipake ama anak band. Mana ada anak band dianggap cupu? Dan lagi yang berkacamata kan ga juga lantas cupu. Soalnya banyak yg cupu2 tapi ga berkacamata juga.

Trus berkawat gigi adalah yang paling mengada-ada. Mana ada disini yang make kawat gigi itu malah dianggap cupu? Lha kawat gigi aja mahal!! Malahan sebaliknya, yang make kawat gigi itu justru yang dianggap keren. Ada juga yang maksain make kawat gigi malah, padahal giginya ga jelek2 bgt. Ya, ini sih ga lain dan ga bukan, seperti yang kita tau, disini makin mahal barang2 yang dipake, makin dianggap keren lah orang itu. Tau sendiri kaan??

Trus satu lagi, make baju yang dikancingin sampe ke kerah? Adooouuhh.., mana ada yang kaya gitu?? Secupu2nya, sekatro2nya, kayanya ga gitu2 amat deh.

Nah, sebenernya para pembuat sinetron itu ngeliat dimana sih? Observasinya dimana, gitu? Standarnya itu ngarah kemana sih? Kalo di Indonesia ya bukan yang begitu. Kalo diluar negri, mungkin baru yang kaya gitu! Tapi ini kan bikin yang ceritanya di Indonesia. Ngacoo banget!

Udah gitu ada lagi yang ga mungkin banget ada disini. Misalnya ada anak yang kurang mampu tapi bisa sekolah ditempat yang mahal. Bonafid, kalo minjem bahasa orang2 dulu. Anak ini akhirnya kalo disekolah cuma jadi bahan hinaan karena kemiskinannya itu. Emang sih di Negara kita ini yang miskin umumnya ga dianggep, tapi ga sampe dihina2 didepan umum, dibenci, dipukulin, dimacem2in hanya karena dia miskin. Dikata2in gembel lah, dikerjain dengan disekap digudang lah. Ah, ngarang banget!! Nah, kalo yang ini bukan hanya di sinetron. Film layar lebar juga pernah ada yang kaya gini.

Terus ada juga yang misalnya ceritanya masih seputar sekolah atau juga kampus. Nah, disekolah atau juga kampus itu ada satu cowo yang bikin tergila2 semua cewe2 disatu sekolah atau kampus itu. Ada yang berebutan sampe berantem2 dsb. Kayanya lagi2, ga gitu2 amat kan? Dari ratusan murid atau mahasiswa disitu, masa iya sih cuma satu cowo yang bikin cewe2 tergila2? Pasti lebih dari satu laah.. Sekolah atau kampusnya muridnya2 jelek2 kayanya tuh. Hadoohh.. sekali lagi, standar mana sih yang dipake??

Belum lagi yang ga ketinggalan adalah hobi ngomong sendiri. Jadi maksudnya para pemain itu suka digambarkan atau ada adegan yang dia lagi ngomong sendiri.

Mungkin kalo yang namanya ngomong sendiri sih ga dimana-mana, ga di Indonesia atau diluar negri ada aja yang suka begitu. Tapi ini beda. Jadi ngomong sendirinya tuh dengan gaya yang rata2 sama. Dengan alis yang diangkat2 sebelah, mata melotot2 lalu mengecil tajam dan melotot lagi, dengan kepala yang digoyang2in naik turun, trus ngomong deh : “aku akan menuntut balas, dasar perempuan murahan!” atau, “kau lihat saja nanti pembalasan akan kau dapatkan, dasar iblis betina”. Adegan kaya gini sama sekali ga bikin ngeri yang nonton, paling engga gue. Tapi malah bikin ketawa. Huahahahaha..

Dan dari make-up ga usah diheranin lagi. Dirumah aja kaya mau kemana. Adegan sholat tapi make eye shadow. Huhuhu.. kenapa make-up kok ga disesuaikan ama adegan atau cerita sih? Dan suka ada aja yang make wig kalo adegan dirumah. Kalo emang make wig itu ceritanya sbg rambut aslinya sih ga papa. Tapi sebagai wig alias dia ganti2 ditiap scene, malah ada adegan si aktor mencopot wig-nya. Aduuhh.. bodoh banget siih..!!

Dan yang bikin pengen ketawa sekaligus kesel adalah adegan marah. Udah matanya kaya yang gue bilang diatas, kepalanya juga, sang actor juga sering banget kaya orang sesak nafas. Atau baru lari berkilo2 meter. Ngos2an gitu. Huahahaha.. bikin yang nonton jadi bingung harus bereaksi gimana2.. hahaha.. nah, marah2 model begini kan marahnya sapi atau banteng atau kebo difilm2 kartun ya? Apa maksudnya sang pembuat sinetron itu kalo orang (Indonesia), kalo marah kaya sapi, banteng, dan kebo? Hiiy.. serem amat, ya? Kenapa ga ada adegan nyeruduk aja sekalian?

Hmm, kenapa sinetron2 ga dibikin dengan bagus aja ya? Atau standar bagusnya para pembuat sinetron itu lebih dibenerin lagi. Baik sang sutradara, maupun produser. Liat2 sekitar gitu lah paling engga. Kan sayang kalo hampir keseluruhan sinetron kita isinya begitu2 melulu. Kesannya tv tuh tempat sampah aja. Gue yakin banget kok kalo para pembuat sinetron itu tau caranya bikin sinetron yang bagus. Hanya mungkin mereka ga mau. Hmm, ga tau juga.

Tapi gue ga lantas bilang kalo semua sinetron itu jelek ya. ada beberapa atau bahkan banyak sinetron2 bagus yang pernah gue liat, gue tonton, gue ikutin, dan akhirnya malah terkesan. Sinetron Keluarga Cemara, tapi yang dulu2. Yang awal2. dengan cerita yang sederhana aja, simple2 aja. Tapi ditontonnya enak banget. Nyaman, jenaka, kadang menyentuh. Tapi sinetron ini udah ga ada. Eniwe, sinetron ini juga ada jeleknya. Terutama pas udah terakhir2. Ceritanya udah ga simple lagi. Malah jadi ga enak nontonnya. Terus gue juga pernah nonton sinetron Cinta. Pemerannya Dessy Ratnasari, Primus Yustisio, en Atalarik. Itu sekitar tahun 1999. Ceritanya diangkat dari novel Mira W. Ceritanya bagus, pemainnya aktingnya bagus2 (malah mungkin satu2nya sinetronnya Primus yang bagus diantara sinetron2nya dia yang ancur2an), ga bertele2, singkat, padat. Hanya 26 episode. Gambarnya juga bagus. Warna2 disinetron ini kayanya beda lah, untuk ukuran sinetron diwaktu itu. (Yaa, ini kan sudut pandang awam ya.. gue kan ga paham2 banget soal teknis film). Ada juga, Tiga Perempuan. Pemainnya Christine Hakim, Vira Yuniar, dan Ade Irawan. Trus, Bukan Perempuan Biasa. dan ada satu lagi yang sayangnya gue lupa judulnya, pokonya pemeran utamanya Jenny Rachman. Yang ceritanya ttg cewe yang dipaksa jadi pelacur yang disekap ama penjajah Jepang. Ada Becky Tumewu tuh main disitu. Dan masih banyak judul2 lainnya yang sebenernya bagus2. Kalo sinetron sekarang yang bagus biasanya yang jadi FTV. Yang suka ditayangin ANteve. Dan mungkin DTK, yang ada Dian Sastro-nya itu mau ada lagi? Ah.., mudah2an aja.

Yah, begitulah. Bukan hanya banyak produksi sinetron yang seharusnya jadi sinetron drama, tapi jatuhnya malah komedi. Ya, komedinya ada gara2 liat kebodohan2 yang ditampilin disitu. Hahaha..

Walau gitu gue ga bilang para penonton sinetron2 itu bodoh lho yaa.. karena gue tau, mereka pasti nyadar kalo yang diliatnya ga beres. Tapi ya, siapa peduli? Toh ga usah pusing2 amat. Yang penting bisa nemenin makan malam, bikin2 kue, dan lain sebagainya kaya yang nyokap-bokap gue lakuin (sayang ya, imej sinetron jadi begitu..). Walau pada akhirnya suka keasikan dengan ga mau ketinggalan episodenya sih. Tapi ga jarang, justru mereka lah yang jadi ‘tontonan’ oleh sinetron2 itu. Karena dengan adegan yang kaya apa pun, judul yang bagaimanapun dan di channel manapun, nyokap-bokap gue malah keseringan tidur pas lagi nonton. Zzzzz….zzzzz….zzzzz….

6 komentar:

Aca Wahyu Bangkit mengatakan...

wah,kalo nyokap gw si ga suka sinetron.malah ade2 betina gue yang demen..
pdhl isinya sinetron kan ga mutu bgt
mending ntn flora dan fauna ya
apalagi pas liat adegan kutu lagi kawin
=P

Unee.Adisti mengatakan...

hahahaha..sinetron "cinta". Apakah ini terinspirasi dari pembicaraan kita di telepun sampe henpun gue lobet kemaren malem itu,je ??..

* sayup2 terdengar lagu Titi DJ - Bahasa Kalbu di kejauhan *

TJ mengatakan...

ini udah kutulis sebelum kita tielpun2an, cintakuwwhh..

Bunda mengatakan...

Hallo Tj, thank u banget nih dah mau mampir n' mengoreksi tulisan yang ada di blog gubuk-kami. Nanti akan dibenarin, thanks ya atas masukannya.

Btw, salam kenal nih dari kita.....

Anonim mengatakan...

judulnya bukan 'nonton sinetron' tapi 'persinetronan indonesia'
soalnya judul sama isi ga sinkron!
hi..hi..hi..
kritik membangun nih!!


"IN"

Anonim mengatakan...

I hate sinetron too

banyak hal terlalu dipaksakan, pa lagi sinetron bajakan...asal maen tabrak ajahh..fuihhhh...

sama juga sihh Emak gw dirumah juga demennya nonton ginian. Kalo dah ggitu biasanya gw ngabur ke kamar ...nonton Tipi di kamar ajahh