30 Desember 2010

Kaleidoskop Satu Dekade



Tahun baru 2011 tinggal beberapa hari lagi. Dekade pertama di tahun 2000-an udah hampir selesai. Selama satu dekade atau sepuluh tahun ini, kira2 apa aja ya yg udah kita lakukan? Apa aja yg kita udah raih? Atau ga usah begitu, apa aja yg udah kita alami?

Hmm, gue memiliki kebiasaan yg sebenernya ga sengaja gue bikin. Tapi jadi begitu aja. Yaitu kebiasaan mentemakan tahun. Hmm, mentemakan itu sebenernya bahasa Indonesia yg baik dan benar ga yah? Hahaha.. maksudnya gini, gue suka membuat tema2 dari tahun ini tahun itu. Tapi tema2 itu gue bikin setelah tahunnya lewat. Ya, semacam kesimpulan barangkali tepatnya.

Jadi misalnya di tahun 2003 itu, apa aja yg terjadi sama gue. Nah dari situlah gue ambil kesimpulan bahwa tema tahun 2003 adalah ini atau itu. Tentunya seperti yg gue bilang tadi, namanya juga kesimpulan, maka ditetapkannya ya pas tahunnya udah lewat atau menjelang tahun baruan. Kaya hari2 terakhir ditahun ini misalnya.

Nah, tema2 tahun2 yg udah gue lewati itu gue mau satuin disini. Apa2 aja yg udah gue lewati selama sepuluh tahun atau satu dekade awal abad ini. Atau boleh dibilang ini seperti kaleidoskop hidup gue, hanya aja bukan dalam satu tahun. Tapi sepuluh tahun. Satu dekade.

And here they are. Let’s get started!

2000

Ini adalah awal dimana gue pada akhirnya berubah dari ga pede jadi pede. Ga pedenya parah! Gue itu takut difoto! Jangankan di foto, ngaca aja gue ga pede. Gue merasa jelek. Merasa selalu aja ada kurangnya dimuka gue. Terutama jerawat! Jaman SMP, gue jerawatan, begitu juga SMU, meskipun mendingan. Tapi ketakutan itu terus kebawa. Sampai pada tahun ini, gue inget banget gue nganterin kakak gue ke optik untuk beli contact lens. Dan ga sengaja, gue ngaca disalah satu cermin yg buat nyobain kacamata. And there! I looked at myself on the mirror and finally realized that my skin was sooo smooth. Plus tulang pipi gue, hidung gue, jadi ya terlihat bagus aja. Entah kenapa, gue merasa kayanya bayangan gue dicermin kok ganteng banget ya? Hahaha.. tertawakanlah gue sekarang juga. But that was exactly how I felt!

Lalu, ya, siapa takut ngaca? Siapa takut difoto? Hahaha..

Ya akhirnya gue ‘menetapkan’ tema di tahun 2000, awal dekade ini adalah Cakep.. Hehehe… boleh yaa pede yaaa, kakaaa… *ala2 penjaga counter di ITC*

2001

Tugas kuliah gue banyak yg gue pending2. Dan akhirnya tibalah saatnya semua tugas2 itu dikumpulkan. Dan ternyata, gue banyaaak banget yg belom selesai! Ada yg baru, ada yg lama. Semuanya harus segera dikerjakan. So begadanglah gue. Tapi emang ditahun inilah gue mulai suka yg namanya bergadang. Ga tidur2 semaleman. Bukan hanya pas lagi dikejar2 tugas aja sih, lagi ga ngapa2in juga biasanya gue bergadang. Ngerokok dengan jendela kamar dibuka, sambil dengerin musik, plus rambut gue menggondrong ditahun itu. Sok seniman gimana gitu dah! Hhahahaha…

Ah, rasanya lagunya Bang Rhoma kurang cocok walaupun temanya sama. Iya, tahun 2001 adalah Bergadang. Gimana mau cocok, lha emang bergadang ditahun ini bukan hanya kalo ada perlunya. Ga ada perlu juga gue bergadang. *siul2 lagunya Bang Rhoma*

2002

Ini adalah tahun yg berat buat gue. Bisa dibilang tahun ini adalah tahun gelapnya gue. Waktu itu nyokap dan bokap gue pensiun bersamaan. So, mulai ditahun ini pendapatan keluarga gue udah berubah. Sayangnya juga, ga ada dari ortu gue itu yg nabung. Anjlok, jlok, jlok! Gue juga baru kelar kuliah dan ga punya kerjaan. Pengangguran.

Dan gue mulai sakit2an. Waktu itu gue inget gue ga tidur dua hari berturut2. Entah karena gue emang ‘menabung’ sakit dari tahun lalu dengan sering bergadang atau gimana, kali ini setelah dua hari gue ga tidur2, gue langsung sakit. Jantung gue berdebar2 terus kaya orang abis lari2. Gue merasa seperti sedang berada diperahu. Goyang, goyang, pelan, pelan.. sempoyongan aja rasanya. Dan itu suka masih terasa sampai sekarang. Mulai ditahun itulah gue ga bisa baca didalam kendaraan berjalan. Bahkan hanya untuk satu baris kalimat saja! Langsung pusiiiing banget, dan bakalan hilang pusingnya kalo gue tidur. Hanya kalo gue tidur. Pas dokter periksa, anehnya mereka bilang gue ga papa. Katanya gue stress doang. Tsk, tsk, tsk… ah, gue ga tau juga sih. Tapi intinya gue emang sakit2an terus sejak tahun ini. Akhirnya gue nyebut tahun 2002 sebagai tahun Sakit-Sakitan.

Eh, anyway, gue banyak nulis puisi ditahun ini. Mungkin ada sekitar 30an. Hehe…

2003

Jaga Wartel! Ah, ini tema yg paling tepat! Hahahaha… ya, seperti tema ditahun ini, gue emang jadi penjaga wartel sepanjang tahun 2003. Wartelnya sih wartel temen gue sendiri. Dia itu temen SMP gue. Gue dan temen2 SMP gue biasanya emang masih sering menghubungi. So, suatu hari gue ketemu dia, ngobrol2, akhirnya gue jagain wartelnya. Banyak hal2 seru yg terjadi selama gue jagain wartel itu. Ada yg lucu, ada yg ngeselin, ada juga yg ya, bikin sedih. Ah, sudahlah…

2004

Marah, marah, marah! That’s what I did the whole year 2004! Kebayang ga lo, mau marah2 mulu sepanjang tahun!

Jadi gini, gue kerja di suatu perusahaan kontraktor pameran. Dan sebagian besar orang2 disana menyebalkan. Jadinya gue marah2 terus. Ditambah, bos gue juga menyebalkan. Trusnya lagi, disana itu ada penjilat, suka ngejatuhin temen, dan sebagainya. Dan gue juga bukannya sabar, malah cepet marah. Gue juga gampang banget emosi. Marah, marah, marah! Hmm, pastinya itu tema ditahun yg satu ini.

Ditambah lagi kehidupan pribadi gue juga bikin gue marah2! Temen gue menghianati gue!!! Padahal gue udah percaya banget! Grrrrrrrrrrrrrrr!!!

Kok gue kebawa marah2 saat nyeritain ini ya? ah, maapkan sayah…

2005

Hmm, first of all, gue mohon maaf banget yah. Untuk tema yg satu ini gue ga bermaksud untuk riya, pamer, takabur dan sebagainya. Tapi ini adalah tahun yg ga terlupakan buat gue sebenernya. Mudah2an temen2 bisa ngambil baiknya yaaa… ya, ditahun ini gue seperti bertemu Tuhan. I felt so close to God. Ya, gitu deh. hehe… Jadi ditahun itu, yg gue lakukan atau yg gue alami adalah seperti bagaimana kalo lo dekeeet banget sama Tuhan. J

Mungkin tema yg tepat ditahun itu adalah Tuhan.

2006

The Magic Year, perhaps it’s the right one to name this year. Semuanya seperti magic! Suatu hari, ada temen gue yg gue kenal dari daerah sekitar wartel dimana tahun 2003 gue jaga dulu, mampir kerumah. Nah, pekerjaan dia selalu berganti2. Saat itu kerjaan dia lagi sebagai figuran di sinetron2. Iseng2, gue ikut dia aja pas beberapa hari kemudian. Eh, ga taunya gue dua kali kepilih untuk dapet scene yg bukan hanya lewat2 aja. Tapi dapet dialog. Tapi sayangnya, pas pertama kali dapet, gue ga bisa handle. Abis gue bawaannya mau ketawa mulu. Yg kedua, akhirnya gue dapet beneran. Walau saat tayang, gue cuma bener2 sekilas nongolnya. Dan dialog gue yg emang cuma sepotong itu bener2 ilang! Hahahaha… sementara, temen gue yg tadi itu, dari awal dia jadi figuran ga dapet2 dialog. Hehehe..

Dan sebulan kemudian, gue melamar kerja. Modal nekad! Hari Senin lamaran dikasih, hari Rabu suruh dateng, hari Jum’at-nya, gue udah jadi pegawai disitu! Weleh2… dan gue kerja disitu selama 3 tahun.

Di kuartal terakhir tahun itu gue jadian. Itupun singkat jadiannya. Kenal hari Senin-nya, Kamis-nya kita jadian. Stupid ya? hahahaha…

Dan ke-stupid-an itu emang bener adanya. Bagai kucing dalam karung, gue ga tau apa yg gue beli. Ternyata dia seorang yg kacau! Dia selingkuh! Dan selingkuhnya ama temen gue, sahabat gue, sahabat dekeeeeettt banget! Sahabat yg pada akhirnya gue tau belangnya! Dan semua itu terjadi ditahun itu. What a Magic!

2007

Diakhir tahun 2006 gue mulai suka memposting apa yg gue tulis kedalam sebuah blog. Biasanya, gue hanya nulis2 aja, lalu gue simpen. Ga pernah diapa2in. Nah, setelah suka memposting apa yg gue tulis itu, gue akhirnya jadi makin suka nulis. Blog pertama gue itu adanya di Friendster. Jejaring yg bersejarah itu.

Lalu suatu hari gue ketemu yg namanya blogspot. Akhirnya, di blogspot lah tulisan2 gue itu nongkrong. Awal2nya gue hanya nulis tentang pikiran2 gue, yg ya sukur2 bisa menginspirasikan orang lah. Tapi lama2 gue tertarik untuk nulis pengalaman pribadi gue juga. Karena sepertinya kehidupan gue juga banyak serunya. Makanya akhirnya blog gue ada dua. Satunya isinya pemikiran2 gue, lainnya kehidupan gue sehari2.

Maka, hampir setiap hari gue isi blog gue itu dengan cerita gue sehari2, lalu tiap dua minggu sekali gue update blog gue yg satunya lagi dengan tulisan2 hasil pemikiran gue tadi. Lalu gue blogwalking. Liat2 blog orang, baca2, kasih komen2. Dan ternyata, ditahun berikutnya, gue jadi banyak kenalan. Tahun ini akhirnya gue beri tema, tahun Blog.

2008

Ngomongin kenalan, ditahun inilah gue berkenalan dengan banyaaaaak orang! Hmm, mungkin kalo dihitung2 ada lebih dari 100 orang! Gimana engga, mulai tahun lalu gue rajin ngeblog, lalu blogwalking, dan akhirnya kenalan dengan para blogger itu. Lalu berlanjut dengan masuknya gue ke Multiply! Sebuah website yg berarti buat gue.

Masuknya gue ke MP bisa dibilang hasil dari promo (katakanlah begitu) temen blogger gue yg bernama RON! Hahahaha… yg akhirnya jadi temen gue ampe detik ini itu! Nah, setelah masuk ke MP, makin banyaklah gue kenalan lagi. Belom lagi pas gue masuk ke C-Choir, sebuah paduan suara yg pastinya pada akhirnya jadi temen2 gue juga. Lagi2 ini gara2 Ron. Thanks, Ron!

So, tahun 2008 adalah tahun yg paling pas kalo disebut sebagai tahun Kenalan. Hahahahaha…

2009

Tahun ini sebenernya beraneka rasa. Mulai dari rasa syukur yg ga terhingga, karena pada akhirnya gue pindah ke kantor gue yg sekarang ini dengan pekerjaan yg lebih cocok dengan pendidikan dan minat gue, sampe rasa respek yg berguguran kesekian banyak orang. Eh, rasa respek? Bahasa apaan tuh? Hahahaha… iya, pokonya maksudnya gue seriiing banget ilfil ditahun itu. Hilang respek, hilang perasaan, hilang yg bagus2, berubah jadi males!

Ada laah, beberapa orang yg tadinya gue anggap sebagai hero dan ngedrop jadi zero. Yang gue naksir trus akhirnya nengokpun gue males. Yg gue cinta, trus jadi … ooops.. hahahaha… yah, begitulah. Herannya ditahun itu kok seperti bertubi2 gitu. Dari hormat ke males, dari sayang ke bodo amat, dari respek ke …. males lagi. So, tahun 2009 adalah tahun Ilfil. Hahahaha…

2010

Hmm, seperti yg udah2, sebenernya bukannya niat mau di pake2in tema segala tiap tahunnya, cuma sepertinya kok ya kejadiannya emang banyaknya begini. Hmm, jadi kalo ditahun ini gue banyak belanja. Terutama barang2 elektronik. Ga diniatin2 amat untuk dalam satu tahun ini sih, tapi Alhamdulillah. J

Banyak juga dari barang2 yg gue udah lama inginkan bisa terbeli ditahun ini. Alhamdulillah.. Maka tema tahun ini adalah Belanja. Hehe..

Yaa, begitulah kumpulan sepuluh tahun cerita gue. Yg seperti gue bilang tadi, jadi ada tema2nya. Tema2 yg ga sengaja jadi ada, dan ga sengaja gue buat juga. Tema yg ada gara2 kesimpulan.

Dan sekarang satu dekade di abad ini udah mau selesai. Mudah2an ditahun2 berikutnya hidup kita makin oke, dan tetep awesome! Hahaha.. Keep dreaming, keep making them come true! Keep running! Have an awesome life!

Happy New Year, everybody!

Tidak ada komentar: