01 Februari 2008

Flashback dan Banjir

Hey, mo nulis lagi nih. Hmm, btw, seperti yang gue udah tulis di postingan gue sebelumnya di blog gue yang satu ini, gue juga mau nulis hal-hal yang sifatnya diary or daily journal. Bisa dibilang gitulah.


E
niwe, gue lagi ada dikantor sekarang ini. Semua orang pada heboh ama banjir. Ada yang mo pulang barengan ama yang bawa mobil biar gampang karena ga harus repot-repot naek bis yang katanya bakalan kena macet yang disebabkan oleh banjir itu tadi. Ada juga yang udah pulang tapi malah balik lagi kekantor, kaya bos gue Pak Nana. Padahal dia bawa mobil sendiri tuh. Haha.. ga ngaruh juga lah, ngaku-ngaku mo lewat jalan yang anti banjir en anti macet, ujung-ujungnya tetep aja kena dua hal itu. So, gue agak kaget pas tau-tau dia nyengir-nyengir didepan gue yang masih setia ada disini ini.
"Lu masih ada?", katanya.

"Lho, Pak Nana ngapain ada disitu?", jawab gue pake pertanyaan juga.
Yah, hubungan yang baik emang kadang suka bikin kita lupa ama status. Hahaha.., sembarangan aja gitu bahasanya dan attitude-nya. Tapi gue sih tetep hormat dooonnnk..!!


Eniwe, gue jadi inget tahun lalu, 2007, gue kebanjiran. Banjir tahun lalu tuh paraah banget. Bayangin aja (ga usah sih, cuma biar heboh aja nyuruh-nyuruh bayangin), banjir tahun lalu tuh dirumah gue se-ventilasi pintu rumah gue. Atau tepatnya kurang lebih hampir 2 meter. Dan itu lebih parah dari tahun 2002 yang gue pikir tadinya lebih menghebohkan itu. Ditahun 2002 tingginya emang segitu juga. Cuma hanya satu hari. Besoknya langsung surut. Walau ga surut-surut banget. Bisa dibilang akhirnya surut jadi cuma sedada, sepinggang, dan seterusnya. (hiiy.., tetep aja sih ya serem?). Nah, kalo banjir yang tahun kemaren itu, udah setinggi itu, lama pula surutnya. Kalo yang tahun 2002 itu surut dan bertahan banjirnya dengan perlahan-lahan surut, kalo yang ini beda. Banjir nyeremin itu tetep bertahan dengan ketinggian segitu selama seminggu! Gue, yang emang dirumah tuh tinggal bertiga aja alias gue-nyokap-bokap, karena kaka-kaka gue udah pada merit en misah, harus nangkring aja dilantai 2. Listrik tentunya mati. Gileee.. bosen banget kan? Kita ga bisa nonton tv, kegelapan kalo malem, dsb. Ditambah telpon rumah gue juga mengandalkan listrik baru bisa nyala. So, we lost communication pula. Dan satu-satunya alat komunikasi yang kita bisa andalkan cuma hp gue aja. Itupun akhirnya mati karena lowbatt! Huhuhu.. menyedihkan.


Dan yang paling lebih menyedihkan lagi adalah kita keabisan makanan!! Ga ada lagi makanan yang bisa kita makan. Sementara untuk beli makanan kita ga bisa. Karena banjir dengan ketinggian segitu ga mungkin banget kita keluar rumah. Untungnya, ada tetangga gue yang bisa berenang. Atau tepatnya berenang dengan nekad. Dua meteran, cuy!! (Idih.. 'cuy'??). So, kita nitip aja ama dia kalo emang dia mau beraksi.


Tapi rasa beruntung itu ga bertahan lama. Karena ada satu masalah lagi yang dateng. Ternyata ee ternyata, bokap gue udah ga punya duit lagi!! Duit bokap gue tuh ada dilantai bawah yang emang ga sempet keambil waktu beres-beres pas awal banjir itu naik. Bokap gue pikir banjir tuh ga bakalan segede itu. Jadi dia tenang-tenang aja ga ngeberesin duit yang ada di laci lemari yang letaknya dia pikir cukup tinggi untuk banjir sampe kesitu. Walau pada akhirnya pas banjir duit itu emang ga kemana-mana. Kan dalem laci.


Kita bertiga malah ketawa-tawa pas nyadar ini. Kok ya, bisa gini yaaa?? Kayanya baru seumur-umur kita lupa ama yang namanya duit. Hahaha.. Dan alhamdulillah, gue punya duit. Karena kamar gue itu kan dilantai 2. So, untuk itu dipakelah duit gue untuk beli makanan yang tentunya menggunakan jasa tetangga gue yang jago renang gaya nekad itu. Dan ini untuk pertama kalinya gue merasakan yang namanya keabisan makanan dalam hidup gue. So, kalo lo merasa hidup lo menyedihkan, berpikirlah lagi, kalo lo ga pernah kelaparan hidup lo jauh lebih baik dari mereka yang ga bisa makan. At list, itulah yang terpikir oleh gue saat itu dan sampe sekarang.


Setelah beberapa hari, kita udah mulai ga tahan. Bukan hanya bete lagi, tapi ga tahan!! Kita pengen banget keluar dari rumah. Atau tepatnya rumah yang udah kejebak air berwarna coklat-coklat ga jelas itu. Oh iya satu hal yang paling bikin kita sangat pengen keluar antara lain adalah bau minyak tanah yang menyengat yang berasal dari drum minyak tanah punya bokap gue yang tumpah, yang ikut-ikutan ngebanjirin lantai satu dirumah gue. Minyak tanah? Iya, bokap gue tuh suka punya kerjaan yang sebenernya bisa dibilang musiman. Angot-angotan. Sejak dia pensiun, ada ada yang dia kerjain untuk ngisi hari-hari pensiunnya. Dan kali itu, dia suka jual minyak tanah. Hahahaha.. ga ngerti deh bokap tuh. Percayalah, dia bukan buka usaha. Tapi hobi. Ya bisa dibilang gitu lah. Karena kalo untuk pemasukan kita sebenernya mengandalkan uang pensiunan bokap yang yang lumayanlah. Eniwe, sebelumnya juga pernah jual burung perkutut. Terus apalagi ya? Ada lah, yang lain-lainnya. Dan saat ini bokap gue udah ga ngelakuin apa-apa lagi selain nyantai-nyantai dan bermain-main setiap hari ama ponakan gue yang dititipin dirumah selama orang tuanya kerja, si Rafif. Dan entah kenapa emang kalo misalnya bokap ga melakukan apa-apa, katanya malah sakit badannya. Begitu juga nyokap. Nyokap gue tuh sejak dia juga pensiun sekitar tahun 2001, suka sakit-sakitan. Ya karena diem aja gitu. nyokap malah sebenernya udah suka kerja dari dia masih kecil. Sekolah juga, kerja-kerja gitu juga. Dan akhirnya dia kerja diperusahaan Jepang selama 3o tahun. Lama banget yaa?? Dan tiba-tiba pas tahun 2001, dia harus dirumah. Wah.., badannya pada kaget kali ya ga digerakin. Makanya nyokap jadi suka bikin-bikin kue. Kadang juga suka nerima pesenan. Seringnya sih buat makan sendiri. Ga heran kalo keluarga kita bodinya lumayan lebar-lebar. Hahaha.. tapi ya tetep.. mereka berdua emang lebih banyak ngabisin waktu untuk jagain si Rafif.

Tetangga gue yang telpon rumahnya berfungsi udah menghubungi tim SAR. Tapi tim yang kita harapkan untuk jadi pahlawan kita itu ternyata ga seindah kalo diberita-berita. Mereka ga mau masuk kedaerah rumah gue. Alasannya arusnya terlalu deres. Ya, rumah gue emang deket ama sungai. Jadi entah mereka takut kebawa atau apa gitu. Jadi kita heran doang bisanya. Kita pikir, bukannya mereka emang kerjaannya itu? Bukannya mereka dipilih untuk kerja kaya gitu karena mereka emang jagoan dibidang itu? Ah, ga oke!

So, akhirnya yang emang jadi para pahlawan buat kita ga lain dan ga bukan adalah para pemuda tetangga gue sendiri yang mengevakuasi kita semua. Mereka dengan kreatifnya bikin jalan lewat genteng-genteng atau atap rumah warga sekitar. Dan satu hal yang ga pernah gue lupain dari mereka adalah mereka ngasih nasi padang tiga bungkus buat gue, bokap, en nyokap pas kita masih terperangkap gitu. Gue inget setelah manggil-manggil gue, yang gue sempet bingung dari arah mana suara itu, tau-tau tangan salah satu dari mereka nongol dari atas genteng gue sementara gue nerima tangan yang megang nasi padang tiga bungkus itu dari bawahnya. Thank u, guys! Y’all the best!

Dan dihari itu petualangan itu dimulai. Pertama-tama gue harus lewat ‘jembatan’ yang terbuat dari tangga yang terbuat dari bambu, yang menghubungi teras lantai dua rumah gue ke atap rumah tetangga gue. Tentunya berkat ke-kreatif-an mereka, ga ada genteng yang sembarangan kita injek-injek atau mengakibatkan pecah-pecah gitu. Soalnya mereka udah nyiapin sedemikian rupa agar kalo kita injek tuh kuat. Ya, dengan dikasih alas papan dan sebagainya.

Tetangga gue yang pasangan orangtua juga ikut dievakuasi. Eyang, begitu biasa kita manggil, bikin kita kesian. Terutama eyang yang cewe. Dia udah sakit-sakitan.

Dari atap-atap rumah yang gue lewatin sebagai jalan darurat itu, gue bisa liat kalo banjir itu emang ngeri banget. Arusnya kenceng. Bayangin kalo tiba-tiba kita lepas pegangan dan jatuh? God!

Sampelah kita ditempat yang sekiranya lebih tinggi datarannya dibanding disekitar rumah kita tadi. Atau tepatnya dari jalan-jalan diatas atap tetangga-tetangga itu kita berhenti disebuah ruko. Kita langsung masuk ke lantai 2 ruko itu lewat jendela yang emang sengaja dibuka. Dan sipemilik ruko itu emang baik banget, mau nampung kita. Kita akhirnya turun lantai dua ruko itu. Setelah pamitan dan cium tangan sama eyang yang ga tau mau kemana setelah sampe situ, gue-bokap-nyokap melanjutkan ‘petualangan’ itu untuk sampe kerumah kaka gue yang cewe. Oh iya, suaminya ikut ngebantu evakuasi itu. Dia salah satu dari para pahlawan-pahlawan itu. Thanks, bro!

Kita akhirnya nerusin untuk sampe kerumah kaka gue, dibantu ama suami kaka gue itu. Dari jalan didepan ruko yang tinggi airnya ga taunya seleher kita maksain diri untuk jalan. Gue ngeliat nyokap gue berusaha sebisanya. Well, diantara kita yang emang paling lemah adalah dia. Kesian deh kalo inget ekspresi mukanya saat itu.

Tadinya kita tuh berharap dari situ kita bakalan dianterin pake perahu ama tim SAR itu. Paling engga, walau engga mengevakuasi kita dari rumah, dari situ aja deh. Ga papa kok. Tapi teteeepp.. engga gitu tuh kejadiannya. Kita malah nekad sok-sok jalan semi berenang. Mau gimana lagi?? Eniwe, gue ga nyalahin tim SAR apa-apa lho ya. Toh pada dasarnya gue juga ga tau apa yang ada dalam pikiran mereka sebenarnya. Maaf ya tim SAR.. piss!!

Sampelah kita didataran yang ga kena banjir samasekali. Disitu ada banyak banget orang. Ada yang korban banjir yang berhasil dievakuasi, ada yang cuma mau liat-liat aja, ada juga yang nungguin korban banjir yang terevakuasi kaya kaka gue. Disitu dia langsung nyambut kita dengan air mata. Tiba-tiba rasa haru itu ada. Kaka gue nangis sambil meluk nyokap dan bokap gue. Sementara gue hanya bisa diem dan terpaksa tersenyum karena ga mau ikut-ikutan nangis. Gue tahan sebisa mungkin.

Dan sampelah kita dirumah kaka gue itu. Untuk beberapa hari kita nginep disitu. Walau sebenernya ternyata nginep dirumahnya ga senyaman yang kita bayangkan. Karena kita bukan satu-satunya yang ngungsi disitu. Kaka gue yang cowo, yang kaka-nya kaka gue yang cewe ini, juga ada disitu. Ngungsi. Rumah kaka gue yang cewe ini ga sebesar itu untuk menampung kita semua. Mana kaka gue yang cowo tuh punya tiga orang anak yang masih kecil. Dan yang terkecil masih balita. Ditambah beberapa hari kemudian kaka gue yang cowo itu jadi bermasalah dengan kaka gue yang cewe. Yang satu punya kebiasaan yang sangat ga sreg sama yang lainnya. Gue benci keadaan begitu. Kita semua lagi susah kenapa harus berantem?

Hmm, eniwe ada seseorang yang bisa bikin gue merasa jauh lebih nyaman dengan keadaan yang lagi kaya gitu saat itu. Gue sempet juga nginep dirumahnya sehari saat itu. Dia yang bikin gue bersemangat untuk keluar dari rumah. Ya, untuk ketemu dia. Selama gue terperangkap dirumah, yang ada dalam pikiran gue selalu dia. Apapun yang terjadi, semuanya jadi ga terlalu buruk. Thanks, B.

Dan setelah beberapa hari kita ngungsi dirumah kaka gue itu, akhirnya kita balik kerumah. Keadaan banjir dirumah sebenernya belum surut-surut banget. Tapi ga masalah. Paling engga, home sweet home laah.. hehe..

Dan akhirnya banjir bener-bener surut. Tapi sampe beberapa minggu kita belum nurun-nurunin barang-barang yang terangkut kelantai dua. Kita takut kalo-kalo banjirnya bakalan dateng lagi. Lagipula, udara dilantai satu lembab banget. Ga enak kalo emang harus ada disana. Tembok-tembok masih basah. Dan warna temboknya tuh adooouuh… ga jelas. Antar coklat, merah, biru (warna tembok gue emang cetnya biru). Intinya emang ga enak diliat.

Ya, begitulah flashback gue ttg yang terjadi, yang mungkin tepat pada tanggal ini ditahun lalu. Gue juga ga terlalu inget sih. Dan walau orang itu bukan orang yang posisinya ‘disini’ lagi, gue ga bakalan lupa sama bantuannya. Begitu juga bantuan-bantuan pahlawan-pahlawan pemuda warga sekitar rumah gue itu.

Hmm, mudah-mudahan banjir tahun ini ga separah tahun-tahun lalu. Dan banjir itu mudah-mudahan ga ada istilah ‘banjir tahun ini’. Kesannya banjir kok tradisi ya? Dan sekarang udah pukul stengah 11 malem, gue masih disini. Begitu juga bos gue, dan beberapa orang temen gue. Entah kapan kita mau pulang. Hahaha.. mentertawakan kekesalan kadang adalah hal yang terbaik utk merasakannya agar ga seburuk itu. Kaya nyokap gue, bokap gue, dan gue sendiri setahun lalu saat duit kita lupa kebawa kelantai dua, padahal kita lagi kelaperan.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Lho...kena banjir juga bang...
gw juga tuh mengalami banjir yang 5 tahun sekali itu...
Beteee aje yehhhh
gw harus move on kerumah gw yg pd.gede
Gilingan jauh gila booooo'''
subuh2 orang masih tidur gw udah rapih jalan kekantor...

Mana tahannnn klo banjir...

Tjiehhhh yg jadi pahlawan....
Uhuyyyy sering2 dong mampir kerumah eike klo pas banjir, lumayan kan bantuin angkat tipi gituh...

hehehehehehe

Anonim mengatakan...

Lho...kena banjir juga bang...
gw juga tuh mengalami banjir yang 5 tahun sekali itu...
Beteee aje yehhhh
gw harus move on kerumah gw yg pd.gede
Gilingan jauh gila booooo'''
subuh2 orang masih tidur gw udah rapih jalan kekantor...

Mana tahannnn klo banjir...

Tjiehhhh yg jadi pahlawan....
Uhuyyyy sering2 dong mampir kerumah eike klo pas banjir, lumayan kan bantuin angkat tipi gituh...

hehehehehehe