28 Agustus 2012

Telpon-Telponan Sama Orang Bank

Waktu Sabtu tanggal 11 Agustus lalu, ada orang dari Bank Anu nelpon gue. Kita sebut aja nama bank-nya itu Bank Anu ya. Mudah2an sih anunya gede. Maksudnya kesabaran, ketabahan, kemanusiaan, dan segala yg baik2nya gede gitu. Anyway, orang dari bank itu telpon dan gue, seperti biasa selalu menjawabnya dengan hal2 yg berisi penolakan2. Masalahnya mereka kalo nelpon tuh pasti mau mempresentasikan tentang layanan baru mereka. Yang akhirnya sih menurut gue juga udah ga baru2 amat. Lha kalo nelpon itu2 mulu yg dibahas. Dan padahal jelas2 gue udah nolak. Tapi masiiiih aja. Tetep.


 

Yang nelpon sih emang beda2. Mungkin di antara mereka bisa aja ga saling kenal. Atau kenal tapi musuhan. Atau kenal tapi saling gontok2an. Bisa jadi mereka saling kenal, akrab, dan mesra satu sama lain, cuma dalam menelpon gue, mereka bersaing! Ketat! Kaya celana anak jaman sekarang! Jadi friend is friend, but it’s NOT when it comes about ME. Hahahahaha… Nah, pokonya intinya di antara mereka sepertinya saling ga kasih info bahwa nasabah yg itu atau yg ini udah ditelpon dan diinformasikan atau dipresentasikan melalui telpon tentang layanan baru mereka, dan menolaknya. So, seperti yg gue bilang tadi., mereka nelponinnnn mulu. Ngomooooong mulu. Nyerocoooos aja. Dengan kata2nya yg sama. Kata2nya seperti udah latihan. Kata2nya seperti hapalan. Kalo gue jawab anu, pasti jawabannya anu. Kalo gue jawab ini, pasti jawabannya itu. Ya, kaya mesin deh.

Nah, kata2nya, biasanya kaya gini nih. Gue sampe rada hapal saking seringnya. Hihihi…

“Selamat siang, Bapak. Maaf Bapak, bisa minta waktunya sebentar bapak? Ya, baik. Saya dari Bank Anu ingin menawarkan fasilitas kami yg terbaru bapak. Yaitu pelayanan asuransi untuk pemegang kartu kredit. Sebelumnya, mohon maaf bapak, bapak usianya berapa. Ya, baik. Begitu ya, bapak. Bapak sudah menikah? Oh, ya saya doakan semoga cepat menemukan pendamping ya, Bapak. Ya, baik, ini kartu kredit bapak limitnya berapa ya, Pak. Oh, seperti itu. Ya, baik. Jadi nanti bapak akan ini ahfkahfja7aejhjfbhuiahfjafjkfhjfugfjkhdfhfhfkhKFJFHUIYIuedcnkhf
kahfuihh9tyuyh8y349y0jshpityhfkashf;hfjkaifyvbtojfiutvfiyh8tytij
lawtvui’japu-4tjoq8y395169yioitvbg8 tiuy0b9u1hdfuahfuy973849udahfauigag5-q57ehwgioaeghjkahtb902t8ytouwt-uqtqit=-q9\1qut’qoyt0ytq1qhqpuiqiq]tq[utjpqtq9tpojp3…

Seperti itu ya, Bapak. Sudah jelas ya, Bapak. Baik kalo begitu. Dengan ini bapak setuju ya? Saya mulai aktifkan ya, Pak.”


Tuh, ngeselin juga kan sebenernya. Udah maen telpon tanpa ‘peduli’ kita lagi ngapain. Udah gitu ngomong terus. Udah gitu lama. Udah gitu ngomongnya sama. Dan ujung2nya, maen samber aja bilang kita setuju mengaktifkan apapun itu yg mereka tawarkan itu. Dih, siape nyang setuju?

Ya, karena gue emang males sama telpon dari mereka, kadang2 ini malah bisa gue jadikan hiburan gue sendiri. Bisa gue main2in sendiri. Dan kadang, malah jadi seru. At least buat gue. Kalo buat mereka, I bet they really think that I’m such an ass or a bitch! Hahahahah…

Misalnya, kalo mereka lagi nelpon dan melakukan itu semua tuh, gue bisa menjawabnya dengan,

“Ho oh.”
“Oooh… “
“Waw…”
“Wuihhh…”
“Oh God…”
“No, u’re kidding, right?”
“Ah, bisa aja sih mba-nya…”
“Eh, ya ampun…”
“Owh, really??”
 “Beneran, mas??”
“Gile…”

Atau kalo lagi maleees banget bahkan untuk nolak, gue bisa cuma bilang,

“He’eh…”

Dan ini sampe telpon dari mereka kelar. Jadi mau mereka panjang lebar ngomong, jawaban gue ya “He’eh” aja. :D

Atau lagi, karena emang udah tau mereka sering telpon, nomor mereka kan gue save. Nah, begitu mereka telpon lagi, namanya keluar gue langsung aja nyerocos duluan.



“Pasti dari Bank Anu yaaa… Pasti mau menawarkan layanan terbaru berupa fasilitas itu yaa… Gini aja, Mba. Saya lagi mau bantuin Mba nih. Daripada Mba repot2 ngomong jelasin ke saya tentang layanan baru itu gimana kalo saya langsung bilang aja. Saya ga tertarik, Mba. Saya udah pernah ditelpon sama temennya Mba waktu itu. Nawarin ini juga. Makanya tau. Gimana? Mba merasa terbantu ga ama saya? Terbantu tho? Terbantu tho? Lha iyaa… Daripada Mba cape2 ngomong, presentasi, terus saya bilangnya ga tertarik kan buang2 waktu. Ya kan? Nah, yo wes, makasih yaaa…”

Dan yang terbaru, adalah

“Wah, dari Bank Anu, ya? Kebetulan banget. Dari kemaren saya mau nelpon ke call center-nya kok susah banget ya? Kenapa itu ya? Gini lho, mas, saya mau nanya. Saya kan bulan lalu pake kartu kredit nih. Nah, katanya tiap tanggal 5 itu kan ada tagihan. Lha kok sampe sekarang, tanggal 11 belum sampe juga? Ini gimana, mas? Saya kan ga tau jumlah tagihan saya totalnya berapa. Nanti kalo saya telat, saya kena denda. Terus nanti saya kena bunga deh. Males deh.”
Iya, dari kemarin emang tagihan kartu kredit gue ga dateng2 juga.

Dianya jawab,
“Oh, seperti itu ya, Bapak. Mungkin call centernya sedang sibuk, Bapak. Untuk masalah itu saya kurang tahu menahu, Pak. Saya disini mau menawarkan…”

Gue jawab,
“Oh, gitu. Oh, ya udah. Makasih ya, maaasss…”

Dan gue tutup telponnya. Hihihihi….

Abis itu gue ngakak sendiri. Ketawa sendiri. Dan makin sadar, kalo gue itu menyebalkan sekali. Hahahaha…  

“I’m such an ass, I’m such a bitch! Hahahaha… “ kata gue sendiri ketawa2 diruangan kantor udah kaya orang gila. Hihihihi…


So, begitulah kira2 yg terjadi kalo orang2 dari bank itu nelpon. Selain kelakuan2 di atas, gue juga sering kok meminta diri untuk menutup telpon dengan alasan gue lagi meeting. Walau gue lupa, kalo sebenernya ada backsound lagu2 dari iTunes yg lumayan kenceng yg ga mungkin aja dinyalain kalo lagi meeting.

Atau yg agak sedikit lebih sopan lagi, gue dengerin mereka ngomong sampe kelar, walau gue udah hapal kata2nya, dan akhirnya minta maaf kalo gue ga tertarik untuk sekarang2 ini. Dan semacam itu.

Pastinya, ini bukan artinya gue melecehkan mereka dan semua orang yg pekerjaannya seperti mereka ya. Sama sekali ga bermaksud seperti itu. Gue ngerti kok kalo mereka juga nyari duit. Sama kaya gue. Cuma ya, sama kaya mereka juga, gue juga bisa lagi ga mood, lagi ini itu dan gue juga bisa bosen. Bisa bosen dengan tawaran yg sama, kata2 yg sama, ucapan yg sama, bahkan nada bicara yg sama. Dan ditelpon di saat yg ya, seringnya agak kurang tepat waktunya. Hehehe… Untuk temen2 yg kebetulan orang bank dan posisinya seperti ini mohon maaf yaaa…

Tidak ada komentar: