17 April 2012

Memotret Dalam 365 Hari


Udah lama sebenernya gue pengen bikin sesuatu yg bisa gue update di setiap harinya. Sempet kepikiran kalo gue akan nulis tentang tukang ojek yg setiap hari nganter gue. Nah, gue ceritain aja gitu apa yg dia ceritain setiap dia nganterin gue. Tentunya agak diolah dikit2 deh, biar kesannya ga kaya nyebarin cerita2 gosipan gitu. Hehehe… Tapi ternyata ide kaya gitu agak susah juga. Soalnya dia ga bener2 tiap hari nganterin gue pas ide itu muncul. Hahaha… kok kesannya kaya tau gitu ya? Well, kadang dia ada di tempat biasa dia mangkal, kadang engga.

Akhirnya di tahun baru 2011 lalu, seorang temen, yg namanya Eca, bilang sama gue tentang 365 Shots. Sebuah project foto yg maksudnya adalah dalam satu hari selama satu tahun, kita memotret, lalu mengunggahnya ke satu website tertentu. Terus begitu selama satu tahun atau 365 hari. Makanya namanya 365 Shots. Website tempat kita mengunggah tentunya bisa blog kita atau juga social media. Atau bisa dimanapun jugalah. Nah, kebetulan banget deh. Gue emang pengen bikin kaya gini, seperti yg gue bilang di atas, dan ga taunya ada. Walau ga bener2 sama, yg satu cerita, yg satunya foto. Tapi ga papa banget. Ga kalah seru. Toh, foto juga bercerita kan?

Akhirnya tepat pada tanggal 1 Januari 2011 lalu itulah foto2 selama tiap hari ini dimulai. Anyway, foto2 yg dihasilkan ga harus pake kamera beneran. Pake kamera handphone pun jadi. Justru kalo gue malah seringan pake kamera handphone. Karena seringnya ada objek yg ada di depan mata dan ga sedang megang kamera. Dan gue mengunggahnya di facebook dan tumblr. Anyway, di tumblr sendiri ada yg juga ikutan tapi ga dari tanggal 1 Januari. Ya, kan ga harus juga sebenernya untuk tepat dari tanggal 1 Januari. Yang penting foto2nya itu berjumlah 365, dan setiap hari. Itu sih referensi yg gue dapet dari googling saat baru2 mulai dulu. Cuma menurut gue, rasanya ga seru ya kalo ga bener2 dari tanggal 1 Januari dan selesai di 31 Desember. Hehehe.. Tapi lama2 ternyata gue agak kerepotan kalo harus juga mengunggahnya di tumblr. Masalahnya, ternyata setiap mau unggah di tumblr kok ya ada aja masalahnya. Terutama kalo pake handphone. Selalu gagal. Ditambah, foto yg gue unggah di facebook dan yg di tumblr itu beda. Diitung2, kalo seandainya jadi sampe selesai, ada 365 foto dikali 2 jadinya. Ya, akhirnya yg di tumblr off aja deh.

So anyway, ikutan project kaya gini itu ternyata ada juga cerita2nya. Ada serunya, ada bete-nya, mungkin juga ada dramanya, tapi banyak juga lucu2nya. Serunya adalah kalo misalnya kita nemu suatu objek buat dijadikan foto untuk hari itu, yg biasanya gue sebut sebagai ‘photo of the day’. Misalnya ada salah satu foto orang yg ngerjain maintenance kantor gue pas ada di atap kantor. Gue ikutan naik kesitu, lalu secara alami, maksudnya tanpa gue arahkan dia menatap langit yg kebetulan mendung dan banyak angin. Plus rambutnya yg agak gondrong tertiup angin. Seru karena ga pake aturan kok bisa gitu. Dan hasilnya lumayan dramatis. That is one of my favorites.


Lelaki dan Langit

Alhamdulillah selalu ada aja ide dan objek untuk difoto. Ya, emang ada sih beberapa hari yg ga ngerti mau foto apa. Idenya blank. Cuma, dibandingkan ketemu ide dan ga ketemu ide, justru banyak nemu idenya.

Pastinya kalo ikutan bikin project kaya gini harus tebel2 muka juga. Soalnya kadang ada aja orang yg ngeliatnya aneh. Soalnya juga, kita foto2 aja gitu saat yg mungkin lagi ga pas buat foto2. Dan kadang ada aja komentar yg agak kurang enak didenger. Misalnya, “Ya ampun, yg kaya gitu aja dipoto?!” atau apalah yg malah kadang emang terkesan yg komen itu emang ga ngerti foto banget. Hahahaha…

Anyway, begitu sampai di hari ke 365, entah kenapa ada rasa haru. Rasanya seperti telah menempuh perjalanan panjang, jauh, dan segala ceritanya. Ya, emang bener juga sih. Sebenernya kan kita emang telah menempuh perjalanan ya. Satu tahun. Perjalanan hidup.

Dan foto yg terakhir atau yg di hari ke 365 itu adalah kumpulan dari 364 foto sebelumnya yg gue kumpulin dan gue foto. Ya, kan tetep harus jepretan. Bukan dikumpulin lantas dijadikan file jpeg.

Untuk di tahun ini, gue off dulu. Mungkin di tahun kapan nanti baru akan ikutan lagi. Eh, iya, gue bilang ‘ikutan’ karena ga cuma gue doang yg bikin. Tapi juga beberapa temen2 gue lainnya. Seperti Mario, Unay, dan Yeyen. Dan satu hal yg gue rasa setelah selesai adalah kok ada yg hilang gitu ya… Rasanya seperti kosong aja begitu selesai. Mungkin karena tadinya setiap harinya itu selalu motret dan upload, tiba2 berhenti. Ya, itu awal2nya sih. Sekarang udah biasa lagi.

So, mungkin di antara kalian ada yg mau ikutan project ini? Silakan aja. Kalo sekarang dianggap udah telat, gimana kalo bulan Juli aja nanti? Pertengahan tahun. Atau mau dimulai tahun depan? Ya, coba aja.

Selain menyenangkan dan seru, bisa juga buat belajar dan bisa dibilang sedikit menantang. Belajar motret? Udah pasti. Dan mungkin belajar konsisten dan setia. Hehehe.. Dan menantangnya ya, karena harus tiap hari, cari ide, dan sabar karena saat mengunggah yg kadang ga semulus paha saya, eh, semulus paha siapa gitu deh. Kok jadi paha sih ya? Hihihi… Eh, ya bolehlah kalo emang mau motret paha buat salah satu objek fotonya… :D

Mau liat semuanya? Nih, silakan klik di sini dan di sini

Tidak ada komentar: