28 Maret 2008

Back in Those Times

Minggu ini kerjaan gue dikantor ga begitu banyak. Bahkan bisa dibilang kerjaan gue lagi dikit2nya. Jadinya ya, tiap hari gue paling2 browsing en tentu aja blogwalking ke blog temen2 yang akhirnya jadi saling nge-link blog kita satu sama lain. Banyak cerita yang seru2 dan lucu dari mereka. Dan emang blogwalking itu adalah salah satu dari hal yang nyenengin yang bisa dilakuin kalo lagi ga ada kerjaan kaya minggu2 ini.

Ngomongin soal kerjaan, gue udah dua tahun ada dikantor gue yang sekarang ini. Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang transportasi udara yang logonya singa ada sayapnya. Ini adalah rekor kerja gue terlama. Awal gue kerja tuh dulu adalah penjaga wartel. Yup, gue sempet jadi penjaga wartel. Tapi wartelnya wartel temen gue sendiri. Namanya Ika.



me and Ika (2007)


Ika itu temen gue dari SMP. Walaupun kita hanya satu sekolah waktu di SMP aja, kita ga pernah lost contact. Selalu keep in touch. Dan entah kenapa, kalo ama temen2 SMP gue ngerasa jauh lebih deket. Mereka rasanya udah kaya keluarga gue aja. Bahkan ama keluarga merekapun rata2 gue deket. Dan tentunya Ika bukan satu2nya temen SMP gue yang deket ama gue. Yah, ada beberapa lah. Kurang lebih 18 orang kayanya yang hubungannya sedeket itu sama lain diantara kita. Eniwe, temen2 gue itu juga termasuk temen2 gue yg dari SD.
Jaman SMP itu kita tuh masih ber-sok2 Beverly Hills 90210. Hahaha.. Dan masa SMP gue itu adalah th. 1993-1996. Yah, dimasa itu serial tipi yang isinya segerombolan anak muda yang keren2 itu emang lagi sering2nya kita tonton. Walaupun ditahun itu udah rada2 males. Karena sebenernya lebih booming lagi pas kira2 tahun 1990-an awal. Yang justru lagi ditonton banget tuh Melrose Place. Tapi tetep, yang namanya menggerombol ala BH 90210 ga jauh2 dari kita. Tapiii,.. bukan ngikutin, apalagi banding2in. Cuma mungkin terpengaruh aja.



Dan di th. 2007 kemaren gue sempet nonton Cintapuccino dibioskop, sendirian. Mungkin emang ga terlalu bikin sedih kalo dari ceritanya, tapi film ini bikin gue nangis dibioskop. Gue jadi inget ama mereka. Ama temen2 gue waktu di SMP itu. Para gerombolan anak2 SMP yang suka ngumpul2, selama ada disekolah, balik bareng, belajar bareng pas mau lulus2an biar dapet SMU yang diincer, dan segala cerita2 dijaman itu. Dan kenapa gue bisa inget ama mereka ga lain dan ga bukan karena ada adegan si Rahmi, tokoh utama di film itu ber-flashback ke jaman dia masih remaja yang disitu diceritain masa remajanya itu pas th. 1995. Dan lagu Selamanya Cinta-nya Yana Julio yang jadi pengiring film itu yang bikin gue terharu. Lagu ini emang dirilis di tahun 1995, jaman gue SMP itu. Jaman gue masih ama mereka. Masih sama2, masih ngumpul kalo istirahat, dikelas, pas balik, belajar bareng, dan lain2nya. Emang sih gue dan temen2 gue emang ga terlalu nge-fans ama lagu ini. Malahan bisa dibilang ditahun itu kita lagi gila2nya ama Oasis, Alanis Morrissete, Green Day, TLC, trus lagunya Michael Jackson yang You Are Not Alone (soalnya temen2 gue paling seneng ama lagu ini doang dari Jacko, ga kaya gue yang ngefans ama dia ampe sekarang..hehehe..), sampe Mariah Carey dengan album Daydream-nya. Tapi lagu2 Indonesia kita juga suka, walau bisa dibilang kita dengerin ‘sayup2’. Dan salah satunya adalah lagu Selamanya Cinta yang dinyanyiin Yana Julio itu. Kesannya kaya ga kuat, tapi nempel. Kita ga suka2 banget, tapi ada. Kalo dibikin perumpamaan, mungkin kaya udara. Ga keliatan, tapi bisa dirasain. Seperti lagu pengiring yang ada dalam film tapi ga ada adegan orang lagi nyanyiin. Ya, seperti itulah. Gue juga bingung ngejelasinnya.


Tapi ya itu tadi, lagu ini jadi kuat banget sebagai soundtrack cerita kita jaman SMP dulu itu. Itu makanya jadi bikin gue rada mellow dan sensi nonton film ini. Dan kalo orang nonton Ayat-Ayat Cinta pada nangis, mau yang cowo atau yang cewe, gue nangis nonton film ini. Ya, karena gue inget mereka, temen2 SMP gue. Temen2 yang pada saat itu ngisi hari2 gue. Temen2 yang sok bergerombol ala serial tipi yang ada Brenda, Brandon, dan temen2nya. Temen2 yang seperti keluarga buat gue. Dan sedihnya buat gue, kita udah bukan anak2 seusia itu lagi. Sekarang udah sama kesibukannya masing dan hidupnya masing2. Ada yang udah merid, ada yang entah ada dimana. Dari yang banyak itu dulu ngumpul, jadi tinggal dikit. Walau masih keep in touch sih...

Dan kadang kita suka ngumpul, tapi jaraaaang banget. Paling2 kalo ada yang merid aja. Semacam reuni dadakan.


di weddingnya Varin (2007)


di weddingnya Honey (2007)

balik dari weddingnya Honey, ngumpul di rumahnya Wiwi (cewe yg paling pojok)
(2007)

Di Bandung, September 2007

Dan yang masih sering ketemu adalah salah satunya ya Ika ini. Jadi ditahun 2002 itu gue baru kelar kuliah. Dan gue ga ada kerjaan. Tapi sebelum Ika nawarin gue untuk jagain wartelnya yang baru buka itu gue sempet nyari2 kerjaan dulu dibeberapa tempat.

Salah satunya adalah waktu itu gue ngedatengin tempat kerjaan yang adanya di daerah Bekasi. Dan hari itu adalah hari yang yaa, lumayan deh. Lumayan bikin senewen! Gue masih inget kurang lebih detail dari hari itu.

Pagi itu jam sekitar jam setengah sembilan gue dibangunin Ajang, kakak gue yang cewe. Eniwe, namanya sih Fajar. Cuma ya, karena dia waktu kecil susah nyebutin dirinya sendiri akhirnya jadi Ajang deh. Panggilannya itu ya sampe sekarang jadi begitu.

Malemnya dia emang bilang ama gue kalo Wanti, adik ipar kakak gue yang cowo yang sebelum Ajang ini, utk berangkat ngelamar kerja bareng ke Bekasi.

Akhirnya gue bangun, mandi trus nyamper Wanti setelah itu nyamper Erni (temen SD gue yg kebetulan tetangganya Wanti). Waktu yg di tentuin Wanti berangkat jam sembilan ga bisa karna nyamper2an yg lama. Akhirnya gue, Wanti en si Erni ini berangkatnya jam 10-an. Kita akhirnya naik mikrolet 54, setelah itu mikrolet M 26 menuju Bekasi tempat dimana kita bertiga mo ngelamar itu. Sampelah kita di daerah yang namanya Galaxi. Dan ga taunya kata supir M26 itu kita harus naik lagi Koasi (angkot yang warnanya merah, yg kalo ga salah nomer 15A), menuju daerah Ir. Juanda, tempatnya itu.

Dan itu jauh bgt dari Galaxi. Mana sepatu gue bikin kaki gue perih lagi, gara2 kesempitan. Yah, namanya juga minjem. Gue mana punya sepatu kulit model orang kerja yg sering disebut pantopel itu! Yang gue punya mah sneaker2 aja, yang gue pernah ceritain dipostingan gue yang lalu kalo sepatu2 itu juga kini tinggal sejarah.

Udah sampe sana kita turun di pasar yg ada Ramayana-nya, en you know what, ternyata bukan itu tempatnya. So, kita terpaksa naik Koasi lagi utk nerusin perjalanan yg kalo jalan kaki lumayan bikin kaki lecet. Jadi judulnya, salah turun tapi masih kejauhan. Tau gitu ngapain kita turun ya? BT? Udah pasti!

Akhirnya sampe juga ke Ir. Juanda itu. Tapi kita kebingungan nyari dimana letak kantor yg kita tuju itu, karna ga taunya tuh disitu kantor2 yg ada cuma kantor petak2an. Atau bisa disebut ruko lah.

Akhirnya kantor yang alamatnya dipegang ama Wanti dalam bentuk sobekan dari iklan baris dikoran itu, ketemu juga. Dan itu kantor gembeeel banget! Gue rasa lebih layak dibilang kios deh, kios baso tepatnya. Abis mirip bgt sama warung2 or kantin2 yg biasa jualan baso. Ya udah deh, gue pikir ga usah nilai dari luarnya, yg penting kalo gue kerja kan dapet duit.

Akhirnya kita masuk, setelah ngomong ama orang yang bukain pintu. Abis itu kita disuruh nunggu dan CV serta surat lamaran kita diambil. Akhirnya gue dipanggil duluan utk diwawancara.

Gue disuruh naek kelantai 2. Dan disana ada beberapa orang yang duduk dengan meja masing2 layaknya kantor2 kelurahan gitu deh. Dan ada satu mbak2 yang bertugas mewawancarain kita. Mbak2 yg mewawancarain gue ngomongnya resmi bgt en berbelit2. Gue jadi ga ngedengerin banget dia ngomong apaan. En akhirnya dia bilang gue harus bayar 10ribu utk uang administrasi tes atau training.

Gue sempet mikir kalo tesnya/training-nya itu adalah tes yg make skill atau apalah yg ada hubungannya dgn kerjanya nanti. Karna dia bilang kerjanya atau jabatannya adalah sbg staff administrasi, resepsionis, sama apa gitu satu lagi pokoknya ga jelas deh gara2 si mbak2 yg ngomongnya so resmi itu. Sebenernya gue ga bawa duit selain buat ongkos, tapi karna udah terlanjur bilang bersedia akhirnya gue turun aja minjem duit sama Wanti (gilee, miskin banget yaa? Xixixi..). Si Wanti rada males minjemin karna dia bingung ko’ make bayar segala, walau akhirnya dikasih juga. Eh tau ga sih pas udah bayar, gue baru dikasih tau trainingnya itu ngapain. Dagang penggorengan. Ee???!!!

Jadi dia bilang, kalo gue berhasil ngejual itu penggorengan, gue akan diterima kerja disitu. Gue langsung bete. Ya Allah, bilang ke’ dari tadi trainingnya gituan!!! Gue nyesel banget. Kenapa gue ga nanya dulu! Maen bayar aja!!!! Udah gitu make minjem duit segala lagi. Maaaaaaakkkk… huhuhuhu…

Gue males banget ngejual penggorengan yg harganya tiga ratus ribuan gitu. Tau deh siapa yg mo beli! Dari tempatnya yg jauh dan jelek aja gue udah bete tapi sok2 berusaha ngebuang pikiran gitu jauh2 demi duit. Tapi tetep aja gue ga tertarik. Mana waktu wawancara ada lah mbak2 yg ngetawain gue padahal gue ga ngapa2in. Sangat merendahkan sekali. Ya, FYI gue paling BT diketawain orang kalo gue merasa ga ada yang lucu kaya gitu. Ga deh.

Tapi ya, akhirnya saat itu keputusan yang gue ambil adalah ga mau tau sedikitpun hal2 yang ada hubungannya dengan kantor dan penggorengannya itu. Eniwe, itu terjadi di bulan Juli (2002). Dan pada bulan September-nya, gue mulai jagain wartel-nya Ika, yang letaknya di rumah susun khusus guru di daerah Cipinang Muara II, Pondok Bambu. Hanya guru yang boleh tinggal disitu. Walaupun sebenernya udah punya rumah sekalipun. Dan kalo dari keluarganya Ika, nyokapnya itu yang guru.

Jadi dirusun itu di lantai dasarnya ada ruko2 yang disewain. Salah satunya ya dibikin usaha wartel ama keluarganya Ika, yang juga tinggal disitu. Walaupun keluarganya Ika itu sebenernya udah punya rumah juga. Dan seperti yg gue bilang diatas kalo bukan cuma temen2 SMP gue aja yg deket ama gue, tapi keluarganya juga, dan ya keluarganya Ika juga udah kenal gue dari SMP. Dari dulu. Makanya itu kali yang bikin mereka jadi nawarin, begitu tau gue ga ada kerjaan. Udah percaya soalnya.

Dan disana banyak hal2 baik yang gue temuin. Pastinya rasa kekeluargaan dari para penghuni rusun itu bikin nyaman. Kalo lo berpikir rumah susun itu jelek dan kumuh dan orang2nya banyak orang yang ga jelas, disini beda. Mereka orang2 yang baik2. Bangunannya aja bersih banget. Dan disana gue dapet banyak temen2 baru. Terima kasih yaa semuanyaa, kalo diantara temen2 yang tinggal di rusun baca ini. Thank u soooooo muuuuuccchhh!!

Februari 2004 gue berhenti jaga wartel karena dapet kerjaan di perusahaan kontraktor pameran yang kantornya di Kedoya. well, kerjaan ini nyambung ama bidang gue, design grafis. Trus perusahaan itu gulung tikar dan gue kerja lagi di perusahaan yg bidangnya sama pada Juli 2004, di daerah Rawamangun. Keluar dari situ Maret 2005. Lalu di ‘singa bersayap’ ini dari Februari 2006 sampe sekarang. Tapi disini ga nyambung bidangnya sebenernya. Atau mungkin ceritanya yang gue pernah tulis di sini. Fiuuh.. kaya sejarah bangsa aja ya, mendetil begitu.

So, now, here I am. Dengan begitu banyak hal yang sebenernya jauh lebih baik dari hari ke hari. Walau kadang gue masih aja suka ngeluh. Ah, ga beres tuh ngeluh2! Hidup ini banyak seru2nya, kalo kita pikirin. Makanya itu yg akhirnya bikin gue jadi mau bikin blog yang isinya cerita2 sehari2 kaya gini. Setelah gue bikin blog gue yang satunya lagi itu.

Semua temen2 yang bikin blog entah ttg apapun tema blog-nya, atau yang temanya cerita2 sehari2 merasa kan, bahwa hidup itu selalu nyenengin? Kalo ada hal aneh2, yang bikin bete, toh bisa kita tulis disini. Apalagi yang bikin hepi. Jadi punya bahan buat nulis paling engga. Dan kelak, lo pasti akan ketawa, terharu, terkenang, saat ngabaca tulisan ttg apapun yang lo rasain saat lo sedang nuangin itu semua ke blog lo. Keep writing, guys! Tapi tentunya jangan sampe bikin kerjaan sampe terbengkalai (eih, bahasa gue keren banget kan?).

Desember 1995

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Lah.. kamu naik mmikrolet 54 bo? emang dimana rumahmu? itu kendaraan shari2ku lho..

TJ mengatakan...

waahh.., lu tinggalnya deket2 gw?? gilee, jgn2 kita pernah ketemu ya, Tiw!

Armstrong da Jimmy mengatakan...

PANCI PANCI PANCI... sayang anak anak... beli panci brarti sayang anak... yah kira kira gitu tips buat jualan panci bung... *pengalaman pribadi pernah jualan panci... tapi dalam mimpi*

Iya betul amat lu bung TJ... kalo gw malahan ngeblog neh sebagai tempat MELACUR gw... melakukan curhat... mo sebel ato senang semuanya ditulis tanpa ampun...

Hmmm gw rencana neh mau reunian jg nanti ama teman teman SD gw yg sampe skarang masih sering sms-an... mau reunian ntar kalo udah pada punya anak semua kata gw... *sebagai pencetus reunian*... trakhir gw ama teman2 gw reuni tuh sesudah lulusan SMA 2 stengah tahun lalu...*

dan apa yg terjadi gw ama teman2 gw waktu reunian, kita ceritaan dari siang jam12-an sampe shubuh jam 5-an... trus pagi jam 9-an lanjut lagi jalan jalan... huh itupun masih terasa kurang loh?...

jadi ingat neh ama teman teman gw?

dhiiiiian mengatakan...

Bernostalgila nih yee hehehehe
inget jaman2 dlu, jaman dimana kita blum jadi seperti sekarang...trus teman2 yang sejati...belum lagi kerjaan yang silih berganti sampai saat ini...

Semuanya menyenangkan bgt dah....
Titiw....Tije...Dian...sama2 satu angkot yah tenyata...
54 Foreva''' lah hehehe