15 Desember 2010

Yudhi, Childhood Memories and The Chronicle of My Design

Gue adalah seorang produser! Hahaha… Ya, itulah gue waktu gue masih SMP. Ya, tentunya bukan produser beneran ya. Meskipun apa yg gue lakukan ya sama juga kaya produser.

Lho? Emangnya apa yg gue lakukan? Kok produser? Waktu SMP pula?!

Hahaha… begini ceritanya, jadi waktu SMP itu gue seneeeng banget bikin2 ya, katakanlah kreasi2 lah. Dari mulai bikin komik, majalah2an, sampe album kaset. Ya kalo komik sih sebenernya udah dari jaman SD, dan masih berlanjut sampe sekarang. Hmm, nanti gue akan ceritain tentang kesukaan gue bikin komik dan komik2 apa aja yg udah pernah gue bikin ya. hehe..

Terus, kalo majalah2an itu sempet bikin 3 kali. Dan sama seperti komik, gue bikin majalah2an itu ya dari SD juga udah bikin. Tapi waktu SMP itulah yg paling jor2an-nya. Dan setelah itu, ga bikin2 lagi. Isinya ya mulai dari cerpen2, yg berupa parodi dari kisah2 atau dongeng2 yg udah terkenal. Misalnya Cinderella, Sleeping Beauty, dan film horror yg sempet tayang di RCTI waktu itu yg sebenernya bisa dikatakan gue ceritakan kembali. Hanya aja, dibuat jadi kocak tentunya. Dan majalah2an ini gue buat waktu gue kelas 1. Oh iya, nama majalahnya adalah ApaSaja Book. Sebenernya saat itu ga kepengen bikin majalah2an (lagi) sih. Tapi karena keenakan, ya jadi deh majalah2an. Sayangnya, majalah2an itu hilang ama temen SMU gue yg sempet minjem! Kalo inget itu gue mendadak bete banget ama temen gue itu!

Nah, selain komik dan majalah2an itu, seperti yg gue bilang diatas, gue juga bikin album kaset! Bukan hanya kaset2 yg isinya lagu2 yg dikompilasikan dari lagu2 yg udah terkenal, tapi juga bikin rekaman sendiri. Dan baik album yg isinya kompilasi lagu2 itu, maupun album rekaman bikinan sendiri, semuanya pake cover kaset bikinan gue. Plus nama atau label rekaman buatan gue. See, I was a producer eh? Hahahaha…

Nama atau label rekaman buatan gue itu adalah CTJJ Productions. Semua hasil karya gue, baik apapun bentuknya, entah itu komik, majalah, album kaset, maupun yg lain2nya, selalu ada label CTJJ Productions. Lengkap dengan copyright dan production-nya yg dilambangkan atau di-icon-kan dengan huruf C dan P dalam lingkaran, plus tahunnya. Jadi kya gini : © + P 1992 CTJJ Productions (yah, ga nemu symbol buat P-nya) ahahaha…

Well, rasanya seneng aja gitu kalo apa yg gue bikin gue kasih label sendiri. Itu sebenernya sama aja kaya kita kasih tanda tangan aja kalo kita abis bikin apa gitu. Misalnya lukisan. Dan dilukisan yg sempet gue bikin pun, gue juga teteeep memberi label itu dibelakang kanvasnya. Hahaha..

So anyway, gue mau cerita tentang salah satu dari hasil produksi label gue itu. yaitu yg terakhir disebutkan diatas, yaitu album rekaman. Sebenernya, yg rekaman itu bukan gue. Melainkan sepupu gue.

Namanya Yudhi. Waktu itu, tahun 1994, dia masih kelas 3 SD. Awalnya sih gara2 gue denger dia nyanyi2. Dan gue pikir kayanya seru kalo dia direkam suaranya saat nyanyi. Ditambah, sebenernya gue hanya ingin ngebantu dia menyimpan suaranya waktu dia kecil. Soalnya, waktu gue kecil, suara gue sempet direkam. Tapi kasetnya rusak. Kusut. Udah gitu dikiiit pula. Nah, kalo si Yudhi ini, mumpung masih kecil, gue buatin deh kaya gitu. ya, mengekspresikan apa yg gue ga bisa dapet sih.

Untuk suara sendiri sebenernya dia ga terlalu bisa nyanyi dengan bener. Masih suka fals. Cuma kalo warna suara, menurut gue yg sepupu gue punya ini bagus. Gue suka warna suaranya. Gue yakin kalo seandainya dilatih dengan bener, suara dia pasti keren banget jadinya.

So, akhirnya gue suruh dia nyanyi dan suaranya gue rekam. Pertama2 asal2an doang. Lalu gue akhirnya nyanyi, dia coba hapalin. Tapi cara kaya gitu lama. Gue maunya cepet jadi. Maka akhirnya kita pake cara paling praktis. Gue nyanyi, lalu tape yg lagi ngerekam itu gue pause. Dan nyanyilah dia. Suara gue ga terekam, tapi suara dia yg terekam. Hasilnya emang sepenuhnya dia yg nyanyi. Walau suara saat gue menekan tombol pause itu kedengeran. ‘jekrek!’ hahahaha…

Semua lagu yg dinyanyiin ga pake musik. Dan lagu2 yg dinyanyiin kebanyakan lagu2 orang yg udah terkenal. Cuma ada 2 lagu yg bikinan sendiri. Well, ga sepenuhnya bikinan sendiri sih. Karena sebenernya itu adalah lagu2 orang yg gue ubah liriknya. Salah satunya adalah lagu dengan judul Yudi. Dari lagunya Mariah Carey. Tapi gue lupa judulnya. Pokonya dari albumnya yg Music Box. Lalu satu lagi, Makan Jengkol. Cerita tentang nenek kita yg doyannya makan jengkol. Diambil dari lagunya Madonna, I’ll Remember.

Jadilah satu kaset. Awalnya ga diniatin buat dibikin cover-nya. Apalagi jadi album2an. Tapi gue iseeeng banget. Gue ambil majalah, gue gunting digambar yg cukup pas untuk background. Gue sambung2in dengan gambar lain. Lalu dibagian2 yg kosong gue isi daftar lagu2nya. Ucapan terima kasih. Tulisan produser, studio, foto dan segala macemnya, yg gue sebut credits. Dan fotonya dibagian paling depan. Foto2nya sebenernya adalah foto2 dia waktu liburan kesini. Seadanya aja. Terus, ditempel sini, tempel sana. Dimasukin gambar lain lagi. Dan segala sesuatunya semirip mungkin dengan cover kaset sungguhan. Dan tentunya label CTJJ Productions yaaa..

Jadilah sebuah album kaset! Album pertama sepupu gue itu! Dan karena itu adalah album pertama, maka judul albumnya adalah Yudi. Ga pake huruf ‘H’ seperti yg seharusnya. Tapi udah keburu ditulis. Hahaha…


'album' pertama, cover dan kasetnya (klik untuk gambar lebih besar).

tampilan ini sebenernya setelah di edit (begitu juga tampilan2 cover2 dibawah)

Lalu, karena ternyata sangat menyenangkan, akhirnya kita lanjutkan. Album ke 2 digarap! Ini ditahun 1995.

Di album kedua itu, kita lebih niat. Kalo dialbum pertama lagu2 yg hasil parodian hanya ada 2, akhirnya gue bikin jadi 9. Plus lagu2 asli ciptaan kita berdua, Resep Baru dan Cancer. Lagu Resep Baru itu isinya tentang masak martabak mie. Itu lho, yg mie instant direbus lalu ditiriskan dan digoreng pake telor. Hehehehe… Terus kalo lagu Cancer itu tentang sifat2 dari seseorang berbintang Cancer, yaitu dia sendiri. Ditambah lagi, adiknya Yudhi, Yuli namanya, ikut nyanyi. Duet gitu! Duet ga sengaja. Karena Yuli masih terlalu kecil, kalo disuruh nyanyi malah ga mau. Nah, pas dia nyanyi2, tanpa dia sadar akhirnya direkam deh. Lalu gue modifikasi sedemikian rupa, dan seadanya tentunya, jadi deh hasilnya seperti duet.

Dan covernya… hmm… niat abis! Saat itu belom era kamera digital. Tapi masih kamera yg biasa itu. Yg pake film. Lalu dicuci, dan dicetak. Nah, gue beli deh satu roll khusus buat foto2 untuk album ini. Hasilnya adalah banyak foto2 yg gaya banget. Ada yg dia jadi Michael Jackson, ada yg dia dikepang2 kecil2, ada yg dia rapih pake jas, trus ada yg dia pake dandanan Drakula, dan masih banyak lagi.

Semua ini kita kerjain sepanjang kita liburan kenaikan kelas. Anyway, selama liburan itu dia nginep dirumah gue. Selalu begitu setiap tahunnya.

Dan rampung deh album ke 2! Judulnya The Dracula. Gara2nya foto paling bagus untuk jadi cover album itu ya fotonya pas jadi Drakula itu. Kayanya cocok kalo buat cover. Dengan lagu sejumlah sekitar 30an, menggunakan kaset dengan pita berdurasi 90 menit. Ya, emang nyanyinya sebentar2 kok. Makanya jadi banyak.

diisi dengan foto2 yg sengaja diambil untuk pembuatan cover album ini

setelah diedit

Tahun berikutnya, 1996, kita sempet rekaman untuk beberapa lagu. Cuma agak kurang semangat. Di Oktober 1995, nenek kita meninggal. Nenek yg tadi gue ceritain diatas, yg gue jadiin lagu Makan Jengkol itu. Bawaannya masih sedih aja gitu. Karena she was sooo close to us. Dia itu tinggalnya dirumah gue waktu itu. Sebenernya kesukaannya makan jengkol itu bukannya saat2 dia udah tua. Tapi waktu dia masih kecil. Dan dia ceritain ke gue. Makanya, jadi deh lirik Makan Jengkol itu.

Dan ditahun 1997, baru deh album selanjutnya itu dikelarin. Lagu2nya kebanyakan yg mellow. Ya, kita berdua mau mengenang nenek kita itu sebenernya. Dan ya, agak serius sih jadinya. Covernya aja simple banget. Ga kaya dua album sebelumnya yg penuh warna. Kali ini gue make kertas warna hitam, terus tinta yg gue pake warna silver. Foto yg ada juga cuma satu. Sementara bagian depannya cuma gambar segitiga. Ya, judul albumnya itu Segitiga. Segitiga itu maksudnya adalah tiga unsur. Yaitu album ketiga, album yg dipersembahkan untuk nenek kita itu, dan album percobaan pake musik yg pertama. Lagu parodi yg gue bikin juga cuma tiga. Ya, ada beberapa lagu yg make musik, walau ga terlalu bagus jadinya.

cover 'album' ketiga dengan dominasi warna hitam

simbol segitiga dan nama yudhi

Di akhir tahun 1998, gue bikin kompilasi dari semua album2nya Yudhi itu. Sebenernya ada dua lagu yg sempet dia nyanyiin dan kita rekam. Cuma liburan saat itu ga kita pake untuk rekaman2. Dan suaranya juga udah mulai berubah. So, album kompilasi itu bukan hanya lagu2 dialbum2 yg sebelum2nya aja, yg gue pilih2 dimana dia nyanyinya bagus2, tapi juga ada dua lagu baru-nya (yg tadi gue bilang sempet direkam). Judul albumnya itu Never Forget – The Best of Yudhi.

Covernya lebih terlihat tenang dan mungkin jadi agak dewasa ya. Mungkin karena gue juga udah SMU waktu itu. Semua jadi beda aja. Gue udah nemu kertas yg cocok buat bikin covernya. Pake art paper. Kalo dulu kan pake kertas majalah, lalu album kedua pake kalender yg kertasnya dibalik lalu di lem satu sama lain, dan dialbum ketiga kebetulan nemu kertas hitam itu ditoko buku. Nah yg keempat udah makin ngerti. Hahahaha…

Anyway, covernya itu warna dasarnya putih. Dengan foto2 Yudhi waktu masih kecil hingga seumur saat itu, yg (masih) ditempel dengan rapih dibeberapa posisi. Ya, emang terlihat lebih kalem jadinya.

penampakan 'album' keempat yg sekaligus album kompilasi dari 3 'album' sebelumnya

setelah diedit

Ditahun 2000, sempet kita berniat untuk bikin album selanjutnya sebenernya. Ada 5 lagu2 yg udah direkam. Salah satunya ada yg duet dengan Yuli, adiknya. Tentu aja, Yuli udah ga malu2 dan takut2 lagi. Selain itu, ada juga yg duet ama gue. Hahahaha… Suara Yudhi udah sangat berubah. Udah bukan suara anak2 lagi. Dan herannya dia ga bisa nyanyi dengan lepas, seperti waktu dia kecil. Seperti pada lagu2 yg sempet direkam untuk album ke 4-nya itu, lagu2 ini dicuekin begitu aja.

Setelah bertahun2 lamanya, tepatnya ditahun 2008, gue dikenalin suatu software oleh temen gue. Software ini bisa masukin suara dari kaset, untuk dijadikan digital. Nah, gue pake deh software ini untuk merekam lagu2nya Yudhi untuk gue jadiin mp3. Awalnya sebenernya sih kepikirannya hanya untuk menjadikan album Never Forget-nya itu dalam bentuk digital aja. Dalam bentuk CD deh. Karena kan yg kemaren udah bentuk kaset. Eh, akhirnya jadi kepikiran untuk bikin album memori aja.

Maka bukan hanya lagu2 dari album terakhirnya dulu itu aja yg gue masukin, tapi beberapa lagu yg ga sempet ‘di rilis’. Ya, 5 lagu itu tadi. Dengan judul album yg baru, Childhood.

Oh iya, kalo dulu hampir di semua lagu rata2 ada suara ‘jekrek’, yaitu suara tombol pause yg gue teken2 selama dia nyanyi, sekarang udah ga ada. Suara itu udah gue hilangkan berkat software itu. Jadi bersih deh.

Covernya sendiri gue buat baru. Bukan dengan tempel2an pake lem lagi kaya dulu2. Tapi udah pake yang seharusnya. Pake program2 atau software yg emang diciptakan untuk desain. Ya, sekarang kan gue emang desainer grafis. Alhamdulillah…

'album kompilasi' yg kini menggunakan CD, hehehe...


Ya, begitulah ceritanya. Perjalanan album2 Yudhi bukan hanya perjalanan perubahan suara Yudhi dari masa kanak2 ke masa remaja saja, tapi sekaligus perjalanan karya desain gue. Dari mulai asal2an, gunting2 majalah, tempel2 foto, sampai pada akhirnya sekarang ini, yg beneran. Gue pun sekarang kerja disebuah perusahaan CD, dimana gue ada diposisi sebagai desainer grafisnya atau yg ngurusin artwork di kepingan CD, begitu juga cover CDnya. Sebuah hal yg bukan terlalu baru buat gue ya.. hahaha..

Dan yang pasti album kompilasi Childhood ini bukan hanya tentang rekaman suara sepupu gue aja, tapi tentang rekaman persahabatan gue dengannya, tentang perjalanan salah satu cita2 gue yg kini kesampaian, juga tentang masa kecil kami yg ga mungkin kembali lagi.


Lima album Yudhi, kenangan masa kanak2, dan perjalanan desain buatan gw.. :)

Tidak ada komentar: