12 Juli 2012

Anak Baik-Baik



Gue anak baik-baik. Ah, gue benci itu. Atau setidaknya gue pernah benci stempel yg satu itu yg orang p
redikatkan ke gue. Buat gue, anak baik-baik itu membosankan, culun, ya pokoknya ga asik deh. Beda sama anak yang nakal. Kesannya semuanya pernah mereka lakukan. Kesannya asik.

Waktu kecil, predikat kaya gini emang udah nempel seolah tanda lahir di diri gue. Gue tentu aja ga menikmatinya. Orang jadi sering sok tau tentang gue. Orang jadi seolah paling kenal gue, melebihi gue sendiri. Dan yg menyedihkan, gue tentunya dianggap ga bisa ngapa2in. Kejam ya?

Contohnya ya tentunya hal2 yg berbau anak2. Misalnya memanjat pohon. Semua orang seolah ga akan mungkin percaya kalo gue bisa memanjat pohon. Pernah suatu hari di sekolah, gue ngobrol tentang hal yg ujung2nya ngomong kalo gue bisa manjat pohon. Dan mereka yg, ‘oh really? Emang bisa?’ I mean, halloo… ya elaah, di rumah gue itu ada dua pohon jambu milik keluarga gue. Dan tetangga gue punya dua pohon waru. Gue biasa gelayutan kaya monyet di situ. Metik jambu, sekedar nyantai, dan bahkan bikin ayunan sendiri. Tangan gue pun sampe kapalan gara2 seringnya gue gelayutan di situ. Tapi siapa mau percaya?

Ketika SMP ada suatu waktu di mana gue harus manjat pagar supaya bisa lebih cepat sampe di sekolah. Dan lagi2, saat gue mau mulai manjat, ada aja komentar yg intinya meragukan apakah gue bisa manjat atau engga.

Nyokap dan bokap gue kerja. Ga kaya kebanyakan temen sekolah gue yg nyokapnya biasanya ada di rumah. Ini sering gue gunakan untuk pergi sejak pulang sekolah sampe petang. Dan selalu aja ada yg nanya, lo ga dicariin emak lo?

Dan masih banyak lagi anggapan2 yg seolah meremehkan gue lainnya yang intinya emang menunjukkan kalo gue cuma anak rumahan yg ga bisa apa2. Anak baik2.

Sampai di SMU, semua itu masih aja terjadi.  Hmm, gue malahan sempet ga dianggep di sekolah. Gue akhirnya masuk ke klub Pecinta Alam, salah satu dari banyaknya ekstrakulikuler yg tersedia di sekolah. Ini bukan agar orang berhenti menganggap gue anak baik-baik. Alasan gue karena gue kepengen naik gunung. Dan seperti yang udah2, ada aja orang yang ga percaya. Sampe akhirnya mereka melihat dengan mata kepala mereka sendiri, sore2 gue masih di sekolah karena ikut ekskul itu. Ngeliat gue lagi raffling.

Sayangnya, bukan hanya dari pihak luar aja yg meragukan gue. Kakak gue sendiripun begitu. Bahkan dia dengan sinis dan yakinnya bilang, gue itu ga mungkin bisa! Ini yang gue ga paham sama kakak gue. Ada apa di kepalanya sampe menanamkan di benak seorang remaja bahwa dia ga bisa melakukan apa yg dia mau. Eh, ga dari gue remaja juga sih, bahkan sebenernya dari gue kecil dia emang selalu begini. Menanamkan di benak gue kalo gue ga bisa ini itu, gue ini bodoh dan semua yg lemah2 lainnya.

Jadi waktu itu gue ikut pelantikan pecinta alam, di Cibubur. Ya, namanya juga emang pelantikan ya, pastinya dikerjain. Semaleman disuruh jalan sendirian nyari pos2 yg udah disediakan. Istirahat cuma sebentar di pagi hari, lalu menjelang siang harus melakukan atraksi layaknya orang di militer.

Lari di tempat becek, masuk ke terowongan yg terbuat dari ban, sambil dipukul2 ban-nya itu, loncat sini situ, naik ini itu, dan semacam itu.

Pulang dari situ, tentu aja cape. Tapi apa kata kakak gue? Dia bilang, “Gue bilang juga apa! Lo tuh ga bisa ikut2 kaya gitu! Macem2 aja lo!”

I mean, hell, gue baru aja melakukan hal yg ga biasa semua orang lakukan setiap harinya, kecuali itu tentara mungkin, dan gue kecapean lalu kepengen tidur itu ga normal? Itu nunjukin kalo gue ga bisa apa2? Damn!

Well, semoga Tuhan mengampuninya ya. *sigh*

Oh iya, ada beberapa senior yg meremehkan gue bakalan paling jelek pas di atraksi. Tapi yg terjadi, I was the best. Gue yg tercepat dan terlincah. Bukan gue lagi sok nih. Ini yg akhirnya disematkan ke gue saat itu oleh para senior2 itu sendiri. Karena emang gue paling cepet dibanding yg lain. Soalnya, saat itu gue udah bete banget sama semua orang yg pada sok. Bukan hanya senior, tapi mereka yg juga angkatan gue. Gue pengen cepet2 kelar. Dan ga taunya, itu yg bikin temen2 gue seangkatan tertinggal jauh di belakang gue. Makanya gue sempet heran, pada kemana mereka saat itu. Kok gue udah di sini sementara dibelakang gue ga ada siapa2 kecuali senior2 yg ngerjain dan ngawasin? Hahahaha…

Anyway, gue juga sempet terang2an dibilang Mr. Nice Guy di tempat les bahasa Inggris gue oleh temen2 sekelas gue.  Mr. Nice Guy!

Trust me, semua itu ngeselin banget buat gue.

Masa kuliahpun ternyata masih aja ada yg menganggap gue gitu. Awalnya gara2 gue ngerokok. Gue itu merokok sejak gue SMU. Tapi gue ga pernah ngerokok di depan siapa2. Gara2nya, kalo gue merokok, pasti ada aja yg bilang, “ciyee… ngerokok lho sekarang…” atau “wuih, bader ye… ngerokok…” Arrggh, suck! Anyway, bader itu artinya bandel dalam bahasa slank. I guess…

Nah, di kampus gue itu emang ga pake kata2 ciye2 sih. Cuma ada aja yg ekspresinya kayanya kaget ngeliat gue ngerokok. Dan suatu hari, salah satu dari mereka bener2 ngomong ke gue, “Ga pantes banget sih lo ngerokok.” And I was like, damn!

Gue jawab aja, “Gue ngerokok bukan cari pantes kok. Gue ngerokok yg karena gue pengen ngerokok.”

Dan lain kali jawaban gue adalah (iya, ga sekali gue digituin), “Kenapa? Muka gue baik2 ya? Asik, gue bangga lho jadi anak baik2 gitu,” saking keselnya.

Ya, gue sangat ga suka stempel kaya gitu. Anak baik2. Seperti yg gue bilang di atas, kesannya kok cemen banget, ga asik, dan membosankan.

Sampe suatu saat gue akhirnya menyadari, sebenernya ngapain juga gue harus marah dan ga terima dengan hal ini. Setelah gue pikir2, toh banyak orang yg mau temenan ama gue ya justru karena itu. Mungkin inilah yg emang Tuhan takdirkan ke gue. May be this is what people really see about me. Mungkin lho yaa… hahaha…

Akhirnya gue mulai bisa nerima. Dan gue merasa ini sebagai anugrah dibanding sebagai katakanlah, kutukan. So, kalo emang gue mau dilihat sebagai anak baik2 ya silakan deh. Gue ga akan marah lagi. Walau sebenernya, sejujurnya, ya dari dulu juga gue ga merasa sebagai anak baik2 amat. Ya biasa2 aja deh. Tapi ya udah, inilah gue. Gue bisa nerima.

As time goes by, suatu hari gue pernah punya masalah dengan seseorang. Akhirnya jadi ada drama2 gitu deh. Entah kenapa, gue akhirnya diomongin di salah satu tulisannya dia. Awalnya gue ga tau kalo itu tentang gue. Tapi akhirnya gue dapet konfirmasi tanpa gue cari tau, kalo itu emang tentang gue. Di situ intinya gue dibilang sok baik2 dan tentu aja itu dia sebut gue munafik. Gue langsung kaget! Apah? Gue sok baik-baik? FOR YEARS, bertahun-tahun, gue benci banget sama kata ‘anak baik-baik’ yg orang tempelkan ke gue, kali ini gue dibilang sok baik-baik?  Ini kemajuan, mimpi yg jadi nyata, atau apa namanya? Hahahaha…

Ya, mau gimana? Akhirnya gue ketawa aja lah kalo inget itu. Why bother, dude? Nulis tentang gw? Oh, well…

Anyway, entah kenapa sepertinya emang orang yg baik2 itu, yg cenderung ceria2 aja gitu selalu dianggap ‘fake’ ya? Munafik, dsb. Gue ga ngerti kenapa orang yg judes terus2an, nyinyir terus2an malah dianggap ‘real’. Ya, sekarang sih yg gue tau banyak aja kok yg judes tapi fake. Sok nyinyir biar terkesan berkarakter?  Biar terkesan kuat? Biar terkesan apa? Kalo lo asli nyinyir sih boleh. Kalo cuma ikut2an dan biar terkesan ini itu sih ya sama aja dong fake juga. Munafik juga.

Ah, ga taulah itu. kata2 gue terakhir ini beneran opini sih. So, gimana gue menurut kalian semua, ya terserah deh. Gue serahin aja. Kalo emang gue mau dicap baik2, ya monggo. Kalo dianggap nakal, ya terserah. Dianggap munafik, ya suka2 elu dah. Dianggap apa kek deh ya. Yg tau gue ya yg emang beneran tau gue. Yg tau kalian, ya yg bener2 tau kalian. Ya ga sih? Iya, dong! Ah, masa? Ah, iya? Gengsi dooong!
*apa sih?!*
*ujungnya kok garing?*
Hihihihi… namanya juga anak baik2. Oooppss…

Tidak ada komentar: