25 Maret 2010

Romantika Telepon Umum

Pada jaman dahulu kala, jaman dimana henpon ga sepopuler sekarang, jaman dimana kuda masih gigit koin, kita kenal satu alat komunikasi jarak jauh yaitu telpon, hanya aja bukan milik pribadi dan sering mejeng dipinggir jalan yaitu telepon umum.



Wait… bahasa gue diatas rada2 garing gimana gitu ya? Hihihi.. maklum ajah deh yah.. kepala gue lagi pusing ajah nih. Tapi kepengen nulis. Hehehe..


Jadi gini, beberapa hari lalu, tepatnya hari Sabtu tanggal 6 Maret 2010, gue sedang jalan kaki menuju suatu tempat. Dan tiba2, gue liat satu benda mejeng dipinggir jalan. Maksudnya telpon umum deh, pake satu-benda-satu-benda-an segala yaa… hahaha…

Nah, eniwe, telepon umum yg gue liat kemaren itu warnanya bagus. Ada ungu-nya, ada macem2 deh. Ini sih karena yg gue tau telepon umum itu selama ini warnanya cuma biru doang. Ga warna-warni kya telpon umum yg gue liat itu.

Gue deketin aja telpon umum yg manis itu. Ternyata emang bukan telpon umum milik perusahaan telpon yg selama ini mendominasi. Tapi milik perusahaan yg selama ini menjadi provider telpon seluler yg katanya dulu punya sini tapi dibeli ama negara tetangga.



Ya, gitu deh. Tapi intinya, telpon umum yg satu itu emang manis sekali tampilannya. Bukan hanya warnanya, tapi bentuknya juga. Eniwe, sebenernya yg gue mau bilang itu tampilan penutupnya atau atapnya itu lho. Tapi sayangnya, gue ga tau apa sebutannya. Dan emang teleponnya juga beda sih sebenernya ama telpon umum biasanya.


Hmm, ini sebenernya mengingatkan gue sama jaman dulu dimana telepon umum masih lumayan berperan. Paling engga buat gue. Dan tentunya yg paling ngingetin gue adalah saat ada telepon umum baru2 dipasang dideket rumah gue.

Waah, itu yg namanya norak bukan lagi banget2nya. Tapi pol, ampe mentok sementok2nya. Pokonya noraaaaaaak banget!!! Bukaaan, bukan gue (saja) yg norak. Tapi hampir semua orang yg ada disekitar situ.

Saat itu gue masih kelas 3 SD. Hmm, karena gue ga malu dengan umur gue, gue bilang aja yaa.. Kelas 3 SD-nya gue itu adalah ditahun 1990. 20 tahun lalu. Nah, telepon umum itu letaknya dipinggir jalan yg gue lalui setiap harinya, berangkat dan pulang sekolah.

Dan setiap gue pulang sekolah, selalu ada aja orang2 yg ngantri ditelpon umum itu. Dan hampir semua yg ngantri ditelpon umum itu bukan untuk nelpon beneran atau karena ada perlu banget. Tapi buat iseng2an.

Oh iya, sempet juga gue denger, untuk ngakalin supaya bisa ngobrol lama tapi ga perlu keluar banyak koin, koinnya itu dibolongin pake paku. Nah, bolongannya itu dipake buat ngiket pake benang. Jadi begitu masuk, ditarik lagi, ditarik lagi. Entah deh cara kya gini sukses atau engga. Soalnya gue ga pernah nyoba.

Eniwe, yang paling parah adalah mereka nelponin artis2! Biasanya, nomor telpon para artis itu ditulis2 ditemboknya.

Nama artis yang akhirnya ‘jadi korban’ itu salah satunya, Marissa Haque. Terus tentu aja suaminya, Ikang Fawzi. Dan masih banyak lagi, nama2 artis dan nomor telponnya yg entah dari mana orang2 yg nulis2 ditembok itu dapet. Mungkin dari yellowpage atau buku telpon yg tebelnya bisa buat bantal itu kali yah?

Dan gue, hihihi… tentunya pernah jadi salah satu orang yg iseng menelpon artis2 itu. Dan yg gue telpon itu, hihihi… Marissa Haque ituuu… Yg namanya terpampang ditembok tadi. Huehehehe…

Sayangnya, saat gue menelpon, insiden terjadi. Ya, seperti gue bilang diatas, kita semua noraknya ampun2an. Jadi make telponnya itu ngerubung, ngantri, dan sepertinya semua punya urusan yang sangat gawat darurat yang harus segera diselesaikan dengan menelpon disitu.

Nah, insidennya ya pas lagi nelpon, tiba2 dari belakang salah satu dari kita, yang kebetulan kya preman berteriak, “ANJING LOOOO!!!!”

Padahal ya, orang yang gue telpon itu baru aja ngangkat dan say hallo! Hahaha…



Yang konyolnya, saat itu gue kebayang kalo itu adalah Marissa Haque sedang make daster, nyantai, dan pesawat telepon yang dia punya adalah yang bentuknya klasik. Yang gagangnya unik, warna emas, dan nomornya itu diputer. Kya di film2 Indonesia gitu laahh… hahahaha…


Kejadian itu sebenernya adalah kali kedua gue ikut2an norak2an disitu. Pertama kalinya yaitu pas gue nelpon bokap gue dikantor. Huaa.. kesannya ada kejadian apa kali make telpon2 bokap ke kantor!

Waktu itu, setelah ngantri sekian lama, akhirnya gue bisa make telpon. Setelah masukin koin, bunyi nada sambung, akhirnya diangkat. Gue minta aja si pengangkat itu nyambungin ke bokap gue. Gue masih inget kata2 yg gue pake.

“Bisa bicara dengan bapak Sudirman? Ini dari anaknya.”

Akhirnya setelah disambungin ke bokap gue, dimulailah obrolan sangat ga penting itu.

Gue ga inget banget apa aja yg gue bicarain ama bokap gue. Tapi satu yg inget, semuaaa orang yg ada disitu menertawakan gue. Gue ga tau apanya yg lucu saat itu. Apakah gaya bicara gue, atau kata2 yg gue ucapkan saat itu, atau karena gue teriak2 kya orang manggil2 tukang baso kalo udah diujung gang? Hahaha.. soalnya gue inget banget, gue ngomongnya teriak2. Kan gue takutnya bokap gue ga kedengeran disana. Hahahaha…

Well, begitulah kenorakan gue dengan telpon umum itu. Setelah sekian lama, eporia memakai telpon umum itu mereda. Cuma tingkah norak sepertinya emang ga bisa jauh2. Beberapa kali gue beneran mau make telpon itu ga bisa karena rusak. Tulisan yg tertera di screen-nya itu ‘out of order’. Pernah liat kan? Dan itu selalu terjadi bukan ditelpon umum yg itu aja. Tapi hampir seluruh telpon umum. Belom lagi coret2an.

Berbeda dengan masa baru2 dipasang, coretan2 itu bukan lagi nama2 artis. Tapi nama2 yg ga jelas siapa, atau bahkan tulisan2 jorok aja. Dan yg terparah adalah gue pernah nemuin kabel gagangnya itu ampe copot!

Sampai pada saat gue SMU, telpon umum menjadi salah satu bagian dari kisah gue saat itu dengan seseorang. Kalo ga nelpon dirumah, sering kali gue dan dia telpon2an make telpon umum. Sebenernya cuma mau say hai aja sih. Cuma kadang2 ga mau udahan. Pernah juga gue malah suka sok banyak2an koin ama dia.

Waktu itu dia sok2 punya koin sampe senilai dua ribu. Besok2nya gue ga mau kalah sampe tiga ribu. Dan yg paling unggul emang dia, yaitu sampe lima ribu. Padahal ya, kita ketemuan2 juga. Hahaha… It might sound stupid ya… tapi buat gue itu lucu banget. Hehe… *tersenyum terkenang*

Eniwe, kalo jaman sekarang2 ini gue pernah beberapa kali mencoba iseng make telpon umum. Ga juga make sih, cuma kadang suka entah kenapa jadi pengen berhenti aja kalo ada telpon umum. Ngeliat sekilas potongan tempo dulu yg entah kenapa suka muncul tiba2. Tsaahhh… hahaha…

Hmm, telpon2 umum itu semuanya oke. Ga ada yg rusak2. Bersih2! Ga ada yg ampe gagangnya copot segala. Koneksinya juga bagus. Well, oke lah. Orang2 udah ga norak lagi sekarang. Atau mungkin karena emang ga ada yg make ya? Udah banyak henpon sekarang. Pulsanya banyak yg murah. Bisa sms-an aja, ga usah nelpon. Atau yg lebih lagi, bisa mesej2an yg antar sesama pengguna satu produk heboh yg mungkin seheboh telpon umum jaman dulu itu. Yg dulunya singkatan dari bau badan. Hehehe…

Tidak ada komentar: