23 Juni 2009

Main Pesawat-Pesawatan

Jum’at malam lalu (18 Juni 2009), gue bersama beberapa orang temen gue pergi ke bandara untuk latihan evakuasi. Sebenernya bukan gue juga sih yang latihan evakuasi, tapi para pramugara/i aja. Gue mah cuma ikut-ikutan doang. Itung-itung ngeliat pesawat Lion yang baru beli, Boeing 747-400. Pesawatnya dua lantai gitu lah. Pantesan bentuk kepalanya rada peyang. Hahahaha…


Jadi ini adalah kali pertama gue ikut-ikutan ke bandara untuk ngeliat latihan evakuasi yang biasa disebut evacuation drill itu. Kalo selama ini gue cuma denger para perempuan-perempuan cantik itu jejeritan di kantor gue untuk latihan evakuasi, sekarang gue bener-bener liat mereka beraksi dipesawat beneran.

Sebenernya jam 6 sore kita semua udah jalan ke bandara. Tapi baru nyampe sekitar jam 8-an. Soalnya ternyata perjalanan kesana pake macet segala. Dan yang kita semua pikir kita bakalan telat dan evakuasi-evakuasian itu bakalan udah kelar ternyata salah. Karena latihan evakuasi yang konon memakan biaya mahal itu belom dimulai.

So, jadilah gue disana nungguin latihan itu dimulai. Duduk-duduk disekitar pesawat yang ternyata emang gede banget yaaa… Hahahaha…

Setelah sekitar jam 10-an latihan baru beneran dimulai. Kita yang duduk-duduk diluar pesawat ga denger teriakan-teriakan dari para perempuan dan laki-laki itu.
Lalu pintu dibuka, dan terbukalah balon untuk sliding yang akan dipergunakan kalo keadaan darurat. Semua terbuka disaat bersamaan. Ga taunya gue baru tau ternyata sliding balloon darurat itu kalo dilipet lagi ngeluarin biaya 100 juta! Anjrooott… Cuma ngelipet aja ampe segitu!


Jadi kalo mau ngelipet lagi itu ada yang khusus untuk ngelipetin balon-balon itu. Yang sayangnya gue ga liat itu orang pake mesin apa sampe biaya yang dia peroleh bisa sampe segede gitu, karena gue dan temen-temen gue sibuk. Dan pesawat B747-400 itu punya lima pintu. Jadi sekali ngelipet aja, udah ngeluarin biaya setengah milyar. Gileee… I couldn’t believe what I heard! Dan pastinya gue norak banget yaaa… hahahahaha…


Speaking of norak, kita semua emang lagi pada norak-noraknya deh kemaren. Norak yang akut, norak yang parah! Karena emang buat gue ini adalah pertama kalinya gue masuk-masuk ke pesawat B747-400. Ditambah, gue juga masuk ke cock-pit segala. Buat yang ga tau, cock-pit itu maksudnya tempat pilot nyetir. Hahahaha… Nah, sibuk inilah yang gue maksud diatas.

Eh, eniweh, bukan gue aja. Dua orang temen gue juga. Ci In-In dan Desti. Kita udah kaya tiga orang anak kampung yang sumpah ancur-ancuran tingkahnya! Tapi selama berkeliling itu kami ga cuma bertiga sih. Ditemenin ama beberapa temen pramugari senior, chief staff administrasi dikantor, dan temen staff juga yang udah beberapa kali masuk ke pesawat ini.
Ini semua bisa kita lakuin setelah latihan evakuasi itu selesai tentunya. Dan pertama kita masuk, kita ngeliat-liat kursi penumpang. Lalu kita duduk-duduk disitu. Sebenernya ga gitu-gitu amat juga sih noraknya kita. Cuma kita emang suka lebaaay…

Nah, berikut ini adalah dialog-dialog kita selama kita berada didalam pesawat:
“Iiih.., empuuuk… ga kaya dirumah. Kalo dirumah mah pake bale-bale. Keraaas…”

“Ya ampuuun, maas… Ada tipinyaaa…”

“Eh, eh, eh… kursinya ada pencetannya! Awas pencetannya nyetruum!”

“Mana tipinya yang kya dikursi itu! Gue mau liat!!! Keluarin! Keluarin!”
(yang ini sambil mukul-mukul kursi)

“Wah, kita bisa nonton sinetron dong dari sini! Ga ketinggalan walau kita lagi keluar negri!”

“Ih, mau dong selonjoran kaya gituuu!”
(Sambil nunjuk-nunjuk salah satu kursi yang selonjorannya lagi dikeluarin. Aeeh, emang norak beneran gue ya?! Gue ga tau apa itu namanya! Wakakakakakakakak….)


Lalu perjalan melihat-lihat pesawatpun berlanjut ke cock-pit, seperti yang gue bilang tadi. Dan beginilah dialog-dialog yang terjadi diseputar cock-pit:
“Aku mau difoto dong, mas. Kan ceritanya aku pilot perempuan.”
(Sambil megang setiran pesawat. Iya, gue juga ga tau itu namanya. Mereka cuma bilang stick. Halaah.. Stick.. Kya PS aja)

“Gue dong, gue!! Kapan lagi gue nyetir pesawat?!”

“Waah, pencetannya banyak yaaa…”

“Eh, jangan ada yang kepencet! Ntar pesawatnya terbang!”

“Bang, bang…, anterin saya ke Ancol dong, bang…hihiihihihihihi…” (ngomongnya dibelakang yang lagi megang setiran pesawat sambil nepuk-nepuk punggungnya)



Kunjungan yang kita pikir udah mau selesai itu ternyata belum selesai. Karena masih ada ruangan yang belom kita datengin. Yaitu tempat istirahat para pramugara/i atau bunker. Nah, ruangan ini kecil banget. Kita harus naik tangga yang sempit untuk sampe kesana. Dan disanapun kita ga bisa berdiri, tapi harus nunduk-nunduk bahkan nungging. Kebayang ya, para pramugara/i itu kan tinggi-tinggi. Well, kalo selama ini penampilan mereka keren-keren, pekerjaan mereka ternyata sangat melelahkan. Certia tentang ruangan ini mah cuma contoh kecil doang. Sejak gue diposisikan sebagai staff administrasi buat para pramugara/i, gue jadi makin ngerti susahnya kerjaan mereka.

Ok, sedikit aja sentimentilnya. Kita kembali ke masalah kunjungan tiga orang kantor yang norak dan ga jelas itu lagi.

Sesampainya kita keruang istirahat para pramugara/i itu, tentunya kita ga diem aja dooong… Mulailah kita dengan dialog-dialog aneh kita.
“Waah, ini toh tempat kalian istirahat?”
(ngomong ke salah satu pramugari senior)

“Waah, gue difoto dong disini…”
(siap-siap di foto ala Cleopatra)

“Gue dooong foto siniiii…”
(ditempat tidur yang dikolong, bukannya keren malah kaya beruang kutub di dalam goa es)

“Ini kalo pendek gini, lama-lama bisa encok dong, mba?”
(tanya ke pramugari senior sambil dijawab dengan jawaban ga kalah ngaco)

“Iya, ampe osteoporosis.”

 
Selanjutnya kunjunganpun selesai. Kita akhirnya duduk-duduk dulu sebelum keluar dari pesawat. Kita makan-makan dulu dikursi yang berada ditengah. Sambil minum-minum jus yang sedianya diperuntukkan untuk penumpang. Well, karena enak, kita bawa pulang aja jus-jus itu. Hihihihihi… Dibolehin lhooo…! Kita kan yang selama ini ngurusin mereka. They love us laaah. Hahahaha…

Dan begitulah kejadian Jum’at malam lalu. Hmm, gue ga kebayang kalo yang dateng semua dari kita, para staff di kantor gue. Pasti ancur deh tuh pesawat. Hahahaha…
Ya, begitulah keadaan kantor gue. Kantor yang isinya selalu dengan cerita-cerita yang kocak-kocak. Orang-orangnya juga banyak yang ngawur ketimbang yang bener. Banyak ketawaannya, banyak seru-seruannya. Agaknya inilah yang menyenangkan berada disana. Hmm… jadi sentimentil lagi deh gue. Hehehe…

Tidak ada komentar: