21 April 2008

Makanan Lalapan Dalam Keluarga Besar

Siang ini acara makan siang agak beda dari biasanya. Kalo biasanya gue makan siang selalu dikantin kantor, kali ini gue makan siang didalem kantor gue. Dilantai 3, ga turun kekantin. Well, yg sebenernya beda bukannya itunya, tapi apa yang gue makan. Tadi itu, gue makan lalapan. Hmm, iya! Lalapan! Ada lalap labu, wortel, kol, terong, dsb yang kesemuanya itu dikukus dulu. Dan makannya pake sambel. Wuiih enak. Hahaha..
Sebenernya makan kaya gitu biasa banget ya? Sederhana banget. Ga keren bahkan. Ga kaya makan ala luar negeri yang jaman gue masih kecil gue anggap sangat bergengsi (bodoh sekali ya pikiran anak kecil seperti gue itu?). Tapi makan kaya tadi bener2 ngingetin gue ama setiap kali kita ngadain kumpul2 kalo lagi Lebaran.
Lebaran waktu gue masih kecil itu selalu ngumpul2 sekeluarga besar dari pihak nyokap dirumah nenek dan kakek gue di Bogor. Semua sepupu, mamang, bibi, uwa, dan semua pasti ketemu saat Lebaran dirumah nenek dan kakek gue yang kita panggil Umi dan Abah itu. Biasanya kita ngumpul2 itu di Lebaran hari kedua. Lebaran hari pertama kita biasanya pergi kerumah orang tua atau kakek-nenek dari pihak bokap. Begitu juga ama sepupu2 gue lainnya. Mereka ngabisin Lebaran pertama kerumah kakek-nenek mereka yg bukan dipihak keluarga nyokap gue ini.
Waktu itu kalo Lebaran pertama yang kerumah kakek-nenek pihak bokap, yg biasa kita panggil mbah itu kadang2 kita pake ke Taman Safari juga. Soalnya mbah gue itu rumahnya dipuncak. Rumah yang bisa dibilang villa itu dulu lengkap dan bersiih banget. Banyak tanenam, bunga2an, buah2an. Wah seru! Kalo mau makan buah tinggal metik. Malahan yang serunya ada burung yang bikin sarang diatas pohon yang udah mati.
Dan kalo orang2 pada berenang dikolam renang, kalo dirumah mbah gue beda. Kolam renang itu malah jadi kolam ikan. Jadi gue ama mbah gue yg cowo sering mancing. Hahaha.., penyalah-gunaan fasilitas. Gue juga ga ngerti kenapa kolam itu ga dipake buat kolam renang aja, tapi malah jadi kolam ikan. Gue ga sempet nanya ama mbah gue. Dan kalo dibilang empang kayanya lebih cocok. Soalnya sikolam ini ga bening. Airnya butek. Ada teratainya malah. Dan juga ada kodoknya. Makanya gue ama kodok ga takut. Dan kalo gue mancing biasanya umpannya cuma cacing tanah yang diambil dari tanah taman sekitar kolam yang berubah wujud jadi empang itu.
Biasanya kalo balik dari sana, kita selalu dibawain buah2an hasil metik. Yang paling sering sih nangka. Karena ada pohonnya disitu.
Dan setelah dari situ, Lebaran kedua, atau ga mesti hari kedua sih tapi bisa dua hari setelah nginep dirumah mbah gue, kita kerumah Umi dan Abah, seperti yang gue bilang tadi. Ngumpul2 dan rameee banget. Rumah Umi-Abah ga terlalu gede. Makanya tidurnya umpel2an. Dan dideket rumah Umi-Abah juga ada rumah uwa gue. Biasanya yang ngumpul2 dirumah Umi-Abah para orang tua. Kalo anak2 ngumpulnya dirumah uwa. Praktis kaya gitu, soalnya Umi-Abah ga punya tipi. Hahaha.. anak2 mana mau ga nonton tipi. Apalagi Lebaran kaya gitu. Acara tipi kan banyak yg seru2.
Dan siangnya itu, biasanya kita semua ngumpul rame2, untuk makan2. Dan yang dimakan ya itu tadi, lalap2an. Ikan asin dsb. Hahaha.. Kadang2 lalap2an itu ada yang mentah, tapi beberapa ada yang direbus atau dikukus dulu.
Kalo udah ngumpul gitu kita suka bercanda2. Bibi gue yang adik nyokap, satu sebelum yang bungsu, yang kayanya paling bahagia kalo lagi ngumpul kaya gitu. Kayanya dia yang paling seneng sama kebersamaan kaya gini. Ya, mungkin semuanya juga, tapi terasa banget kalo dialah orang yang paling bahagia. Paling antusias.
Tapi semua udah lewat. Ga ada lagi acara ngumpul2 kalo Lebaran kaya gitu lagi. Umi-Abah udah meninggal. Abah meninggal tahun 1989, sedang Umi meninggal tahun 1995. Mbah yang cowo juga udah meninggal tahun 1993. Rumah villa itu sekarang bukan punya mereka lagi. Sempet sih ditempatin ama paman gue yang adiknya bokap. Tapi keadaannya buruk banget. Kotooor banget. Rumput2 ga terjaga. Serba kering. Pohon2 mati. Bahkan sering kemalingan. Yang ada gue pernah lewat situ waktu pergi kepuncak ama temen2, rumah itu udah kaya rumah hantu. Persis yang kaya di film2 horor.
Dan rumah Umi-Abah udah dipunyain orang lain juga. Sejak mereka meninggal, rumah itu dijual. Kalo kita lagi ke Bogor, mau kerumah uwa, kita cuma bisa ngeliat rumah dipinggir sungai kecil yang kadang airnya bening itu. Rumah itu bukan punya keluarga kita lagi. Didalemnya udah ga ada Umi-Abah lagi. Entah mengapa rumah itu dijual. Dan beberapa bulan lalu, uwa gue itu juga meninggal setelah sekian tahun menjanda karena suaminya yang abangnya nyokap gue udah meninggal duluan.
Sekarang tinggal mbah gue yang cewe, yang tinggalnya di Rawamangun. Ikut ama adik bokap. Itupun ada satu masalah besar yang terjadi antara keluarga gue ama adik bokap itu, yang buntutnya malah bikin kita ga bisa ketemuan ama mbah tiap Lebaran. Mbah gue sih sering nekad maen kerumah gue, seperti beberapa hari lalu. Dan sebelnya, adik bokap gue itu suka pindah2 tanpa berita. Jadi kita ga tau mbah ada dimana, kecuali beliau muncul sendiri dengan nekadnya kerumah.
Ah, ada apa dengan keluarga besar ini? Kenapa jadi ga karuan ya? Bukan aja kebersamaan yang ada pas lagi moment istimewa kaya Lebaran, keharmonisan juga kayanya ga ada. Ngumpul2 saat Lebaran kan sebenernya bisa aja diciptain sendiri. Toh ga harus ada Umi-Abah kan kalo harus ngumpul2? Toh mbah gue juga ga harus dibawa lari2 ama adik bokap yang nyebelin itu. Ya ampuunn.. (apakah gue juga sedang membuka aib keluarga besar gue dengan menuliskannya disini?). Ada apa dengan semua ini?
Untungnya, alhamdulillah, keluarga gue sendiri sangat harmonis. Maksud gue, antara gue, bokap-nyokap, kakak2, keponakan2. We love each other. We're one happy family! Dan yg gue liat antara keluarga sepupu2 gue juga gitu. Mereka juga hepi. Mereka juga harmonis.
Ibaratnya dari kelompok besar itu, akhirnya memecah menjadi kelompok2 kecil baru yang nantinya juga akan membesar. Sama seperti keluarga besar nyokap dan bokap. Tapi jangan sampe memecah dan ga saling harmonis lagi.
Kelompok besar itu harus tetap ada. Tapi itu mau gue. Apalah yang bisa gue lakuin? Itu hanya mau gue. Kemauan gue.
Terimakasih buat Irill, yang membawa makanan begitu enak meski sederhana. Kesederhanaan yang begitu ngangenin. Yang dulu pernah ada dikeluarga besar gue.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ahh...
gw baca postingan lo yang ini...
terasa sekali hangatnya suatu keluarga..

memang, semakin banyak orang, semakin rentan konflik. tapi namanya keluarga ya tetap keluarga kita :)

nice bro...
kambingoranye