10 Juni 2009

Aku, 'Dia', Dan Mimpi

Tadi subuh, selesai sholat gue tidur-tiduran sebentar. Seharusnya gue udah mandi lalu siap-siap berangkat kekantor. Tapi karena gue masih ngantuk, dan kalo mandi gue pikir bakalan dingin banget, akhirnya gue tidur-tiduran aja dulu.

Dari tidur-tiduran, akhirnya gue malah tidur beneran. Dan dalam beberapa menit kemudian, gue langsung bermimpi. Ya, kadang emang mimpi suka dateng pas kita baru aja mejamkan mata 'kan?

Dalam mimpi itu gue ketemu dengan seseorang yang gue langsung tau itu siapa. Gue ketemu diri gue sendiri tapi dalam wujud gue yang masih berusia sekitar 14 tahunan! Dengan seragam SMP, topi sekolah yang biasa gue pake, dan sepatu yang gue dulu punya. Gue inget semua detil dari apa yang gue pake.

Ya, namanya juga mimpi ya, setting lokasinya emang aneh. Awalnya gue ngeliat ‘dia’ lagi duduk diatas meja siswa, yang urutannya paling depan, deket pintu. Lalu ‘dia’ berdiri, dan mendatangi gue. Ya, awalnya kita ada dikelas gue waktu gue kelas 2 SMP dulu. Dan disitu ga ada orang sama sekali kecuali ‘dia’ dan gue. Sepi banget.

Tiba-tiba setelah mendekat ‘dia’ langsung nanya ke gue, “Kenapa kita kalo sholat, beribadah lainnya dan berbuat baik itu mengharapkan pahala? Kenapa kita ga ikhlas sama Allah? Kenapa sama Tuhan sendiri kita kok matre?”

Dan dengan senyum gue merangkul ‘dia’ bagaikan seorang adik. Selagi merangkul, gue menjawab, “Setiap orang punya ‘balasannya’ masing-masing. Punya ‘hukumnya’ masing-masing. Kalo ada orang yang sholat, beribadah dan berbuat baik itu mengharapkan pahala, nantinya akan gimana-gimana. Dan kalo orang yang tidak mengharapkan pahala juga nantinya gimana-gimana. Tapi meminta sama Allah ‘kan ga papa. Dia ‘kan tempat manusia meminta. Emangnya mau minta ama siapa? Manusia? Engga ‘kan? Yang Diminta juga ga kenapa-napa. Kan Dia Yang Maha Memberi.”

Lalu seperti yang gue bilang tadi, setting lokasi di mimpi emang aneh, karena ternyata pas kita berdua duduk-duduk sambil berdialog gitu, tau-tau ada dikamar gue.

Dan setelah itu, gue terbangun. Gue bengong sebentar, dan akhirnya gue tersenyum. “Mimpi apa tadi itu, ya?” pikir gue.

Hmm, gue ga ngerti kenapa tiba-tiba gue mimpi kya gitu. Gue mimpi ketemu diri gue sendiri aja udah aneh, eh gue berdialog kya gitu pula. Dan yang lebih anehnya lagi, mimpi itu datengnya pas gue terlelap sebentar diantara niat pengen buru-buru mandi.
Sampe pas dalam perjalanan ke kantor, gue masih aja mikirin. Gue inget banget jaman seumuran segitu, emang itulah yang sempet jadi salah satu pertanyaan gue. Kenapa kita kalo ama Tuhan itu minta imbalan? Kenapa kita ‘matre’ ama Tuhan? Dan akhirnya jawabannya gue sampaikan sendiri ke gue sendiri oleh diri gue sendiri, tapi dalam mimpi.  Tapi kenapa tiba-tiba nongol gitu ya? Gue sih nyambung-nyambungin ke beberapa hari belakangan ini gue emang bener-bener lagi mengharapkan sesuatu. Dan harapan itulah yang gue panjatkan setiap hari dalam doa gue. Jadi kalo sampe bisa nongol dimimpi itu karena kepikiran aja, gue pikir sih gitu.

Gue sempet nulis hal ini di fesbuk, pas gue akhirnya duduk dan mau beranjak kekamar mandi. Dan dari komentar-komentarnya, ada yang bilang, ”Ada dalam diri kita, jiwa yang pengen semua bisa diulang kembali. Saat-saat melakukan hal-hal bodoh dan kita yang sekarang mencegah itu. Mungkin lo lagi kepikiran itu kali sebelum tidur?”  Lalu ada temen-temen SMP gue yang bilang karena gue kangen ama masa-masa bersama mereka. Ada juga yang bilang gue sedang diperingati. Bahkan komentar seremnya, gue udah mau meninggal. Tapi dia tulis dengan ga serius sepertinya. 

Ya, apapun arti mimpi gue ini, gue ga terlalu tau. Paling engga, akhirnya gue udah bisa menjawab sendiri apa yang jadi pertanyaan gue saat gue masih remaja dulu. Meski itu lewat mimpi sekalipun.

Mohon maaf, kalo seandainya jadi terkesan riya atau apa. Maaaaaf banget, yaaa… Gue cuma mau cerita doang kok. 

 
'dia'

Tidak ada komentar: